Taktik Chelsea Tidak Manjur Tanpa Eden Hazard

Taktik Manajer Chelsea Maurizio Sarri dinilai tidak begitu hebat oleh sebagian orang.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Jan 2019, 09:10 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2019, 09:10 WIB
Chelsea Vs Manchester United
Manajer Chelsea Maurizio Sarri. (AP/Matt Dunham)

Liputan6.com, London - Chelsea menang 2-1 atas Newcastle United 2-1 dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (13/1/2019) dini hari WIB tadi. Namun, permainan Chelsea dinilai biasa-biasa saja, bahkan di bawah standar.

Sejak kedatangan Maurizio Sarri, Chelsea memanang mengalami banyak perubahan. Sarri dikenal dengan taktiknya Sarri-ball yang mengutamakan sepak bola umpan-umpan pendek dengan Jorginho sebagai pemeran deep lying playmaker.

Meski demikian, tampaknya taktik Chelsea itu tidak begitu hebat bagi sebagian orang, khususnya bagi Ian Wright. Dia merasa tak ada sesuatu yang istimewa pada permainan The Blues, hanya sepak bola yang mendominasi penguasaan bola lainnya.

Wright bahkan yakin Chelsea tidak akan bisa banyak menang tanpa Eden Hazard.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masih Belum Paham

Top scorer sementara Premier League
Winger Chelsea Eden Hazard. (AP/Frank Augstein)

Sebagai pengamat sepak bola, Wright benar-benar tak paham apa itu Sarri-ball. Menurut kacamatanya, Sarri-ball sebenarnya tak bisa berfungsi tanpa Eden Hazard.

"Bagi saya, tampaknya jika Hazard tidak melakukan sesuatu yang luar biasa, saya tak tahu apa itu sarri-ball, karena mereka berusaha tampil begitu presisi. Anda bisa mengatakan mereka tak butuh striker [karena Sarri memilih tiga penyerang sayap di depan], tapi ada area di mana seharusnya seorang striker bisa berperan," kata Wright di Football London.

"[N'Golo] Kante berusaha maju dan tak ada siapa pun di depannya, Willian berusaha berlari mengejarnya, Kane harus menahan bola, tapi itu bukan gaya bermainnya."


Seperti Latihan

Bahkan Wright menilai taktik Chlsea sama saja taktik yang sering dilakukan di sesi latihan ketika tak ada kiper. Chelsea hanya berputar-putar, memainkan bola dari kaki ke kaki tanpa membuat ancaman yang sebenarnya.

"Saya tidak bisa memahami permainan mereka. Itu tampak seperti permainan yang Anda lakukan di sesi latihan ketika tak ada kiper! Saya tak tahu apa itu Sarri-ball, saya masih cukup bingung," tandasnya.

Salah satu masalah Chelsea adalah striker yang mumpuni. Alvaro Morata dan Olivier Giroud tak mampu mencetak gol di laga-laga penting. Mungkin inilah yang membuat Sarri-ball tak bisa bekerja dengan baik.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya