Harga Bawang Merah Bervariasi Jelang Musim Hujan

Minggu terakhir Oktober, harga beberapa komoditas pangan terpantau tidak stabil menjelang masuknya musim hujan.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Okt 2018, 13:57 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2018, 13:57 WIB
Harga Bawang dan Cabai Stabil Jelang Ramadan
Pedagang tengah menata bawang di pasar di Jakarta, Jumat (20/4). Harga cabai dan bawang memasuki akhir pekan ini terpantau belum banyak berubah, cenderung mengalami penurunan. Pasokan yang cukup mendorong harga masih stabil. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Harga komoditas bawang pada minggu terakhir Oktober terpantau tidak stabil. Hal ini diakui oleh beberapa pedagang di Pasar Citra 5, Senin (29/10/2018).

Salah satu pedagang Ari (31) misalnya, bawang merah dibanderol seharga Rp 28 ribu per kg, bawang putih Rp 28 ribu per kg, dan bawang putih kating Rp 30 ribu per kg. 

“Iya, turun naik karena lagi musim hujan,” ujar Ari saat berbincang dengan Liputan6.com.

Selain bawang, Ari juga mengakui harga cabai ikut mengalami naik turun. Ari menjual, cabai merah besar seharga Rp 40 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg, merah keriting Rp 40 ribu per kg, dan rawit hijau Rp 35 ribu per kg.

Hal ini juga diakui oleh Murni (35). Murni menjual, bawang putih dipatok seharga Rp 32 ribu per kg, bawang putih kating Rp 36 ribu per kg, dan bawang merah Rp 32 ribu per kg. 

Ia mengaku, harga bawang putih sudah naik sejak 3 hari yang lalu. Sedangkan bawang merah dibanderol seharga Rp 32 ribu per kg.

“Kalau bawang merah baru naik hari ini, naik Rp 3.000. Soalnya kemarin sempat macet pasokannya dari pasar induk,” paparnya.

Sementara cabai keriting di tempat Murn, harganyai sudah naik sejak 4 hari lalu dari Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu per kg.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komoditas Lain Stabil

Harga bawang merah di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, naik dari Rp 30 ribu per kg jadi Rp 35 ribu per kg.
Harga bawang merah di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, naik dari Rp 30 ribu per kg jadi Rp 35 ribu per kg.

Harga komoditas daging di pasar tradisional terpantau normal minggu ini. Harga daging sapi masih standar di harga Rp 130 ribu per kg.

Begitu pula dengan harga ayam kampung yang dibanderol Rp 40 ribu per kg untuk ukuran kecil, Rp 65 ribu per kg untuk ukuran sedang, dan Rp 75 ribu per kg untuk ukuran besar.

Sementara itu, harga telur ayam stabil di Rp 22 ribu per kg, telur puyuh naik menjadi rp 32 ribu per kg, dan telur bebek turun menjadi Rp 2.500 per butir.

Beralih ke komoditas sayuran, harga-harga cenderung stabil. Wortel dijual seharga Rp 14 ribu per kg, kentang Rp 14 ribu per kg, dan tomat Rp 10 ribu per kg. Adapun harga timun turun Rp 2 ribu menjadi Rp 12 ribu per kg. (Felicia Margaretha)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya