Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022, Suporter Padati Area SUGBK

Ribuan suporter memadati area SUGBK untuk menyaksikan laga Indonesia vs Kamboja di babak penyisihan Piala AFF 2022 pada Jumat (23/12/2022) sore WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 23 Des 2022, 16:52 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 16:52 WIB
Piala AFF 2022
Suporter mengantre untuk masuk ke Stadion Utama Gelora Bung Karno guna menyaksikan laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Kamboja, Jumat (23/12/2022). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia melakoni laga perdana penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Skuad asuhan Shin Tae-yong ditantang Kamboja dalam duel yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/12/2022) pukul 16.30 WIB.

Mengusung format kandang-tandang, Piala AFF edisi ini kembali menuai animo tinggi dari pecinta sepak bola Tanah Air. Suporter mulai memadati area GBK jauh sebelum kick-off pertandingan babak pertama dimulai.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com antrean penonton sudah panjang sejak sekitar pukul 15.00 WIB. Sebagian besar suporter hadir datang dengan kelompok kecil. Mayoritas dari mereka juga mengenakan atribut khas Timnas Indonesia.

Tingginya antusiasme fans sepak bola Tanah Air sejalan dengan harapan pelatih Skuad Garuda Shin Tae-yong. Sebelumnya, juru taktik asal Negeri Ginseng itu memang berharap pendukung bakal hadir meramaikan SUGBK demi memberi support bagi anak-anak asuhnya.

“Saya ingin di GBK semua penuh, bukan hanya beberapa persen saja. Itu harapan saya sendiri,” ujar eks pelatih Korea Selatan dalam konferensi pers jelang pertandingan Indonesia vs Kamboja pada Kamis (22/12/2022) siang WIB.


Pembatasan Penonton

Piala AFF 2022
Suporter mengantre untuk menyaksikan laga Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/2022). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Seperti diketahui, Polri sebelumnya meminta PSSI membatasi jumlah penonton maksimal 70 persen dari kapasitas, sebagai timbal balik dikeluarkannya izin penyelenggaraan Piala AFF dengan suporter.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sempat menceritakan upayanya mencari restu dari pihak berwenang. Federasi sepak bola Tanah Air diklaim rutin berkomunikasi dengan kepolisian agar diperbolehkan mengundang suporter dalam perhelatan Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong mengaku bersyukur atas upaya yang dilakukan Iwan Bule dan jajarannya. Walau begitu, juru taktik asal Negeri Ginseng ini berharap ada lebih banyak penggemar yang datang menyakasikan laga Timnas Indonesia di SUGBK.

"Memang saya juga bersyukur dan berterima kasih karena suporter sudah diperbolehkan masuk (ke pertandingan Piala AFF 2022), tetapi saya ingin lebih banyak suporter datang agar bisa memberi dukungan penuh kepada tim Garuda," katanya.


Format Kandang-Tandang

Piala AFF 2022
Suporter mengenakan atribut khas untuk mendukung Timnas Indonesia di laga kontra Kamboja pada Jumat (23/12/2022). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Berbeda dari edisi sebelumnya, Piala AFF 2022 kembali dihelat menggunakan format kandang-tandang. Semua tim dalam grup saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away).

Terdapat total dua grup, yang terdiri atas masing-masing lima negara partisipan, dalam perhelatan Piala AFF 2022. Dua tim yang berhasil meraih peringkat terbaik dari tiap-tiap grup akan mendapat tempat tampil di semifinal.

Timnas Indonesia sendiri merupakan bagian dari Grup A Piala AFF 2022. Dengan demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong sudah harus siap meladeni perlawanan sang juara bertahan Thailand sejak fase penyisihan.

Adapun tiga slot lainnya diisi oleh Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Tebuan menjadi tim terakhir yang melengkapi persaingan Grup A, usai menaklukkan Timor Leste dalam pertandingan kualifikasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya