Diincar Banyak Klub, Manchester City Buka Tawaran Buat Bek Pencetak Gol Termuda Kroasia

Luka Vuskovic, yang baru berusia 16 tahun itu melakukan debut profesionalnya untuk tim Kroasia pada bulan Februari lalu.

oleh AY Yustiawan diperbarui 25 Apr 2023, 23:00 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 23:00 WIB
Manchester City ke Puncak Klasemen Liga Inggris Usai Tekuk Arsenal
Gelandang Arsenal, Bukayo Saka menembak untuk mencetak gol dari titik penalti ke gawang Manchester City selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Emirates di London, Inggris, Kamis (16/2/2023). Hasil ini membuat Man City menggeser Arsenal di puncak klasemen. (AP Photo/Kin Cheung )

Liputan6.com, Jakarta Bek Hajduk Split, Luka Vuskovic, dikabarkan tengah diperebutkan empat klub Liga Inggris, Liverpool, Chelsea, Manchester City dan Newcastle United. Mereka ingin memanfaatkan keinginan sang pemain yang ingin bertanding di kompetisi ini.

Pemain berusia 16 tahun itu melakukan debut profesionalnya untuk tim Kroasia pada bulan Februari lalu. Dia telah memulai total delapan pertandingan untuk tim utama di semua kompetisi.

Hanya lima hari setelah ulang tahunnya yang ke-16, Vuskovic menjadi pencetak gol termuda klub ketika ia mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-1 perempat final Piala Kroasia atas Osijek bulan lalu.

Vuskovic juga menikmati musim yang mengesankan dengan tim yunior Split. Bek tengah setinggi 6 kaki 4 inci itu mencetak delapan gol dalam 20 penampilan di turnamen domestik dan Eropa.

Dia juga membantu tim U-19 Split melaju ke final UEFA Youth League, meski tim asal Kroasia itu kalah telak 0-5 dari AZ Alkmaar dalam pertandingan yang digelar Senin lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tawaran

Luka Vuskovic
Manchester City siap bayar mahal untuk bek muda asal Kroasia Luka Vuskovic (twitter/Fabrizio Romano)

Namun, peningkatan pesat Vuskovic di tanah airnya langsung menarik perhatian sejumlah klub top Eropa menjelang jendela transfer musim panas. Minat kuat datang dari klub Liga Inggris.

Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa juara bertahan Liga Inggris Man City telah mengajukan tawaran pembukaan untuk Vuskovic senilai 10 juta euro atau 8,8 juta pounds di muka dengan tambahan 2 juta euro atau 1,8 juta pounds tambahan terkait kinerja.


Persaingan

Foto: Manchester City Kudeta Puncak Klasemen Liga Inggris setelah Tumbangkan Arsenal di Kandangnya
Pemain Arsenal, Eddie Nketiah (tengah kanan) dilanggar oleh kiper Manchester City, Ederson pada laga pekan ke-23 Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Emirates Stadium, London, Kamis (16/02/2023) WIB. Pelanggaran tersebut berbuah tendangan penalti untuk Arsenal. (AFP/Glyn Kirk)

Namun, menurut The Mail, The Citizens akan mendapat saingan dari Liverpool, Chelsea, dan Newcastle United dalam perebutan tanda tangannya.

Dilaporkan perwakilan dari keempat klub papan atas Inggris melakukan perjalanan ke Jenewa untuk menonton Vuskovic yang bermain selama 90 menit penuh di final UEFA Youth League pada hari Senin.


Berpisah

Foto: Manchester City Kudeta Puncak Klasemen Liga Inggris setelah Tumbangkan Arsenal di Kandangnya
Pemain Manchester City merayakan gol ketiga timnya ke gawang Arsenal yang dicetak oleh Erling Haaland pada laga pekan ke-23 Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Emirates Stadium, London, Kamis (16/02/2023) WIB. The Cityzens menang dengan skor 3-1. (AFP/Glyn Kirk)

Vuskovic yang pernah mewakili timnas Kroasia di level U-15, U-16, dan U-17, baru-baru ini memperpanjang kontraknya dengan Hajduk Split hingga Januari 2026.

Karenanya, Split sangat ingin mempertahankan Vuskovic, namun mungkin juga terpaksa berpisah dengan bek berbakat jika mereka menerima tawaran yang mereka anggap terlalu bagus untuk ditolak.


Pemain Lain

Foto: Manchester City Kudeta Puncak Klasemen Liga Inggris setelah Tumbangkan Arsenal di Kandangnya
Pemain Manchester City, Phil Foden (tengah) berusaha melewati pemain Arsenal, Bukayo Saka (kanan) dan William Saliba pada laga pekan ke-23 Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Emirates Stadium, London, Kamis (16/02/2023) WIB. (AP Photo/Kin Cheung)

Vuskovic bukan satu-satunya bek Kroasia yang sangat dicari yang bisa pindah musim panas ini, karena Josko Gvardiol dari RB Leipzig juga menarik minat dari Liga Premier.

Man City, Chelsea dan Manchester United semuanya telah dikaitkan dengan pemain berusia 21 tahun itu, yang menyatakan keinginannya untuk bermain di Inggris awal tahun ini. Meskipun Liverpool juga dipahami telah mendinginkan minat mereka pada pemain muda yang dihargai lebih dari 80 juta pounds.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya