Tunggakan Iuran Tembus Rp 3,61 Triliun, 12 Dapen Masuk Pengawasan Khusus OJK

Ada berbagai permasalahan yang menggelayuti dapen di Indonesia. Ini yang mendasari dapen masuk dalam pengawasan khusus OJK.

oleh Nurmayanti diperbarui 12 Okt 2023, 05:02 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2023, 20:23 WIB
Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono  dan jajarannya saat FGD bersama media membahas dana pensiun di Indonesia. Foto: Liputan6.com
Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono dan jajarannya saat FGD bersama media membahas dana pensiun di Indonesia. Foto: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) buka-bukaan perihal kondisi dana pensiun (dapen) di Indonesia. Saat ini, terdapat 12 dapen yang masuk pengawasan khusus lembaga ini. Adapun dapen dalam pengawasan tersebut berasal dari non BUMN dan BUMN.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono membeberkan ada berbagai permasalahan yang menggelayuti dapen di Indonesia. Ini yang mendasari dapen masuk dalam pengawasan khusus OJK.

"Dari 12 dapen dalam pengawasan khusus itu kita minta kepada pihak terkait terutama pendiri itu memenuhi kewajibannya. Jadi beberapa penyebab bagaimana dapen itu mempunyai tingkat pendanaan 3 bisa dijelaskan beberapa poin penting," jelas dia kepada media di Jakarta, Selasa (10/11/2023).

Dia menyebutkan jika salah satu permasalahan dana pensiun (dapen) diakibatkan pendiri atau pemberi kerja tidak menyetorkan porsi iuran yang menjadi kewajibannya. Tak tanggung-tanggung tunggakan iuran pendiri dapen mencapai Rp 3,61 triliun secara akumulasi.

Penyebab setoran mandek seperti perusahaan bangkrut atau kondisi dapen yang merugi.  "Itu penyebab utama sehingga tidak imbang antara kewajiban dengan dana tidak imbang," ungkap dia.

Permasalahan kedua berkaitan dengan penetapan bunga aktuaria. Tingkat bunga aktuaria digunakan untuk menghitung berapa kewajiban. Manajemen perusahaan dituntut bisa memenuhi kewajiban berdasarkan tingkat bunga tersebut.

Akibatnya, mereka mencari investasi yang bisa memberikan imbal hasil setingkat bunga aktuaria. "Jadi high return high risk artinya beli produk beresiko tinggi untuk tutup gap," tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Permasalahan Lain

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono
Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono

Permasalahan ketiga disebutkan ditemukan jika ternyata imbal hasil rata-rata Dapen itu rendah alias di bawah pasar. Permasalahan jadi lebih kompleks di mana usai tingkat aktuaria sudah di atas pasar dan imbas hasil investasi dapen justru di bawah pasar.

Ini dikatakan menandakan ada gap dari imbal hasil rendah karena dilakukan investasi yang tidak tepat yang disinyalir sebagai fraud.

Tapi secara umum permasalahan berkaitan dengan dana iuran peserta dan pendiri tidak cukup untuk memenuhi kewajiban manfaat peserta pensunan tersebut.

"Ini kombinasi menyebabkan terjadi masalah karena pengurus dituntut mencari investasi dengan return tinggi sesuai dengan bunga aktuaria. Itu isu utama di situ," tegas Ogi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya