Mengenal Sirkuit Saingan Sentul Gelar Moto GP 2017

Jika Indonesia menggantungkan nasib pada renovasi sirkuit Sentul, maka Thailand menjagokan Chang International Circuit

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 22 Okt 2015, 14:45 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2015, 14:45 WIB
Chang International Circuit
Chang International Circuit (buriramtimes)

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia memang menjadi prioritas Dorna untuk masuk ke dalam kalender Moto GP 2017. Namun, itu bukan berarti Indonesia bisa santai untuk mempersiapkan diri menggelar hajatan kebut motor terbesar di dunia tersebut.

Pasalnya, ada Thailand yang juga memiliki minat serius untuk menggelar Moto GP 2017. Bahkan, Negeri Gajah Putih itu terbilang selangkah lebih maju ketimbang Indonesia dalam hal sirkuit.

Jika Indonesia menggantungkan nasib pada renovasi sirkuit Sentul, maka Thailand menjagokan Chang International Circuit sebagai kandidat arena Moto GP 2017.

Seperti apa wujud sikruit yang bisa menjegal sirkuit Sentul itu? Chang International Sirkuit terhitung sirkuit baru. Terletak di wilayah Buriram, sirkuit ini pertama kali dibuka pada 4 Oktober 2014 setelah memakan waktu dua tahun pembangunan.

Memiliki 12 tikungan dan panjang 4,5 kilometer, sirkuit ini memiliki tribun penonton yang mampu menampung hingga 50 ribu penonton!

Sirkuit ini dirancang oleh perancang sirkuit kenamaan, Hermann Tilke. Hebatnya, kendati bisa dibilang sirkuit bau kencur, sirkuit ini mendapatkan Grade A dari Federasi Olahraga Motorsport International (FIM) dan Grade 1 dari Federasi Olahraga Mobil International (FIA). Untuk diketahui, ajang Moto GP dan Formula 1 bernaung di bawah federasi tersebut.

Berbagai ajang otomotif kelas dunia pernah dihelat di sirkuit ini antara lain The Japanese Super GT, TCR International Series, TCR Asia Series, dan terbaru, GT Asia Series yang akan dihelat bulan ini.

Di antara ajang-ajang itu, ajang Super Bike menjadi ajang internasional paling akbar yang pernah dihelat di sini yakni pada 22 Maret 2015. Ketika itu, pembalap Super Bike asal Inggris, Jonathan Rea menjadi pembalap yang berhasil menaklukkan sirkuit ini. (Def/Rco)

Begini detail sirkuit Chang:

Chang International Circuit (Liputan6.com)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya