Said Aqil Siradj Komisaris KAI Dukung Anies-Cak Imin, Kementerian BUMN Tak Bakal Sanksi

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj terang-terangan mendukung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 15 Jan 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2024, 21:00 WIB
Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga
Anggota Komite Eksekutif Arya Sinulingga saat menghadiri acara diskusi PSSI Pers seputar pemain naturalisasi di Media Center Kemenpora RI, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023). Arya membeberkan alasan proyek naturalisasi Timnas Indonesia berfokus pada pemain belakang. Menurutnya, faktor penting yang menjadi bahan pertimbangan ialah kebutuhan pelatih dan ketersediaan pemain. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj terang-terangan mendukung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Namun, Kementerian BUMN disebut tak akan menjatuhkan sanksi.

Padahal, Said Aqil Siradj saat ini masih aktif sebagai Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan alasannya.

Arya bilang, pernyataan dukungan itu merupakan aspirasi pribadi. Kemudian, tidak terlibat dalam kegiatan kampanye sebagaimana dilarang dalam aturan terkait pejabat BUMN.

"Ya kalau dia nggak kampanye sih ngga sanksi lah. Kan jelas jelas ketentuannya. Gini loh, kampanye kan itu apa, ada aturan mainnya, definisinya ada juga," kata Arya saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Senin (15/1/2024).

"Mendukung tanpa ada kampanye ya silakan aja lah, dia kan ngga kampanye. Kalau dia dukung kan dukung pribadi, dia juga ngomong kan, 'saya ini siapa sih ketua PBNU juga bukan, apa bukan'," sambungnya.

Mewakili Pribadi

Arya mengatakan, dukungan yang disebut Said Aqil sebagai hak pilih pribadi seseorang. Meski dia menjabat di BUMN, Arya menilai konteks dukungannya itu tidak dihitung sebagai kampanye.

"Semua orang kan punya pilihan masing-masing, yang penting yang namanya orang kan punya hak untuk memilih ya, berhak untuk memilih, tapi kan bukan dalam melakukan kampanye," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernyataan Said Aqil

Hari ini, 23.600 Pemudik Bertolak ke Kampung Halaman dari Stasiun Pasar Senen
Komisaris Utama PT KAI Said Aqil Siraj (tengah) bersama Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama jajaran melakukan pengecekan di Stasiun Pasar Senen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kiai Kondang Said Aqil Siradj menegaskan dukungannya terhadap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Hal tersebut disampaikan Said Aqil Siradj saat memberikan sambutan dalam acara Haul ke-45 KH M Bisri Syansuri di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar di Jombang, Jawa Timur (Jatim), Jumat 12 Januari 2024.

"Dr Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Insya Allah akan berhasil dengan mudah menjadi Wakil Presiden RI," ujar Said Aqil dengan sambutan teriakan Amin para peserta haul seperti dikutip, Sabtu (13/1/2024).

Dekat Sejak Lama

Said Aqil mengaku, dirinya dan Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar mempunyai kedekatan sejak lama. Dia ingat, Cak Imin adalah tetangga di tempat tinggalnya pada tahun 1966.

"Ini (Cak Imin) mantan tetangga saya, dulunya mobilnya saya sudah kijang bagus, beliau masih bodolan mobilnya itu tahun 1996," kenang mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) ini.

 


Dukung Anies-Cak Imin

Hari ini, 23.600 Pemudik Bertolak ke Kampung Halaman dari Stasiun Pasar Senen
Komisaris Utama PT KAI Said Aqil Siraj (tengah) membagikan bingkisan kepada penumpang saat melakukan pengecekan di Stasiun Pasar Senen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Said Aqil mengakui saat sudah tidak tinggal dekat dengan Cak Imin, namun dia menegaskan akan tetap mendukung penuh walau sudah tidak memiliki jabatan apa pun.

"Saya dukung 100 persen. Tapi saya ini apa? wong Ketua NU bukan, Ketua partai ya bukan," canda dia.

"Walaupun (posisi saya) nggak ono gunane wes, seperti semut, hanya ketahuilah bahwa saya ada di pihak 1," tandas Said Aqil.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri Haul ke-45 KH. M. Bisri Syansuri, Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah ke-71, Masyayikh dan Dzuriyat serta peringatan Harlah ke-109 Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar di Jombang, Jumat 12 Januari 2024

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya