Ada Tim Saber, Formula E Jakarta Bersih dari Sampah

Total ada 200 personel yang dikerahkan untuk membuat sirkuit JIEC tetap bersih dari sampah selama balapan berlangsung.

oleh Thomas diperbarui 04 Jun 2022, 14:50 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2022, 14:02 WIB
Tim Saber membersihkan sampah di arena balapan Formula E Jakarta
Tim Saber membersihkan sampah di arena balapan Formula E Jakarta

Liputan6.com, Jakarta- Puluhan ribu orang memadati Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol guna menyaksikan balapan Formula E Jakarta edisi perdana yang digelar Sabtu (4/6/2022) sore WIB. Panitia pelaksana telah menyiapkan antisipasi agar sirkuit tetap bersih dari sampah.

Di sekeliling sirkuit tersebar tempat sampah ukuran besar sehingga penonton tidak akan kesulitan untuk membuang sampah makanan. Tempat sampah ini merupakan sumbangan salah satu sponsor Formula E Jakarta, Krisbow.

Tak hanya itu, ada juga tim Saber (sapu bersih) yang akan bertugas memunguti sampah yang tak sengaja tercecar di area pantai, fan zone hingga bangku penonton.

Tim saber ini berasal dari Artha Graha Peduli. Total ada 200 personel yang dikerahkan untuk membuat sirkuit JIEC tetap bersih dari sampah selama balapan berlangsung.

Para petugas saber ini ditempatkan di berbagai titik. Pintu Karnaval, pintu akses Bende, sampai arah pintu keluar timur.

"Dalam setiap acara biasanya orang membersihkan sampah setelah acara selesai. Namun dalam visi-misi AGP kebersihan adalah no 1 karena dengan tempat bersih kita merasa nyaman. Oleh karena itu AGP selalu melakukan kegiatan bersih-bersih saat event berlangsung sampai selesai. Ini merupakan kontribusi kecil AGP untuk masyarakat agar selalu teredukasi pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan," ujar salah satu tim Saber yang enggan disebutkan namanya kepada Liputan6.com.


Perdana

Tim Saber membersihkan sampah di arena balapan Formula E Jakarta
Tim Saber membersihkan sampah di arena balapan Formula E Jakarta

Balapan Formula E di Jakarta ini merupakan edisi pertama. Sejak digelar pada September 2014, Formula E belum pernah diadakan di Indonesia. Praktis Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E.

Formula E akan berlangsung di Jakarta International E-Prix Cirkuit. Sirkuit ini baru dibangun di kawasan Ancol. Waktu pembangunannya sangat singkat 54 hari saja.

Sirkuit Formula E Jakarta ini memiliki lintasan sepanjang 2,4 KM dan 18 tikungan. Ini menjadi sirkuit Formula E dangan tikungan terbanyak. Desain sirkuit menyerupai kuda lumping.


Pejabat

Rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir menyaksikan balapan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit. Jokowi akan ditemani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selain itu, ketua MPR yang juga pemimpin Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo juga akan hadir. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani juga akan menonton langsung.

Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya