PU Rogoh Rp 1 Triliun Bangun Jalan Pangandaran-Sukabumi

Kementerian PU engaku tengah berkonsentrasi mempersiapkan pembangunan jalan dari Pangandaran hingga Sukabumi di Jawa Barat.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 15 Agu 2013, 16:30 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2013, 16:30 WIB
bangun-jalan-130815b.jpg
Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengaku tengah berkonsentrasi mempersiapkan pembangunan jalan dari Pangandaran hingga Sukabumi di Jawa Barat.

Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak mengungkapkan anggaran untuk pembangunan jalur transportasi tersebut mencapai Rp 1 triliun.

"Sekarang konsentrasi Pangandaran-Sukabumi lewat Pantai Selatan Jawa Barat, kita siapkan Rp 1 triliun," ujar di Gedung Kementrian PU, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Hermanto menambahkan pembangunan ini akan mulai dikerjakan pada tahun ini. Pembangunan jalan lintas selatan ini bagian dari program pemerintah untuk memeratakan ekonomi di wilayah selatan Jawa Barat.

"Jadi selain Pantura, ada yang lewat tengah, ada juga yang di Pantai Selatan. Jadi kita bisa menghubungkan tiga lintas dari Cikampek ke Bandung, Bandung ke Cidaun, nanti Cidaun bagian dari titik tengah Pantai Selatan Jawa Barat," tutur dia.

Proyek ini ditargetkan selesai sebelum Jembatan Selat Sunda rampung dikonstruksi. Hermanto menuturkan selama ini jalur logistik selalu melalui lintas utara Pulau Jawa.  Hal ini membuat hanya di sekitar jalur itu ekonomi Pulau Jawa paling cepat berkembang.

Harapannya, dengan keberadaan jalan jalur Pangandaran-Sukabumi mampu mengalihkan beberapa kendaraan logistik untuk melintasi jalur selatan Jawa Barat yang nantinya akan didukung dengan adanya Jembatan Selat Sunda. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya