Turnamen Pramusim 2022: Persib dan Persebaya Masuk Grup Neraka

Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyelesaikan pengundian grup turnamen pramusim 2022, Minggu (29/5/2022). Sebanyak 18 klub peserta Liga 1 dibagi ke dalam empat grup.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 07 Jun 2022, 19:24 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2022, 19:30 WIB
Foto: Ditahan Imbang Persebaya, Persib Bandung Terancam Gagal Juara BRI Liga 1 Musim Ini
Persib Bandung dan Persebaya Surabaya berjibaku di BRI Liga 1 2021/2022. (Dok. Persib)

Liputan6.com, Jakarta - Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyelesaikan pengundian grup turnamen pramusim 2022, Minggu (29/5/2022). Sebanyak 18 klub peserta Liga 1 dibagi ke dalam empat grup.

Grup neraka hadir karena mempertemukan lima besar penghuni BRI Liga 1 2021/2022 yakni Bali United, Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan Persebaya Surabaya. Masuk Grup C, persaingan akan berlangsung di Bandung dengan Persib ditetapkan sebagai tuan rumah.

Juara bertahan turnamen pramusim, Persija Jakarta, berada di Grup B bersama Barito Putera, Rans Cilegon FC, Madura United, dan tuan rumah Borneo FC. Seluruh pertandingan grup ini akan berlangsung di Samarinda.

PSSI-LIB sepakat menggunakan momen pelaksanaan kompetisi ini untuk mengampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lalu Grup A, yang pertandingannya akan berlangsung di Solo, dihuni oleh Persis sebagai tuan rumah, PSIS, Martapura Dewa United, Persita dan PSS.

Kemudian, terakhir, ada empat tim yang bersaing dalam Grup D yakni Arema FC, Tira Persikabo, PSM dan Persik. Di sini, Arema FC berstatus sebagai tuan rumah sehingga laga-laga Grup D dirampungkan di Malang.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan, terdapat beberapa pembatasan yang dilakukan dalam pengundian turnamen. Salah satunya adalah Bali United dan PSM hanya bisa menghuni grup yang beranggotakan empat tim karena harus berlaga di Piala AFC 2022.

Selain itu, Persija dan Persebaya tidak boleh berada dalam satu grup dengan pertimbangan tertentu. Tidak lupa, Sudjarno memastikan pula turnamen terbuka untuk dihadiri penonton langsung di stadion.

"Turnamen pramusim ini akan menjadi contoh sepak bola dengan penonton di stadion. Namun jumlah penonton di stadion akan tergantung situasi PPKM di daerah setempat," ujar Sudjarno.

Ajang nanti belum memiliki nama resmi. PSSI dan PT LIB juga belum memastikan jadwal kompetisi. Namun, rencananya ajang itu berlangsung pada pertengahan Juni-pertengahan Juli 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembagian Grup

Ilustrasi Sepak Bola
Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Grup A: Persis Solo, PSIS Semarang, Martapura Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B: Persija Jakarta, Barito Putera, Rans Cilegon FC, Madura United, Borneo FC

Grup C: Bali United, Persib Bandung, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya 

Grup D: Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri


Jejak Turnamen Pramusim

Ilustrasi Sepak Bola
Ilustrasi Sepak Bola. (Bola.com/Pixabay)

Turnamen pramusim jadi kesempatan terbaik klub Indonesia untuk mempersiapkan diri jelang kompetisi sesungguhnya. Ajang tahun lalu memiliki nama Piala Menpora.

Piala Presiden berlangsung pada 2015 dan 2017-2019, dengan Piala Gubernur Jatim dihelat tahun 2020. Berlangsung pula Piala Gubernur Kaltim pada 2018.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya