SEA Games 2023 Kamboja: Ditargetkan Raih Perak, Timnas Voli Putri Indonesia Kehilangan 2 Pemain

Timnas voli putri Indonesia harus mencoret dua pemain jelang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Tim asuhan Alim Suseno ditargetkan meraih medali perak.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 30 Apr 2023, 09:43 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2023, 09:25 WIB
Manfaatkan Momen Lebaran, PBVSI Lepas Timnas Bola Voli Putra dan Putri Indonesia Menuju SEA Games 2023
Ketua Umum PBVSI, Imam Sudjarwo (tengah) berfoto bersama Timnas Voli Putri Indonesia usai seremoni pelepasan kontingen menuju ajang SEA Games 2023 Kamboja di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas voli putri Indonesia harus menghadapi rintangan jelang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Padahal, tim asuhan Alim Suseno ini ditargetkan meraih medali emas.

Salah satu rintangan itu adalah pengurangan jumlah pemain, dari 14 menjadi 12. Pemberitahuan ini kurang dari dua pekan jelang penyelenggaraan SEA Games Kamboja.

Sehingga timnas voli putri Indonesia harus mencoret dua nama. Kedua pemain itu ialah Dita Azizah, berposisi libero, dan middle blocker Myrasuci Indriani.

Penanggung jawab timnas voli putri Indonesia Loudry Maspaitella mengatakan aturan tersebut cukup mengganggu persiapan tim, termasuk perihal taktik dan psikologis.

"Di beberapa pekan terakhir, Komite Olimpiade Indonesia dan Kemenpora melakukan pengumuman dan review. Hasilnya terjadi pengurangan jumlah personel untuk tim putri," kata Loudry dalam sambutan pelepasan yang diadakan PP PBVSI di Padepokan Bola Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Jawa Barat pada Sabtu (29/4).

"Sebanyak 14 pemain dan tujuh ofisial itu adalah daftar ideal dan sesuai handbook SEA Games. Tapi tiga hari lalu kami dapat keputusan bahwa jumlah ofisial dipotong setengahnya, dan pemain jadi hanya 12 untuk tim putri. Ini jadi permasalahan secara psikologis untuk tim."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rintangan Lainnya

Manfaatkan Momen Lebaran, PBVSI Lepas Timnas Bola Voli Putra dan Putri Indonesia Menuju SEA Games 2023
Seremoni dihadiri langsung oleh pevoli Putra dan Putri Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain pemangkasan jumlah pemain, Loudry juga menyampaikan hambatan lain yang dialami timnas voli putri Indonesia adalah waktu berlatih yang singkat dan tidak dapat biaya dari pemerintah selama TC.

"Sebulan bukan waktu ideal tapi harus diikuti karena Proliga harus dilaksanakan, agenda internasional juga harus diterima. Jadi selama sebulan tim pelatih harus buat program latihan, seluruh pemain sudah kembali sebagaimana yang ditampilkan di Proliga," papar Loudry.

"Sesuai dengan kebijakan KOI dan Kemenpora, tim putri kembali pada permasalahan tahun lalu dengan biaya mandiri saat pelatnas."

Meski demikian, Loudry enggan terlalu banyak mengeluhkan persoalan itu. "Semua (hambatan dilalui dengan baik. Sekarang bisa dilihat semua pemain siap siaga, siap berangkat ke Kamboja," tegas mantan setter timnas voli putra Indonesia itu.

 


Sudah Ada Skema

Pelepasan Timnas Voli Indonesia untuk SEA Games 2023 Kambojo
Pemain Timnas Voli Putri Indonesia, Megawati Hangestri Pertiwi mencium bendera merah putih saat acara pelepasan Timnas Voli Indonesia untuk SEA Games 2023 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Sabtu (29/04/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas voli putri Indonesia tergabung di Grup A pada SEA Games 2023 Kamboja. Skuad asuhan Alim Suseno akan bersaing dengan Thailand, Myanmar, dan Malaysia.

"Bicara persaingan, kalau persaingan kita lawan Thailand, tahu sendiri Thailand sudah mengikuti event-event internasional," kata Alim.

"Yang kedua, patokan kita ke Vietnam. Kalau kita mau perak, mau tidak mau harus all out saat bertemu di empat besar. Mudah-mudahan."

Dengan satu pool bersama Thailand, Myanmar, dan Malaysia, Indonesia harus meraih dua kemenangan. Kemenangan itu digapai dengan mengalahkan Myanmar dan Malaysia.

"Jadi harus kita ambil dua kali kemenangan untuk ke semifinal. Insya Allah ketemunya Vietnam di semifinal," ucap Alim Suseno.

Terkait dicoretnya dua pemain, Alim mengatakan: "Kami akan memanfaatkan 12 pemain yang ada. Dengan libero satu dan satu spiker keluar, notabene membawa 4 outside, 2 opposite, 3 quicker, dan 1 libero (dua lagi toser)."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya