Datang ke Indonesia, Ini Jagoan Luis Scola di FIBA World Cup 2023

Luis Scola memberikan prediksi siapa yang bakal menjadi juara FIBA World Cup 2023.

oleh Thomas diperbarui 03 Sep 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2023, 19:30 WIB
Luis Scola hadir di Fan Zone FIBA World Cup 2023
Luis Scola hadir di Fan Zone FIBA World Cup 2023

Liputan6.com, Jakarta- Legenda bola basket dunia Luis Scola hadir di Jakarta pada hari terakhir FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Minggu (3/9/2023). Pria Argentina itu menyapa pecinta basket di fan zone FIBA World Cup yang berada di Senayan Park.

Scola mengadakan meet and greet dengan 100 orang yang beruntung datang paling awal di Senayan Park. 20 orang pertama bahkan bisa mendapatkan tanda tangan. Sisanya hanya foto bareng beramai-ramai dengan Scola.

Mantan pemain Houston Rockets itu datang ke Indonesia dalam kapasitasnya sebagai Global Ambassador FIBA World Cup 2023. Scola sempat memberikan prediksi mengenai siapa yang menjadi juara FIBA World Cup 2023 yang sudah memasuki putaran kedua.

Scola awalnya menjagokan Prancis. Namun Rudy Gobert dan kawan-kawan sudah dipastikan tidak akan bisa lolos ke perempat final. Prancis secara mengejutkan kalah dari Latvia pada laga kedua Grup H pekan lalu.

"Saya pikir segala sesuatunya bisa terjadi. Seperti yang saya bilang tadi tim favorit saya adalah Prancis, tapi lihat apa yg terjadi. Jadi mungkin sekarang Amerika Serikat menjadi favorit saya di FIBA World Cup 2023. Favorit kedua adalah Kanada, tapi kita tidak tahu apa yang bakal terjadi. Karena ini hanya satu game, jadi segala sesuatunya bisa terjadi dan tim yang memberikan segalanya terbaik bisa menang," ujar Scola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkembangan Basket di Asia

Amerika Serikat yang berlaga di Manila Filipina memang tampil cemerlang sejauh ini. Tim asuhan Steve Kerr belum tersentuh kekalahan hingga laga keempatnya di Manila. Amerika Serikat diperkuat sejumlah bintang muda seperti Austin Reaves, Anthony Edwards, Tyrese Haliburton hingga Paolo Banchero.

Scola pada kesempatan tersebut juga mengaku senang melihat Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket. Menurutnya ini menjadi bukti bola basket di Indonesia berkembang pesat.

"Saya kira bagus, karena saya pikir basket tumbuh secara cepat di Indonesia, tapi bukan hanya di sini saya kira tetapi juga di asia dan secara global. Asia sudah menjadi bagian dari besar dari perkembangan bola basket dunia dalam 20 tahun terakhir," tegas Scola.

"Kita bisa lihat China, Jepang, Filipina dan sekarang Indonesia masuk juga dalam grup tersebut jadi saya pikir ini bagus untuk basket secara umum, globalisasi, bagaimana menyebarkan permainan dan saya senang berada di sini. Dan saya pikir di Indonesia ini tempat yang bagus untuk bisa mengembangkan bola basket di masa depan," lanjut Scola.


Rekam Jejak Luis Scola

Selama ini Scola dikenal sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah FIBA World Cup. Pria yang cukup lama main di NBA itu tampil di lima edisi Piala Dunia Bola Basket pada 2002, 2006, 2010, 2014 dan 2019. Scola total tampil 41 kali di FIBA World Cup dengan mencetak 716 poin.

Torehan 716 poin merupakan yang terbanyak kedua dalam sejarah FIBA World Cup. Scola juga memegang rekor pemain paling sering tampil di FIBA World Cup bersama pemain Brasil, Ubiratan Pereira Maciel.

Luis Scola telah memenangkan total 13 medali yang luar biasa dalam kompetisi FIBA utama. Dia memenangkan AmeriCup dua kali dan juga memenangkan medali emas di Olimpiade 2004. Dia mencapai pertandingan final Piala Dunia Bola Basket FIBA dua kali pada tahun 2002 dan 2019 dan merupakan pencetak gol terbanyak pada edisi 2010.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya