Lebih dari Sekadar Rumah! Intip Inspirasi Desain Rumah Ramah Lingkungan dan Pembiayaan KPR Hijau yang Menguntungkan

Inspirasi desain rumah ramah lingkungan tidak sulit ditemukan, terutama dengan adanya dukungan dari institusi keuangan yang menawarkan program khusus. Salah satunya BRI yang kali ini menawarkan program KPR Green Financing.

oleh Fachri diperbarui 05 Sep 2024, 19:21 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 18:50 WIB
Ilustrasi rumah
Ilustrasi rumah/Syda_Productions-Depositophotos.com.

Liputan6.com, Jakarta Di era modern ini, kesadaran akan pentingnya keberlanjutan lingkungan semakin meningkat dan banyak orang mulai beralih ke gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Salah satu cara untuk mewujudkan komitmen ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mendesain rumah yang ramah lingkungan. 

Rumah yang dirancang dengan mempertimbangkan efisiensi energi, penggunaan bahan-bahan daur ulang, dan pengelolaan sumber daya yang bijak tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penghuninya. 

Inspirasi desain rumah ramah lingkungan tidak sulit ditemukan, terutama dengan adanya dukungan dari institusi keuangan yang menawarkan program khusus. Salah satunya BRI yang kali ini menawarkan program KPR Green Financing.

Lantas, apa saja desain rumah ramah lingkungan yang bisa kamu pilih? Berikut ini inspirasinya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desain Pakai Material Alami

Ilustrasi rumah yang menggunakan material ramah lingkungan
Ilustrasi rumah yang menggunakan material ramah lingkungan/fokkebok-Depositophotos.com.

Desain rumah ramah lingkungan adalah tentang menggabungkan estetika, fungsionalitas, dan keberlanjutan. Salah satunya terlihat dari desain rumah ramah lingkungan yang menggunakan material konstruksi modular dan prefabrikasi.

Selain itu, desain rumah ramah lingkungan juga menggunakan elemen alami seperti bebatuan alami. Dengan menggabungkan material serta bebatuan, rumah ramah lingkungan pun bisa dimiliki oleh setiap orang.


Desain dengan Jendela Lebar

Ilustrasi rumah dengan jendela besar
Ilustrasi rumah dengan jendela besar/ArchiVIz-Depositophotos.com.

Desain rumah ramah lingkungan yang lainnya adalah menerapkan jendela yang berukuran cukup besar. Dengan menerapkan jendela yang lebar, cahaya matahari pun bisa leluasa masuk ke area yang ada di rumah.

Tak hanya itu, jendela yang lebar pun memungkinkan rumah mendapatkan pencahayaan yang baik dan membuat ruangan tidak menjadi lembap.


Desain dengan Atap Jerami

Ilustrasi rumah dengan atap jerami
Ilustrasi rumah dengan atap jerami/pljvv1-Depositophotos.com.

Rumah ramah lingkungan yang menggunakan atap bermaterial jerami mampu memberikan kesan yang natural. Selain natural, penggunaan atap seperti itu memiliki sifat isolasi termal yang sangat baik dan membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap stabil.

Dengan kemampuannya untuk menahan suhu, atap jerami dapat mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan, membantu mengurangi jejak karbon rumah.


Desain dengan Taman yang Luas

Ilustrasi rumah dengan taman yang luas
Ilustrasi rumah dengan taman yang luas/Imagenet-Depositophotos.com.

Memiliki taman yang luas dapat menjadi komponen penting dalam desain rumah ramah lingkungan. Taman yang dirancang dan dikelola dengan baik tidak hanya meningkatkan estetika dan kenyamanan rumah tetapi juga berkontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan. 

Taman yang luas juga dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, membantu mengurangi polusi udara, serta meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah. Selain itu, vegetasi yang ada dapat menyaring polutan udara dan debu, serta mengurangi dampak polusi dari lalu lintas dan aktivitas industri di sekitar.

Buat kamu yang sedang mencari rumah ramah lingkungan, ada solusi terbaik melalui program KPR kerjasama antara BRI dan developer yang telah memiliki sertifikat Green Developer seperti : Agung Podomoro Land, Agung Sedayu Group, Metland, Ciputra, Jaya Property, Summarecon, Perumnas, Adhi realty, Alam Sutera, dan Sinarmas Land. Developer bersertifikat ini memastikan setiap hunian yang dibangun memenuhi standar untuk keberlanjutan, yang mencakup pengelolaan sumber daya alam, efisiensi energi, dan penggunaan material ramah lingkungan

Dengan KPR BRI memiliki rumah ramah lingkungan kini lebih mudah dengan KPR Green Financing yang dirancang khusus untuk pembiayaan pembelian rumah baru ramah lingkungan, dengan Suku Bunga;

- 2,65% fixed 1 tahun lalu counter rate, minimum tenor 3 tahun.

- 2,65% fixed 3 tahun lalu counter rate, minimum tenor 15 tahun.

- 3,65% fixed 3 tahun lalu counter rate, minimum tenor 10 tahun.

- 6,65% fixed 3 tahun lalu counter rate, minimum tenor 5 tahun.

- 3,65% fixed 5 tahun lalu counter rate, minimum tenor 15 tahun.

- 4,65% fixed 5 tahun lalu counter rate, minimum tenor 12 tahun.

- 5,65% fixed 5 tahun lalu counter rate, minimum tenor 10 tahun.

Sedangkan jangka waktu kreditnya maksimum 25 tahun untuk Fix Income dan 20 tahun untuk Non Fix Income. Menariknya lagi, DP mulai dari 0% atau sesuai ketentuan LTV BI dan BRI.

So, jangan sampai terlewat menggunakan KPR Green Financing BRI ya, karena periode program tersebut berlaku hingga 30 September 2024 saja. Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut? Kunjungi KPR Green Financing dan ajukan KPR BRI Green Financing di Homespot.id sekarang!

 

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya