Odion Ighalo: Robin van Persie "Terlahir Lagi" dalam Diri Wonderkid MU

Greenwood pertama kali ditemukan oleh Mark Senior, mantan pelatih di Halifax Town dan akademi MU.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 05 Jun 2020, 15:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2020, 15:00 WIB
Manchester United Gulung Newcastle di Old Trafford
Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)

Liputan6.com, Manchester - Robin van Persie merupakan striker asal Belanda yang membantu Manchester United (MU) juara Liga Inggris pada 2012/13. Tidak hanya itu, dia juga menjadi top scorer Liga Inggris.

Pada musim itu, Van Persie mencetak 26 gol untuk membantu MU juara Liga Inggris. Pria yang sudah pensiun itu mencetak sembilan assist.

Total, selama tiga musim di Old Trafford, Van Persie mencatatkan 58 gol dan 21 assist dari 105 penampilan di semua kompetisi bersama MU. Sejak kepergian Van Persie, Setan Merah, sebutan MU, kesulitan mencari striker berkelas.

Namun, striker MU, Odion Ighalo melihat ada sosok baru Van Persie di tubuh wonderkid Setan Merah, Mason Greenwood. Penyerang MU berusia 18 tahun itu telah memulai debutnya di Liga Inggris.

"Saya akan memulai dengan Mason Greenwood. Dia adalah pemain yang sangat bagus. Saya melihat dia mirip dengan Robin Van Persie," kata Ighalo, seperti dikutip dari Goal.

"Dia bisa menembak dengan kedua kakinya dengan sama baiknya. Dia pemain yang sangat pintar, muda, dan tidak takut untuk berduel," ucap striker MU berusia 30 tahun itu melanjutkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjalanan Karier Mason Greenwood

Aksi Mason Greenwood, Bocah Ajaib Manchester United
Greenwood tercatat sebagai pemain muda terbaik Manchester United dalam akurasi tembakan. Ia berhasil mencatatkan rata-rata 2,2 tembakan mengarah ke gawang per 90 menit di Premier League. (AFP/Lindsey Parnaby)

Greenwood pertama kali ditemukan oleh Mark Senior, mantan pelatih di Halifax Town dan akademi Manchester United. Mark yang melihat bakatnya ketika Greenwood baru berusia enam tahun. Mark merasa kalau pemain ini saat itu punya potensi untuk menjadi bintang masa depan. Hal ini yang kemudian membuat Mark membawanya ke Setan Merah.

Debut Greenwood bersama MU saat menghadapi PSG adalah bukti kalau talentanya dihargai begitu tinggi oleh Setan Merah. Belum lagi keberadaan Ole Gunnar Solskjaer yang suka pemain muda, yang membuat kesempatan bermainnya akan jauh lebih sering di tim utama pada sisa musim 2018/2019 ini.

Meski begitu, Mark sempat merasa takut kalau Greenwood tidak bisa beradaptasi dengan kultur tim utama yang berbeda dengan tim akademi. "“Kami mengajari mereka cara untuk serakah dengan cara yang baik. Hal ini berguna untuk tidak membiarkan mereka takut kehilangan pertandingan atau bahkan kehilangan bola," katanya.

 


Statistik Mason Greenwood Bersama MU di Liga Inggris

Main: 25

Menang: 8

Kalah: 9

Gol: 5

Jumlah umpan: 286

Jumlah sepakan: 29

Sepakan on target: 16

Sepakan terkena tiang gawang: 2

Kartu kuning: 0

Kartu merah: 0

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya