Dewan Guru Inkai Pastikan MKB Sudah Sesuai

Laksda TNI Ivan Yulivan baru saja terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PP Inkai periode 2023-2027.

oleh Thomas diperbarui 22 Feb 2023, 20:26 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2023, 14:24 WIB
Laksda TNI Ivan Yulivan Kembali Dipilih Pimpin PP INKAI
Laksda TNI Ivan Yulivan Kembali Dipilih Pimpin PP INKAI

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Pusat Institut Karate-Do Indonesia (PP Inkai) baru saja selesai menyelenggarakan Musyawarah Keluarga Besar (MKB) di IPC Learning & Consulting PT PMLI Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, 17-19 Februari 2023. Disana Laksda TNI Ivan Yulivan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PP Inkai periode 2023-2027.

Ivan bakal melanjutkan program kerja yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih berprestasi lagi. Terpilihnya Ivan Yulivan di MKB, juga mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Guru Inkai berserta mayoritas Pengprov Inkai selaku pemilik suara. 

Anggota Dewan Guru PP Inkai, Shihan Erry Sadewo yang hadir di MKB sejak hari pertama hingga selesai, menyatakan bahwa kegiatan MKB sudah sesuai AD/ART organisasi. Tidak ada aturan yang dilanggar sama sekali karena semua proses tahapan dilalui secara benar berdasarkan aturan dan tata tertib yang berlaku dan disepakati bersama.

"Saya bersama anggota Dewan Guru yang lain mengikuti acara mulai dari pembukaan sampai penutupan MKB 2023, semuanya berjalan lancar dan tidak melanggar AD/ART. Sebagai pemegang mandat dari Ketua Dewan Guru Shihan Harmen Lukas Tompodung secara tertulis, saya memastikan tidak ada persoalan-persoalan selama MKB berlangsung. Kalau di luar ada persoalan kecil, itu biasa, biarkan saja burung berkicau," ujar Erry Sadewo kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Erry Sadewo juga memastikan kalau Dewan Guru dan PP Inkai tetap solid, sejak sebelum MKB 2023 digelar hingga sekarang. Menurut dia, di lembaga Dewan Guru PP Inkai terdapat 15 anggota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan

Dijelaskan Erry, jika ada anggota Dewan Guru yang melenceng dengan cara membentuk tandingan, bisa saja keanggotaannya cabut atau diberhentikan.

"Bisa saja keanggotaannya dicabut, nanti ada sidang istimewa Dewan Guru," tegas Erry Sadewo.

Erry perlu memberikan klarifikasi terkait soliditas Dewan Guru PP Inkai, mengingat ada kelompok yang tidak puas dengan hasil MKB 2023, lalu memberikan pernyataan yang menyudutkan PP Inkai.

"Bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan harap menemui kami selaku penerima mandat dan wakil Ketua Dewan Guru. Pesan Dewan Guru, jangan coba-coba merusak atau menggembosi perguruan Inkai. Inkai adalah organisasi bela diri karate terbesar di bawah FORKI," ungkap Erry Sadewo.


Proses Pemilihan

Lebih lanjut, Erry Sadewo juga memastikan bahwa tahapan MKB 2023 berjalan sesuai agenda. Dimulai dari pembentukan tim penjaringan dan penyaringan (TPP) yang diisi orang-orang independen. Mereka bekerja sesuai peraturan yang ada.

Di MKB 2023, aturan ditegakkan dan seluruh pemilik suara dalam hal ini Pengprov Inkai dipersilakan memberikan dukungan kepada calon yang akan diusung.

Pada saat pendaftaran hingga penutupan, ada dua calon yang masuk. Pertama, petahana Laksda TNI Ivan Yulivan. Kedua, Ketua Pengprov Inkai DKI Jakarta Herianto Syahputra. Namun, setelah melalui verifikasi secara faktual, Ivan Yulivan yang dinyatakan lolos administrasi. Sedangkan Herianto tak memenuhi syarat lantaran hanya diusung 7 Pengprov.

Akhirnya, Ivan Yulivan terpilih secara aklamasi dan berhak memimpin PP Inkai untuk periode 2023-2027.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya