Gawat, Fiorentina Cuma Kasih Waktu Sedikit untuk Manchester United Rampungkan Transfer Sofyan Amrabat

Manchester United hanya diberi waktu sekitar 3 hari untuk merampungkan transfer Sofyan Amrabat di bursa transfer musim. Kok bisa begitu?

oleh Defri Saefullah diperbarui 24 Agu 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2023, 09:00 WIB
Maroko Tembus 16 Besar Piala Dunia 202 Usai Tekuk Kanada
Gelandang Maroko, Sofyan Amrabat sudah mencapai kesepakatan pribadi dengan Manchester United. Namun Fiorentina belum juga menerima tawaran dari MU (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United hanya diberi waktu sedikit oleh Fiorentina untuk merampungkan transfer Sofyan Amrabat. Seperti dilansir Metro, MU hanya diberi waktu sampai Jumat 25 Agustus 2023 untuk rampungkan transfernya.

Meski bursa transfer ditutup pada 31 Agustus 2023, tapi Fiorentina rupanya ingin kepastian soal transfer Sofyan Amrabat. Soalnya gelandang asal Maroko ini dikabarkan sudah mencapai kesepakatan pribadi untuk pindah ke MU musim ini.

Tapi MU belum juga mengajukan tawaran resmi kepada Fiorentina untuk datangkan Sofyan Amrabat. Kabarnya ini dikarenakan Man Utd masih menunggu kepastian penjualan Donny van de Beek dan Scott McTominay.

Ini menjadi ganjalan bagi MU untuk melangkah lebih jauh dalam memboyong Sofyan Amrabat. Kalau tidak, Manchester United bisa langkah Financial Fair Play.

Kebutuhan MU untuk gelandang baru diperparah dengan kondisi Mason Mount. Gelandang anyar Man Utd itu dikabarkan harus absen hingga pertengahan September karena mengalami cedera saat melawan Tottenham Hotspur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Sofyan Amrabat yang Dipatok Fiorentina

Foto: 4 Pemain Maroko yang Bisa Menjadi Mimpi Buruk Prancis di Semi Final Piala Dunia 2022
Sofyan Amrabat menjadi pemain Timnas Maroko paling sibuk di Piala Dunia 2022. Jenderal lini tengah Singa Atlas ini bukan hanya tangguh dalam bertahan tapi juga piawai dalam membangun serangan. (AP Photo/Luca Bruno)

 

MU sebenarnya tak akan kesulitan untuk memenuhi harga yang dipatok Fiorentina untuk Sofyan Amrabat. Gelandang Maroko ini dihargai dengan 30 juta pounds.

Masalahnya Fiorentina tak mau menunggu lama. fiorentina ingin segera mencari pengganti karena itu menetapkan waktu hingga Jumat saja.

Itu artinya MU hanya waktu sekitar 72 jam untuk menjual dua pemain demi transfer Sofyan Amrabat. Selain Amrabat, MU juga ngebet hadirkan gelandang Bayern Munchen Ryan Gravenberch.

MU juga harus gercep datangkan Gravenberch yang pernah juga dilatih Ten Hag di Ajax. Soalnya, Liverpool juga meminati pemain asal Belanda ini.

 


Bos Fiorentina Ragukan Keseriusan Man Utd

Foto: Victor Osimhen Pimpin Deretan 5 Pemain Afrika dengan Nilai Pasar Termahal di Liga Italia 2022 / 2023, Berikut Daftar Lengkapnya
Gelandang Fiorentina, Sofyan Amrabat menguasai bola dibayangi gelandang Lazio, Matias Vecino dalam laga Serie A Liga Italia 2022/2023 di Olympic Stadium, Roma (29/1/2023). Pemain asal Maroko yang membela Fiorentina sejak tengah musim 2019/2020 ini memiliki nilai pasar 25 juta euro atau setara Rp407 miliar. (AFP/Alberto Pizzoli)

 

Kontrak Amrabat dengan Fiorentina hanya berjalan setahun lagi, meskipun La Viola memiliki opsi memperpanjang masa kerjanya hingga 2025. Namun, biaya 30 juta pound atau sekitar Rp 579 miliar bisa menariknya dari Italia.

Manchester United diklaim bersedia untuk memenuhi harga yang diminta Fiorentina. Raksasa Inggris itu akan menangkis persaingan dari Al-Ahli untuk jasa Amrabat. Namun faktanya,MU ternyata tidak benar-benar menginginkan Amrabat.

Direktur Fiorentina Daniele Prade justru meragukan isu bahwa pemainnya akan hengkang ke MU. Padahal Amrabat sendiri mengaku ingin meninggalkan Italia untuk bergabung dengan tim elite.

"Situasinya sudah jelas," kata Prade melalui kanal YouTube resmi klub. "Dia ingin bergabung dengan klub top dan kami ingin memuaskannya, tetapi jika kami tidak menerima tawaran, dia akan tetap bersama kami. Kami tidak memiliki pemain seperti dia di tim."

Kecuali United bisa menjual pemain sebelum batas waktu pukul 23:00 pada 1 September, kecil kemungkinan mereka akan mendapatkan pemain baru lagi musim panas ini.

Dan Amrabat bukan satu-satunya tanda tangan yang bisa lepas dari jari mereka. Sebelumnya, MU juga dikaitkan dengan bek Bayern Munich, Benjamin Pavard. Namun lagi-lagi, masalahnya adalah MU harus menjual pemain lebih dulu sebelum melanjutkan proses transfer.

 


Alternatif Manchester United

Latihan Amerika Serikat Jelang Vs Inggris di Piala Dunia 2022
Pemain Amerika Serikat, Tyler Adams dan Cameron Carter-Vickers berpartisipasi dalam sesi latihan resmi menjelang matchday 2 Grup B Piala Dunia 2022 kontra Inggris, di Stadion Al-Gharafa SC, di Doha, Kamis (24/11/2022). Terakhir kali Inggris dan AS bertemu di babak penyisihan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dengan skor akhir 1-1. (AP Photo/Ashley Landis)

 

Erik ten Hag memiliki dua alternatif jika Manchester United gagal mengamankan kesepakatan untuk Sofyan Amrabat. Dua gelandang yang dipandang sebagai rencana B adalah pemain Leeds United Tyler Adams dan Amadou Onana dari Everton.

Baik Adams maupun Onana pernah bermain di Liga Inggris dan keduanya terlibat dalam pertempuran degradasi musim lalu. Adams bagian dari tim Leeds yang terdegradasi tapi tampil mengesankan setelah kedatangannya dari RB Leipzig.

Sementara Onana selalu mendapat penilaian positif karena sukses membantu Everton tak terdegradasi. Pemain Belgia itu tampaknya sekarang lebih mungkin bergabung dengan MU jika Amrabat gagal.

Infografis transfer MU - November 2021
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat Manchester United di Liga Inggris

Manchester United Vs Crystal Palace
Bruno Fernandes dan Marcus Rashford merayakan sukses MU mengalahkan Cyrstal Palace Old Trafford, Sabtu (4/2/2023) malam WIB. (AP Photo/Dave Thompson). (AP Photo/Dave Thompson)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya