Askrindo-Bank BJB Sepakati Perjanjian Penagihan Subrogasi Debitur Macet

Askrindo dan Bank BJB berkomitmen bersama mempercepat penagihan subrogasi terhadap para debitur macet yang klaimnya telah dibayarkan oleh Askrindo.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 17 Mar 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023, 20:30 WIB
PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan penandatanganan kerjasama Penagihan Subrogasi Asuransi Kredit dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk pada Jumat (17/3/2023). (Foto dok. PT Asuransi Kredit Indonesia)
PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan penandatanganan kerjasama Penagihan Subrogasi Asuransi Kredit dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk pada Jumat (17/3/2023). (Foto dok. PT Asuransi Kredit Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan penandatanganan kerjasama Penagihan Subrogasi Asuransi Kredit dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Keuangan Askrindo, Liston Simanjuntak dan Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB, Nancy Adistyasari di Bandung, Jumat (17/3).

Melalui perjanjian ini, Askrindo menyampaikan bahwa pihaknya dan Bank BJB berkomitmen bersama untuk mempercepat penagihan subrogasi terhadap para debitur macet yang klaimnya telah dibayarkan oleh Askrindo.

Direktur Keuangan Askrindo, Liston Simanjuntak, mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Askrindo dengan Bank BJB.

"Ini menjadi komitmen bersama untuk mengoptimalkan kerjasama ini sehingga menguntungkan kedua belah pihak, ucap Liston, dikutip dari keterangan tertulis pada Jumat (17/3/2023).

Adapun jangka waktu perjanjian kerjasama ini selama 36 bulan atau 3 tahun.

Liston mengungkapkan, dia berharap peningkatan pengembalian subrogasi kepada Askrindo dengan persentase pengembalian subrogasi lebih dari 50 persen.

"Askrindo dan Bank BJB telah menjadi mitra yang baik dengan beberapa kerjasama yang telh kita jalin sebelumnya antara lain untuk program penjaminan KUR, penjaminan kredit dan lainnya, kami berharap kerjasama yang telah dibangun ini terus berjalan dan menguntungkan untuk kedua belah pihak," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Askrindo Sabet Dua Penghargaan pada Anugerah BUMN 2023

Askrindo Sabet Dua Penghargaan pada Anugerah BUMN 2023
Direktur Utama Askrindo, Priyastomo (kedua kanan) meraih penghargaan CEO Risk Underwriters Excellent dan juga penghargaan Terbaik II untuk Kategori Transformasi Digital pada ajang Anugerah BUMN 2023 di Jakarta (15/03/2023). (Liputan6.com/HO)

BUMN Track didukung PPM Manajemen kembali menggelar Anugerah BUMN 2023 sebagai bentuk apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan kinerja perusahaan. Anugerah BUMN 2023 yang memasuki tahun ke-12 mengusung tema “Akselerasi Transformasi Digital, Inovasi dan Recovery Bisnis BUMN”. 

Kegiatan ini menjadi salah satu indikator kemampuan BUMN dalam membangun tata kelola perusahaan untuk meraih keseimbangan bisnis, dengan tetap mengedepankan tanggung jawab sosial perusahaan.

 Anugerah BUMN 2023 turut mendorong kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing. 

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 sekaligus Menteri BUMN pertama Dr Tanri Abeng, MBA mengatakan, pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaan namun juga dikaitkan dengan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengelola strategi bisnis di era transisi endemi.

Kategori yang ditetapkan adalah CEO Visioner, Strategic Orientation, Driving Excecution dan Talent Development.

Pada Anugerah BUMN 2023, PT Askrindo meraih penghargaan CEO Risk Underwriters Excellent dan juga penghargaan Terbaik II untuk Kategori Transformasi Digital. Askrindo menyabet dua penghargaan atas beberapa kinerja transformasi yang telah dilakukan seperti Askrindo Core System (ACS), DigiAsk (Aplikasi Penjualan Produk Askrindo), Portal Surety Bond Online dan lainnya.


Sederet Program Askrindo Bantu Kelestarian Lingkungan

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo
PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo (dok: Askrindo)

Permasalahan lingkungan akibat abrasi dan rendahnya edukasi pengelolaan sampah plastik menjadi bagian dari pengembangan bidang Lingkungan pada program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

Berkat kepeduliannya, Askrindo kembali meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2023 sebanyak 4 (empat) penghargaan dari The La Tofi School of CSR pada kategori Pengembangan Wisata Konservasi Alam dan Kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, pada program Konservasi Askrindo Mangrove Park di Sekubang, Kalimantan Barat, dan Kategori Mengembangkan Pengelolaan Sampah Plastik, dan Kategori Penanganan Sampah Plastik pada program Literasi Askrindo.

Kepala Bagian TJSL Askrindo Nur Aini, menyampaikan bahwa 4 penghargaan ini melengkapi pencapaian Askrindo pada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang Lingkungan.

"Kami berterima kasih kepada The La Tofi School of CSR atas awards yang diberikan. Awards tersebut menjadi motivasi perusahaan untuk merampungkan Fase Penguatan Askrindo Mangrove Park di tahun 2023. Disisi lain Askrindo akan terus konsisten melaksanakan Edukasi serta program-program lingkungan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang ditetapkan pemerintah,” ujar Aini, Selasa (28/2/2023).

Priyastomo, Direktur Utama Askrindo, menambahkan program Mangrove Park dan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) dirancang Perusahaan guna meningkatkan kelestarian lingkungan serta kepedulian masyarakat.

"Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN, program TJSL dirancang sesuai dengan salah satu pilar pembangunan yakni lingkungan. Di samping itu, kami juga memperhatikan isu-isu lingkungan terkini agar program TJSL yang dikembangkan dapat mengatasi permasalahan tersebut bersama dengan masyarakat sekitar,” tambah Priyastomo.


Lokasi Pengembangan

Fimela Event
Keindahan Hutan Mangrove untuk inspirasi foto preweddingmu/copyright shutterstock

Askrindo Mangrove Park dikembangkan Askrindo di Desa Sengkubang, Mempawah, Kalimantan Barat. Pembibitan dan penanaman mangrove (Rhizopora Sp) dilakukan sejak tahun 2017 guna menangani keganasan abrasi yang terjadi di sana.

Di tahun 2023 ini, Askrindo juga telah merampungkan sarana dan prasarana pendukung seperti akses jalan menuju ekowisata, jembatan kayu, sampai fasilitasi toilet umum.

Selain mengembangkan penanaman mangrove, Askrindo juga melakukan OBSC di bantaran Ciliwung untuk membantu melaksanakan pembersihan sampah. Tidak hanya itu, kegiatan ini berfokus pada penanganan serta pengelolaan sampah plastik yang mengotori sungai.

"Bergerak bersama masyarakat serta siswa siswi sekolah mulai dari Tingkat jenjang Paud dan SD, hal ini merupakan kesempatan bagi Askrindo untuk terjun langsung memberikan edukasi dan literasi mengenai pengelolaan sampah yang efektif dan memiliki nilai ekonomis,” tutup Priyastomo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya