Buntut Kasus Dugaan Suap Komite Wasit, Barcelona Dicemooh Suporter saat Kalahkan Athletic Bilbao di La Liga

Barcelona mendapat cemoohan dari suporter saat bertandang ke markas Athletic Bilbao di laga lanjutan La Liga Spanyol pada Senin (13/3/2023) dini hari WIB. Skuad asuhan Xavi diteriaki "Segunda" akibat kasus dugaan suap wasit yang menerpa sang raksasa Catalan.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 13 Mar 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 12:30 WIB
Gol Tunggal Raphinha Bawa Barcelona Taklukkan Athletic Bilbao di Liga Spanyol
Barcelona mendapat cemoohan saat bertandang ke markas Athletic Bilbao dalam laga lanjutan La Liga Spanyol, Senin (13/3/2023) dini hari WIB. Ejekan tersebut merupakan buntut kasus dugaan suap komite wasit yang tengah melanda Blaugrana. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona mengalami kejadian kurang menyenangkan saat bertandang ke markas Athletic Bilbao di San Mames dalam laga pekan ke-25 La Liga Spanyol 2022/2023 pada Senin (13/3/2023) dini hari WIB.

Skuad asuhan Xavi Hernandez dicemooh oleh suporter tuan rumah akibat kasus dugaan suap wasit yang tengah melanda sang raksasa Catalan dalam beberapa waktu terakhir.

Seperti diketahui, Blaugrana saat ini memang tersandung masalah pelik. Mereka didakwa telah melakukan pelanggaran berupa penyuapan terhadap Komite Wasit Spanyol (CTA).

Laporan The Guardian mengeklaim Barcelona membayar lebih dari 7,3 juta euro kepada Jose Maria Enrique Negreira, yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden CTA, sepanjang periode 2001 hingga 2018.

Akibatnya, sejumlah pihak mendesak agar Blaugrana dijatuhi hukuman tegas. Klub yang bertengger di puncak klasemen sementara La Liga itu bisa saja lolos dari sanksi domestik. Namun, mereka terancam diganjal hukuman oleh UEFA.

Suporter Athletic Bilbao, yang menyaksikan Raphinha bersama kolega main di markasnya pun, ikut-ikutan memberi reaksi keras kepada Barca. Mereka menyerukan kalimat, "a Segunda oe, a Segunda oe" yang merujuk pada tuntutan agar Blaugrana turun kasta di liga.

Para pendukung tim tamu juga melengkapi seruan dengan melemparkan uang tiruan bernuansa warna Barcelona disertai kata “mafia” dan logo mata uang dolar di dalamnya. Pemberitaan Marca menyebut aksi ini terjadi sekita menir ke-30.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Reaksi Pelatih Barcelona Xavi Hernandez

Xavi Hernandez - Barcelona - Copa del Rey
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez saat memberi isyarat dalam pertandingan leg pertama semifinal Copa del Rey melawan Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Jumat (3/3/2023) dini hari WIB. Barcelona menang 1-0. (JAVIER SORIANO / AFP)

Manajer Barcelona Xavi Hernandez pun langsung bereaksi menanggapi perlakuan yang diterima anak-anak asuhnya. Juru taktik asal Spanyol itu mengaku sedih dengan situasi yang menimpa Raphinha dan kawan-kawan.

“Saya menghormati publik San Mames. Mereka selalu memperlakukan saya dengan sangat baik. (Namun), suasana permusuhan terhadap Barca mengejutkan saya. Sikap itu membuat saya sedih,” tutur Xavi selepas laga, seperti dilansir dari Marca.

Lebih lanjut, pelatih berusia 43 tahun mengeklaim dirinya menghargai kebebasan berpendapat yang dimiliki orang lain. Hanya saja, ia juga tak bisa menutupi bahwa perilaku yang ditunjukkan suporter tim tamu kepada Barcelona membuat hatinya sedih.

“Semua orang bebas (berpendapat). Saya sangat menghargai pendapat, (meskipun) saya bisa setuju atau tidak (dengan pendapat itu). Akan tetapi, menurut saya, (perilaku) ini membuat saya sedih,” sambungnya.


Hasil Pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona

Gol Tunggal Raphinha Bawa Barcelona Taklukkan Athletic Bilbao di Liga Spanyol
Pemain Barcelona Raphinha (​​kiri) merayakan setelah mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, 12 Maret 2023. Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 1-0. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Walau diwarnai kejadian kurang menyenangkan, Barcelona tetap berhasil memetik kemenangan saat bertamu ke kandang Athletic Bilbao, Senin (13/3/2023) dini hari WIB.

Gol tunggal Raphinha pada masa injury time babak pertama mengantar sang raksasa Catalan dominan dengan skor tipis 1-0.

Hasil terebut memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol. Skuad asuhan Xavi Hernandez berhak menduduki posisi teratas usai mengoleksi 65 poin dari 25 pertandingan yang sudah dilakoni.

Blaugrana juga terpaut cukup jauh dari pesaing terdekatnya, Real Madrid. Los Blancos harus mengejar defisit sembilan angka jika ingin mengkudeta Barceloan di liga domestik.


Jalannya Pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona

Gol Tunggal Raphinha Bawa Barcelona Taklukkan Athletic Bilbao di Liga Spanyol
Pemain Barcelona Raphinha (​​kedua kanan) mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, 12 Maret 2023. Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 1-0. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Barcelona langsung mengambil inisiatif penyerangan sejak awal. Mereka mendapat peluang perdana di menit kedua melalui Ferran Torres, tetapi malang, upayanya masih belum menemui sasaran.

Memasuki menit ke-17, Barcelona kembali nyaris membuka keunggulan ketika umpan Frenkie de Jong diteruskan Robert Lewandowski. Namun, sontekan pemain Polandia itu masih bisa digagalkan Julen Agirrezabala.

Blaugrana akhirnya mampu memecah kebuntuan sesaat sebelum turun minum. Winger Raphinha membuka angka pertama bagi timnya setelah menuntaskan umpan silang dari gelandang bertahan Sergio Busquets.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak kedua berjalan lebih dari 15 menit. Papan skor nyaris berubah menjadi imbang di menit 70 ketika umpan Inaki Williams diteruskan Berenguer. Keuntungan bagi Barca lantaran bola masih bisa ditepis Marc Andre ter Stegen.

Di menit 87, barulah Bilbao menjebol gawang Barca lewat Inaki Williams yang menuntaskan umpan dari Gorka Guruzeta. Akan tetapi, gol ini akhirnya dianulir wasit setelah mengecek VAR. Ada handball yang terjadi dalam proses penciptaan gol.

Tak ada perubahan situasi yang signifikan setelahnya. Skor akhir 1-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya