Timnas Indonesia Tanpa Pemain Persib di FIFA Matchday?

Dua pemain Persib Bandung, Ezra Walian dan Victor Ignonefo telah kembali berlatih bersama klub usai tampil di Piala AFF 2020.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 10 Jan 2022, 15:30 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2022, 15:30 WIB
Timnas Indonesia
Penyerang Timnas Indonesia, Ezra Walian, berduel dengan bek Malaysia, Junior Eldstal, pada laga Grup B Piala AFF 2020. (AFP/Roslan Rahman)

Liputan6.com, Jakarta Setelah menuntaskan tugas di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia kembali bakal melakoni FIFA matchday pada akhir Januari dan awal Februari tahun ini. Brunei Darussalam dan Bangladesh digadang-gadang menjadi calon lawan skuat Garuda pada pertandingan internasional tersebut. 

Pada Piala AFF 2020 lalu, dua pemain Persib ikut memperkuat timnas Indonesia, yakni Victor Igbonefo dan Ezra Walian. Sayang penampilan kedua pemain naturalisasi itu tidak terlalu dominan dalam perjalanan skuat Garuda pada turnamen ini. Sepanjang turnamen, Ezra hanya menorehkan satu gol, sementara Ignonefo yang jauh lebih senior justru lebih banyak menghuni bangku cadangan. 

Mantan pemain Persipura itu hanya sekali tampil sebagai pemain pengganti pada laga pertama. 

Timnas Indonesia seperti diketahui hanya berhasil membawa pulang gelar runner up. Di babak final Piala AFF 2020, pasukan Shin Tae-yong kalah dari timnas Thailand dengan agregat 2-6. Ini merupakan gelar runner up keenam yang diraih timnas Indonesia pada turnamen sepak bola dua tahunan itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kembali ke Persib

Foto: 5 Pemain Veteran yang Masih Bisa Diandalkan Shin Tae-yong untuk Memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020
Penampilan Victor Igbonefo di BRI Liga 1 2021/2022 tak perlu diragukan lagi usai Persib Bandung mampu tampil tak terkalahkan hingga pekan ke-11. Pemain 36 tahun tersebut juga dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia pada Play-off Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Setelah Piala AFF 2020 berakhir, para pemain pun kembali ke klub masing-masing. Begitu juga dengan Victor dan Ezra. Seperti dilansir dari situs resmi PT LIB, keduanya sudah bergabung dengan Maung Bandung dan hadir pada sesi latihan pada Minggu (9/1/2022) sore di Lapangan Finns Recreation Club, Badung, Bali. Skuat Maung Bandung kembali berlatih Minggu ini setelah jalani recovery libur sehari.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menyambut gembira kehadiran kedua pemain naturalisasi itu. Menurutnya, kedua pemain itu sangat berhasrat untuk bisa kembali tampil bersama timnya. Apalagi, Ezra maupun Victor tidak terlalu banyak berkeringat bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

"Victor tentu berhasrat untuk bermain lagi bersama kami, begitu pula Ezra yang sangat ingin bermain. Saya senang mereka bisa kembali," kata pelatih asal Belanda tersebut.

 


Tanpa Pemain Persib

Kehadiran Victor dan Ezra juga membuat Roberts bernafas lega. Sebab mereka kini punya stok amunisi berlimpah dalam menghadapi lanjutan kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 yang semakin sengit. Roberts bahkan memprediksi, dalam waktu dekat tak ada lagi pemainnya yang dipanggil Timnas Indonesia.

"Kabarnya tim nasional akan mulai memanggil lagi pemain di pekan depan untuk memainkan dua uji coba di Bali melawan Brunei dan Bangladesh. Tapi saya rasa pemain kami tidak akan terlibat di laga ini dan mereka akan fokus dengan kami di liga," ujar mantan pelatih Arema itu menambahkan. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya