Ditahan Imbang Burundi di Laga Kedua FIFA Matchday, Shin Tae-yong Apresiasi Mentalitas Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tetap memuji performa dan mentalitas anak-anak asuhnya meski hanya mampu bermain imbang dengan Burundi di laga kedua FIFA Matchday pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 29 Mar 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2023, 11:30 WIB
Jordi Amat Cetak Gol, Timnas Indonesia Bermain Imbang 2-2 Atas Burundi
Pelatih Timnas Indonesia,= Shin Tae-yong,= mengapresiasi performa dan mentalitas skuad Garuda, terlepas dari hasil imbang yang diperoleh dalam laga kedua FIFA Matchday kontra Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan saat menghadapi Burundi dalam laga FIFA Matchday yang dihelat di Stadio Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

Dendy Sulistyawan dan kawan-kawan harus puas bermain imbang 2-2 dengan kesebelasan asal Afrika itu hingga akhir laga.

Witan Sulaeman dan Jordi Amat menjadi pencetak gol bagi Skuad Garuda di duel kedua tersebut. Sementara itu, gol Timnas Burundi bersumber dari striker bintangnya Saido Berahino serta sumbangsih Abedi Bigirimana.

Meski gagal menuai hasil dominan atas Burundi, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tetap memuji performa dan mentalitas anak-anak asuhnya.

Juru taktik asal Korea Selatan menilai Skuad Garuda tampil pantang menyerah, meski sempat terlihat lelah saat menjalani pertandingan.

"Para pemain bekerja keras. Secara keseluruhan, banyak pemain yang berpuasa, jadi terlihat lelah juga," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023).

"Harusnya kita bisa menampilkan (pola) permainan lebih banyak, tetapi (nyatanya) belum seperti itu. Namun, secara mental kita lebih baik, sampai akhir tidak menyerah. Itu menjadi pujian tersendiri, hari ini (performa timnas) sangat baik," sambungnya.


Laga Kedua Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret

Jordi Amat Cetak Gol, Timnas Indonesia Bermain Imbang 2-2 Atas Burundi
Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Burundi pada laga kedua FIFA Matchday yang berlangsung di stadion Patriot Candrabaga, Selasa (28/3/2023).(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebagai informasi, pertandingan melawan Burundi pada Selasa (28/3/2023) merupakan laga kedua Timnas Indonesia dalam rangkaian FIFA Matchday Maret 2023.

Sebelumnya, anak-anak asuh Shin Tae-yong juga telah menghadapi lawan yang sama dalam pertandingan perdana di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023).

Kala itu, Skuad Garuda sukses memetik kemenangan atas tim tamu. Pasukan Merah Putih unggul 3-1 berkat gol Yance Sayuri, Dendy Sulistyawan, dan Rizky Ridho. Sementara itu, satu angka hiburan milik Burundi dilesakkan oleh Pacifique Niyongabire.


Sisi Positif Timnas Indonesia usai FIFA Matchday

Jordi Amat Cetak Gol, Timnas Indonesia Bermain Imbang 2-2 Atas Burundi
Burundi tampil lebih agresif dan lebih menekan dengan umpan-umpan pendek mereka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski gagal mendulang kesuksesan yang sama di duel terakhir, Shin Tae-yong menyebut ada nilai positif yang didapat Timnas Indonesia dari gelaran FIFA Matchday kali ini.

Eks pelatih Korea Selatan itu mengeklaim mental para pemain sudah makin kuat. Hanya dengan sedikit perbaikan lagi, Skuad Garuda diyakini sudah bisa menjadi kesebelasan yang menjanjikan di kancah sepak bola Asia.

“Jadi selama dua pertandingan A Match ini, saya menemukan beberapa hal positif untuk timnas. Dengan sedikit memperkuat mental, (mereka) pasti bisa menjadi tim yang menantang di Asia, bukan hanya di ASEAN lagi,” tutur Shin Tae-yong selepas laga.

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia
Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya