Pecat Massimiliano Allegri, Ini Kandidat Pelatih Anyar Juventus

Juventus memberhentikan Massimiliano Allegri dari kursi pelatih hanya beberapa hari setelah menjuarai Coppa Italia 2023/24.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 18 Mei 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2024, 17:00 WIB
Foto: Banyak Hamburkan Uang, Berikut 5 Pelatih Paling Boros Selama Bursa Transfer Sejauh Ini
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri melambaikan tangan sebelum pertandingan Liga Italia 2022/2023 antara Juventus melawan Sassuolo di stadion Juventus, Turin pada 15 Agustus 2022. Allegri tercatat menjadi salah satu pelatih paling boros di bursa transfer, yaitu 1,08 miliar Euro. Pada periode pertamanya di Juventus, Allegri mendapat kucuran dana besar. Dia bisa merekrut Cristiano Ronaldo seharga 117 juta euro dan Gonzalo Higuain senilai 90 juta euro. Allegri juga mengeluarkan banyak uang saat bekerja di AC Milan. Pembelian termahalnya di San Siro adalah Zlatan Ibrahimovic pada 2011 seharga 24 juta euro. (AFP/Marco Bertorello)

Liputan6.com, Jakarta - Juventus memberhentikan Massimiliano Allegri dari kursi pelatih hanya beberapa hari setelah menjuarai Coppa Italia 2023/24.

Melalui situs resmi klub, Juventus mengumumkan pemecatan Allegri dengan Serie A musim ini masih menyisakan dua pertandingan. Namun, Allegri tidak bisa mendampingi tim di sisi lapangan karena terkena hukuman disiplin.

Si Nyonya Tua merujuk perilaku Allegri yang mendapat kartu merah selepas kemenangan 1-0 atas Atalanta, Kamis (16/5/2024) dini hari WIB. Allegri dilaporkan juga bertengkar dengan Direktur Olahraga Juventus Cristiano Giuntoli dan jurnalis pada perayaan juara.

"Keputusan diambil setelah ia melakukan tindakan yang tidak terpuji di final Coppa Italia, di mana klub melihat tindakannya itu tidak selaras dengan nilai-nilai yang dianut Juventus," tulis keterangan resmi klub.

Pemecatan ini mengakhiri masa jabatan kedua pelatih berusia 56 tahun itu sebagai pelatih Juventus. Pada kurun waktu hampir tiga musim, Allegri hanya bisa mempersembahkan satu gelar Coppa Italia.

Rapor itu kontras dengan kebersamaan pertama kedua pihak. Allegri membawa Juventus merebut lima Scudetto secara beruntun pada 2014 hingga 2019, plus empat titel Coppa Italia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pelatih Incaran Juventus

Foto: Mikel Arteta dan Sederet Pelatih Top yang Masih Berusia Muda di Liga Eropa pada Musim Ini
Thiago Motta masuk radar Juventus. (AFP/Marco Bertorello)

Juventus akan memulai pencarian pelatih baru. Thiago Motta dikabarkan menjadi target utama. Motta membangun reputasi usai membawa Bologna lolos Liga Champions musim depan. Bologna berpeluang menduduki peringkat tiga klasemen akhir Liga Italia jika memenangkan dua laga terakhir.

Untuk sementara Adrien Rabiot dan kawan-kawan bakal ditangani manajer interim Paolo Montero.

 


Usai Juventus, Allegri Cari Pekerjaan Baru

Foto: 5 Pelatih yang Sedang Diterpa Badai Tekanan di Klubnya
Juventus menjalani start yang buruk pada musim ini. Meski sukses menang 4-0 atas Empoli, skuad Massimiliano Allegri masih tertinggal di posisi kedelapan klasemen Liga Italia dengan raihan 19 poin. Si Nyonya Tua juga harus angkat kaki dari fase gugur Liga Champions usai dikalahkan Benfica 3-4 pada laga lanjutan Grup H. (AFP/Marco Bertorello)

Allegri sendiri semestinya tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan baru. Raksasa Jerman Bayern Munchen yang juga sedang mencari nakhoda bisa jadi opsi terbaiknya.

"Saya berharap dia mendapat kesempatan bekerja di Inggris. Tapi Bayern Munchen adalah opsi terbaik. Mereka adalah Juventus-nya Jerman. Allegri sosok tepat untuk mengembalikan kejayaan Bayern Munchen," ungkap mentor Allegri, Giovanni Galeone.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya