3 Skenario Rossi Juara Dunia MotoGP di Malaysia

Saat ini, Rossi memuncaki klasemen pembalap dengan mengemas 296 poin.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 22 Okt 2015, 20:48 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2015, 20:48 WIB
Valentino Rossi (EPA/Kimimasa Mayama)
Valentino Rossi (EPA/Kimimasa Mayama)

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi punya kesempatan besar untuk meraih gelar juara dunia MotoGP untuk kali ketujuh. Bahkan, pria asal Italia itu punya kesempatan menjadi juara dunia, akhir pekan ini.

Minggu (25/10/2015), balap motor paling bergengsi di dunia ini akan menjalani seri ke-17. Sirkuit Sepang, Malaysia akan menjadi saksi bisu persaingan para penunggang si kuda besi.

Saat ini, Rossi memuncaki klasemen pembalap dengan mengemas 296 poin. Pria berusia 36 tahun tersebut unggul 11 poin dari rekan sekaligus rivalnya dalam perburuan gelar juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo yang berada di posisi kedua.

Memang masih ada dua seri tersisa yang bakal menentukan pemenang MotoGP tahun ini. Namun, mantan rider Ducati itu punya kesempatan emas menjadi juara dunia di Sepang. Setidaknya ada 3 skenario yang bakal membuat Rossi juara dunia.

Berikut 3 skenario Rossi jadi juara dunia MotoGP di Sepang:

1. Jika Rossi memenangkan perlombaan dan Lorenzo tidak finis di posisi lima besar. Jika seperti itu, maka poin Rossi akan menjadi 321, dan Lorenzo finis di posisi keenam, maka poinnya menjadi 305.

Bila skenario pertama berjalan seperti itu, Rossi tidak memerlukan tambahan poin di Valencia. Bahkan jika Lorenzo memenangkan GP Valencia, jumlah poinnya akan menjadi 320.

2. Skenario kedua, Rossi harus finis di posisi kedua dan berharap Lorenzo finis di posisi ke-11. Bila seperti itu, maka poin Rossi akan menjadi 316. Sedangkan Lorenzo yang finis di posisi ke-11 mengumpulkan 290 poin. Dengan hitung-hitungan seperti itu, maka apapun hasil di seri terakhir tidak akan berpengaruh.

3. Yang terakhir, jika Rossi finis di posisi ketiga dan Lorenzo finis di posisi ke-15. Bila hal ini terjadi, poin Rossi akan menjadi 312 setelah mendapatkan 16 poin dari hasil finis di posisi ketiga. Sedangkan Lorenzo yang finis di posisi ke-15 hanya meraup 1 poin tambahan. (Def/Rco)

Baca juga:

Intip 22 Sabuk Juara Koleksi Floyd Mayweather Jr

Gelandang MU Bersyukur Lolos dari Kekalahan

Mengenal Sirkuit Saingan Sentul Gelar Moto GP 2017

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya