Berapa Harga Tiket LRT Cibubur-Dukuh Atas?

LRT akan melewati rute Cibubur-Kuningan-Dukuh Atas.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 23 Apr 2015, 15:23 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2015, 15:23 WIB
7 Rute Kereta LRT yang Bakal Dibangun di Jakarta
LRT tersebut rencananya juga akan dibangun dari Jakarta hingga Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk PT Adhi Karya (ADHI) untuk menggarap Light Rail Transit (LRT) sebagai alat transportasi alternatif di Jakarta.

Direktur ADHI Supardi mengatakan, LRT akan melewati rute Cibubur-Kuningan-Dukuh Atas dengan tarif yang diperkirakan sebesar Rp 30 ribu.

"Kalau naik dengan LRT  sekitar direncanakan Rp 30 ribu," kata dia di Jakarta, Rabu (23/4/2015).

Dia menjelaskan, total panjang rute yang akan dilewati tersebut mencapai 30 km. Dengan LRT, perjalanan masyarakat dari Cibubur akan semakin singkat.

"Dia lebih nyaman 7.30 WIB sampai di Kuningan jam 8 kurang. Paling nggak berangkat mengantar anak sekolah, bisa sarapan," ujarnya.

Nantinya, dana pembangunan LRT ini akan mengandalkan pelaksanaan rights issue Adhi Karya yang digelar pada Juni 2015. Dari aksi korporasi ini perseroan mengharapkan dana segar sebesar Rp 2,7 triliun.

Dari rights issue pemerintah akan menyertakan dana Rp 1,4 triliun dari Penyertaan Modal Negara (PMN). "Rp 1,4 triliun  adalah saham pemerintah 51 persen. Publik Rp 1,34 triliun akan tambahan pendanaan Rp  2,7 triliun," kata dia.

Adapun rights issue tersebut memang dikhususkan untuk pembangunan moda transportasi dan infrastuktur stasiun.

"Penggunaan PMN  didedikasikan projek tranportasi dan stasiun masal LRT Cawang-Kuningan-Dukuh Atas dan properti transportation oriented development di stasiun," tandas dia.(Amd/Nrm)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya