Makin Tersisih di Barcelona, Carles Puyol Beri Saran untuk Jordi Alba dan Pique

Jordi Alba dan Pique makin jarang main untuk Barcelona musim ini. Xavi Hernandez lebih percayakan pemain muda.

oleh Defri Saefullah diperbarui 06 Sep 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2022, 14:00 WIB
Latihan Barcelona Jelang vs Napoli
Bek Barcelona Jordi Alba (kiri) dan Gerard Pique mulai tak mendapatkan tempat dan disisihkan pemain muda . (LLUIS GENE / AFP)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona mulai merevolusi skuad mereka. Kecuali Sergio Busquets, pemain-pemain senior mulai tersisih dari skuad pilihan Xavi Hernandez.

Dua diantara pemain senior yang mulai tersisih yaitu Jordi Alba dan Gerard Pique. Carles Puyol, legenda Barcelona pun memberi saran buat dua pemain yang pernah jadi tandemnya di lini pertahanan Barca itu.

Dia menyarankan agar dua rekannya itu tetap berlatih keras. Ini harus dilakukan saat peluang untuk main datang kepada mereka.

Jordi Alba sempat menjadi starter di laga pertama Barcelona musim ini. Namun dia tak lagi main setelah itu kecuali sebagai pemain cadangan di laga melawan Sevilla.

Posisinya saat ini diambil alih Alejandro Balde. Kini ada Marcos Alonso yang membuat persaingan di posisi kiri pertahanan Barca makin ketat.

"Bagaimana Anda menanggapi peran sebagai pemain cadangan tergantung kepada setiap pemain," kata Puyol seperti dikutip sport.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sadar

Wajah-Wajah Lesu Barcelona
Bek Barcelona Jordi Alba bereaksi setelah kehilangan peluang mencetak gol ke gawang Eintracht Frankfurt pada leg 2 perempat final Liga Europa di Camp Nou, Jumat (15/4/2022). Kiprah Barcelona di Liga Europa harus terhenti di babak perempat final setelah kalah 2-3. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Pique saat ini malah belum main sekalipun untuk Barcelona. Posisinya makin tersisih setelah Barcelona memboyong Jules Kounde dan Andreas Christensen.

Puyol mengatakan pemain akan sadar kalau kemampuannya tak lagi sama seiring berjalannya waktu.

"Seiring waktu berjalan, perspektif Anda akan berubah. Anda akan paham bisa juga berkontribusi saat di luar lapangan," katanya.

"Saat saya tidak main, saya bisa marah. Namun di tahun terakhir saya, saya bilang Tata Martino untuk tidak memainkan saya dan memilih pemain lain."

 


Belum Bicara

Foto: Selain Lionel Messi, Berikut Ini Kapten Tim Barca yang Pergi Secara Gratis
Carles Puyol saat masih jadi pemain Barcelona (Foto: AFP/Franck Fife)

 

Puyol meyakini Alba dan Pique bisa mengatasi masalahnya asal terus berlatih keras. Dia yakin mantan rekannya itu bermental juara.

"Saya belum bicara dengan mereka. Yang pasti mereka kompetitif dan bermental juara. Mereka harus berlatih 100 persen, saya yakin tim akan membutuhkan mereka," katanya.

"Mereka harus siap tampil saat tim membutuhkannya. Pique harus fit 100 persen, dia bisa beri kontribusi untuk tim dengan semua pengalamannya."


Puji Dua Pemain

Robert Lewandowski, Pedri, Barcelona
Gelandang Barcelona, Pedri (tengah), berselebrasi dengan Robert Lewandowski (kiri) dan Gavi pada pertandingan uji coba Joan Gamper Trophy, melawan Club Universidad Nacional Pumas di Camp Nou, Senin (8/8/2022) dini hari WIB. (Pau Barrena/AFP)

Secara khusus, pelatih Barcelona Xavi Hernandez menyoroti dua pemain di laga melawan Sevilla. Dia punya pujian spesial untuk Gavi dan Robert Lewandowski.

"Saya tak terkejut dengan penampilan Gavi karena saya melihatnya setiap hari di sesi latihan. Saya tahu apa yang bisa dilakukannya," kata Xavi seperti dikutip sport.

"Lewandowski tak hanya mencetak gol, tapi bagaimana gerakan dia tanpa bola, bagaimana dia menekan. Dia referensi spesial buat kami," dia menambahkan.


Pemain Terbaik

Xavi juga kembali bicarakan Gavi. Dia mengatakan wonderkid Barca itu pantas untuk menjadi pemain terbaik lawan Sevilla.

"Cara dia bermain, dia punya intensitas yang murni, personalitas, kerja keras, hati dan disiplin. Saya tak mau kurang fair dengan pemain lain, tapi mungkin Gavi terbaik malam ini," katanya.

"Lewandowski pemain fantastis, timing dia dan juga solusi yang dia berikan. Itulah tanda dia sangat matang, dia banyak membantu kami."

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya