Kisah Miliarder Jim Walton Pewaris Ritel Raksasa, Anak Bungsu Berharta Rp 939 Triliun

Di Arkansas Jim membangun kekayaannya hingga mampu mengisi posisi ke-17 dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 19 Jan 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 21:00 WIB
Jim walton (Sumber foto: NY Daily News)
Jim walton (Sumber foto: NY Daily News)

Liputan6.com, Jakarta Ketika miliarder banyak ditemukan dari kota-kota besar dengan gaya hidup yang mencolok, lain halnya dengan Jim Walton yang lahir di salah satu negara bagian di Amerika Serikat yaitu Arkansas.

Dia menjadi salah satu putra bungsu pendiri Walmart yang masuk dalam daftar orang tekaya di dunia menurut Forbes.

Di Arkansas Jim membangun kekayaannya hingga mampu mengisi posisi ke-17 dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Diperkirakan hartanya saat ini mencapai USD 62 miliar atau sekitar Rp 939 triliun.

Lantas, siapakah Jim Walton sebenarnya?

Melansir original.newsbreak.com, Kamis (19/1/2023), Jim Walton adalah seorang pengusaha sekaligus miliarder Amerika dari Arkansas. Dia merupakan putra bungsu dari pendiri Walmart Sam Walton.

Jim menjadi CEO Arvest Bank, salah satu bank terbesar di Amerika Serikat bagian selatan. Tidak hanya itu, dia juga punya jabatan sebagai dewan direksi Walmart, peritel terbesar di dunia.

Jim dibesarkan di Bentonville, Arkansas, dan kuliah di Universitas Arkansas, tempat dia belajar teknik. Dia kemudian bergabung dengan perusahaan ayahnya di Walmart dan bekerja di berbagai posisi, termasuk di pusat distribusi perusahaan.

Pada tahun 2005, Jim lalu diangkat menjadi CEO Arvest Bank yang didirikan oleh keluarganya pada tahun 1961. Di bawah kepemimpinannya, Arvest Bank telah berkembang menjadi salah satu bank terbesar di Amerika Serikat bagian selatan dengan aset lebih dari USD 20 miliar dengan lebih dari 300 cabang.

Selain perannya di Arvest Bank, Jim juga menjadi seorang dewan di Walmart, peritel terbesar di dunia. Walmart didirikan oleh ayahnya Sam Walton yang saat ini dijalankan oleh saudaranya Rob Walton.

 

 

 


Keluarga Terkaya Dunia

Walmart
Walmart, AS

Walmart menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia. Karena keberhasilannya, perusahaan tersebut menjadikan keluarga Walton salah satu keluarga terkaya di dunia.

Selain menjadi miliarder, Jim juga termasuk orang yang dermawan. Dia telah menyumbangkan jutaan dolar untuk organisasi amal dan lembaga pendidikan di Arkansas. Dia juga menjabat sebagai ketua Community Publishers.

Pada tahun 2021, kekayaan bersih Jim Walton diperkirakan sekitar USD 66 miliar, yang menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia dan orang terkaya di Arkansas.

Terlepas dari kekayaan dan ketajaman bisnisnya yang luar biasa, Jim dikenal karena kerendahan hati dan kepribadiannya yang rendah hati. Dia sangat dihormati di negara bagian asalnya Arkansas dan dikenal karena kedermawanannya.

Jim Walton menjadi seorang pengusaha ulung yang kisahnya menjadi bukti warisan ayahnya. Dia terus berperan aktif dalam pengelolaan dan pertumbuhan bisnis keluarga dan memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan filantropinya.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya