5 Pemain Top yang Bakal Absen di Piala Dunia 2022

Ada sejumlah pemain top dunia yang dipastikan dan kemungkinan absen di Piala Dunia 2022, salah satunya adalah Paul Pogba.

oleh Mohamad Taufik diperbarui 17 Okt 2022, 18:25 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2022, 17:00 WIB
Fakta Kuat Paul Pogba Akan Ke Real Madrid Musim Depan
3. Gelar Bergengsi - Pogba sudah meraih banyak gelar bergengsi selama berkarier di lapangan hijau. Mulai dari Juara Serie A Italia hingga meraih juara Piala Dunia bersama timnas Prancis. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta Hajat sepak bola paling akbar, Piala Dunia 2022 di Qatar, segera digelar. Pesta empat tahunan itu, dipentaskan mulai 20 November 2022 sampai 18 Desember 2022.

Bagi pesepakbola, Piala Dunia adalah teater impian. Tentu, tidak semua berkesempatan merasakannya, sekalipun negaranya lolos ke Piala Dunia 2022.

Jika, bukan tak terpilih karena alasan teknis dan selera pelatih, mereka harus mengubur impian itu akibat cedera.

Berikut daftar pemain yang dipastikan dan kemungkinan absen di Piala Dunia 2022:

1. Paul Pogba (Prancis)

Pahlawan Prancis di Piala Dunia 2018, Paul Pogba sepertinya tak punya kesempatan besar untuk berjuang bersama pasukan Prancis mempertahankan gelar yang mereka raih dengan gemilang di Rusia, empat tahun lalu.

Di Rusia 2018, hampir tak ada yang membantah betapa integralnya peran Paul Pogba dalam skema Didier Deschamps ketika Les Blues melewati semua rintangan hingga akhirnya mengangkat trofi emas Piala Dunia 2018 setelah mengandaskan Kroasia 4-2.

Kini, di Qatar 2022, Deschamps harus bekerja keras untuk mendapatkan pengganti salah satu gelandang terbaik dalam sejarah Piala Dunia dengan kemampuan memecah belah permainan lawan. Padahal Deschamps, awalnya sangat berharap Pogba kembali ke permainan terbaik setelah memutuskan kembali ke Juventus.

Pelatih Juventus, Max Allegri sebelumnya mengonfirmasi, Paul Pogba yang harus menjalani operasi lutut kemungkinan baru kembali bertanding pada bulan Januari 2023. Itu artinya Paul Pogba akan menjadi penonton ketika rekan-rekannya berjuang keras mempertahankan mahkota.

Allegri tentu tak peduli dengan nasib Prancis yang tanpa Pogba di Piala Dunia 2022. Tetapi, dia tahu Juventus dan Prancis akan lebih baik bersama Paul Pogba. "Piala Dunia bukan masalah saya. Masalah Juventus adalah dia baru kembali pada Januari," ujar Allegri, beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Georginio Wijnaldum

Belanda vs Gibraltar
Bek Gibraltar Roy Chipolina (kiri) berebut bola dengan gelandang Belanda Georginio Wijnaldum pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup G di De Kuip, Rotterdam, Selasa (12/10/2021) dini hari WIB. Menjamu Gibraltar, Belanda menang 6 gol tanpa balas. (JOHN THYS/AFP)

2. Georginio Wijnaldum (Belanda)

Jika Belanda membutuhkan sosok pemimpin, pembeda dan pembawa keberuntungan untuk memenangkan trofi Piala Dunia pertama, maka Georginio Wijnaldum ada di daftar itu.

Gini Wijnaldum bisa menyatukan rekan-rekannya di lapangan, dan bisa hadir juga sebagai pemecah kebuntuan di saat genting, seperti yang dia buktikan dalam banyak kesempatan, terutama saat bersama Liverpool.

Cedera tersebut, seolah melengkapi masa sulit Wijnaldum dalam kariernya selama 1 tahun terakhir. Di PSG, Wijnaldum diabaikan, hingga memutuskan pergi ke AS Roma.

Wijnaldum jadi senjata rahasia ketika Louis van Gaal memimpin De Oranje di Piala Dunia 2014 yang menjadi turnamen besar antarnegara pertama untuk pemain dari Rotterdam tersebut.

Sayangnya, van Gaal sulit untuk membawa pemain berpostur 175 sentimeter itu, ke Qatar 2022 karena gelandang AS Roma pinjaman dari PSG tersebut, masih pemulihan pascaoperasi cedera serius yang dialami pada awal kariernya di Ibu Kota Italia.

 

 


Kalvin Phillips

Kalvin Phillips
Ekspresi pemain Timnas Inggris, Kalvin Phillips, saat laga kontra Kroasia pada Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (14/6/2021). (AFP/Glyn Kirk)

3. Kalvin Philips (Inggris)

Inggris hampir dipastikan kehilangan salah satu pemain kunci yang tahun lalu, nyaris membuat Three Lions meraih gelar Eropa pertamanya, Kalvin Philipps. Gelandang Manchester City itu adalah bagian penting dalam skema permainan Inggris bersama pelatih Gareth Southgate.

Bos Manchester City, Pep Guardiola telah menyarankan Kalvin Phillips untuk menjalani tindakan operasi agar masalah di bahunya membaik. Sejak pindah dari Leeds United ke Manchester City, Kalvin Phillips kurang dari 20 menit merasakan menit bermain dalam 3 laga resmi.

Setelah hanya bermain 1 menit ketika Manchester City menaklukkan Dortmund di fase grup Liga Champions, Kalvin Phillips tak pernah lagi masuk line up, bahkan duduk di daftar cadangan akibat cedera.

Melihat situasinya sekarang, diyakini gelandang berusia 26 tahun itu, tak memiliki peluang cukup terbuka untuk menjadi bagian dari skuat Inggris di Piala Dunia 2022.

Kalaupun Southgate tetap memasukkannya, diprediksi dia absen dalam tiga laga Inggris di penyisihan grup lawan Amerika Serikat, Wales dan Iran.

 


Lucas Hernandez

Foto: 5 Nama Beken Timnas Prancis yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Lucas Hernandez - Bek sayap kiri Bayern Munchen ini tak dibawa Deschamps untuk mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2022 karena mengalami cedera. Alhasil, posisinya digantikan oleh saudara kandungnya yaitu Theo Hernandez. (Foto: AFP/Matthias Schrader,pool)

4. Lucas Hernandez (Prancis)

Selain Paul Pogba, Prancis pun kemungkinan bakal kehilangan Lucas Hernandez gara-gara cedera pangkal paha yang dideritanya ketika Bayern Munich mengandaskan Barcelona 2-0 di Liga Champions pada 13 September 2022.

Jika berjalan lancar, Lucas Hernandez membutuhkan waktu 8 pekan untuk kembali, atau hampir bersamaan dengan mulai digelarnya Piala Dunia 2022. Tetapi pertanyaannya, apakah Didier Deschamps berani mengambil risiko? Banyak yang meragukan.

Cedera yang dialami Lucas Hernandez, menambah masalah di lini pertahanan Prancis karena Presnel Kimpembe juga sempat dibelit masalah hamstring, juga Lucas Digne.

 


Mikel Oyarzabal

5. Mikel Oyarzabal (Spanyol)

Meskipun bukan nama yang paling dikenal dalam skuat bertabur bintang asuhan pelatih Luis Enrique, tetapi fakta bahwa Mikel Oyarzabal tampil di setiap pertandingan Spanyol di Euro 2020 adalah bukti pentingnya peran pemain Real Sociedad itu, bagi mantan bos Barcelona.

Sejak Maret 2022, Oyarzabal absen membela Sociedad maupun Spanyol dalam berbagai kesempatan akibat cedera ligamen pada lututnya.

Dia mungkin bisa sembuh dan kembali beraksi lebih cepat dari perkiraan, tetapi Piala Dunia 2022 di Qatar, nampaknya akan datang terlalu cepat pula untuk Oyarzabal.

Infografis Grup D Piala Dunia 2022
Infografis Grup D Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya