Bertanding Ketat dan Sengit Lawan Jakarta BIN, Jakarta Electric PLN Boyong Runner Up PLN Mobile Proliga 2024

Jakarta Electric PLN boyong runner up PLN Mobile Proliga 2024 setelah kalah dramatis dari Jakarta BIN pada laga final di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7).

oleh Bogi Triyadi diperbarui 21 Jul 2024, 16:09 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 15:03 WIB
Jakarta Electric PLN - PLN Mobile Proliga 2024 - Proliga 2024 - Proliga
Pemain Jakarta Electric PLN menerima piala setelah menjadi runner up PLN Mobile Proliga 2024. (foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Electric PLN menjadi runner up PLN Mobile Proliga 2024 setelah hampir comeback saat melawan Jakarta BIN pada babak grand final di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7). Sempat tertinggal di dua set awal, Jakarta Electric PLN menyamakan keduia menjadi 2-2 pada dua set berikutnya.

Namun, Yolla Yuliana dan kawan-kawan gagal menutup set kelima dan harus merelakan gelar juara ke Jakarta BIN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan rasa haru dan apresiasi atas kerja keras serta perjuangan yang telah ditunjukkan para pemain Jakarta Electric PLN sejak pertandingan pertama hingga grand final.

"Terima kasih telah berjuang mengharumkan nama PLN. Seluruh pemain sudah bekerja keras dan mendapatkan hasil yang beyond expectation," kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, capaian ini juga bisa tercapai berkat dukungan seluruh insan PLN dan masyarakat pecinta voli Indonesia. Dirinya pun meyakini, capaian ini akan membuat banyak pemain Jakarta Electric PLN yang bisa memperkuat tim nasional Indonesia.

"Jakarta Electric PLN ini dibentuk untuk menjadi wadah pembinaan sehingga menghasilkan atlet-atlet yang membanggakan," ucap Darmawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penghargaan Individu

Jakarta Electric PLN
Tiga pemain Jakarta Electric PLN berhasil meraih gelar individu pada PLN Mobile Proliga 2024, yaitu Marina Markova (kanan) sebagai server terbaik, Eris Septia (dua dari kanan) sebagai libero terbaik, dan Tisya Amallya (tiga dari kanan) sebagai setter terbaik. (foto: istimewa)

Pada PLN Mobile Proliga ini, beberapa pemain Jakarta Electric PLN juga berhasil meraih gelar individu. Antara lain Marina Markova menjadi Best Server, Eris Septia sebagai Best Libero, dan Tisya Amallya dinobatkan sebagai Best Setter.

Pelatih Kepala Jakarta Electric PLN Chamnan Dokmai sangat bangga dengan capaian yang diraih oleh anak asuhnya. Dari waktu ke waktu permainan anak asuhnya terus meningkat hingga bisa menjadi runner up.

"Kuncinya adalah tekad. Semua pemain kami menjadi satu dan memiliki tekad kuat untuk menampilkan yamg terbaik. Namun, hasil akhir memang belum berpihak pada tim kami," tutur Chamnan.

 


Jalannya Pertandingan

Marina Markova - Jakarta Electric PLN - PLN Mobile Proliga 2024 - Proliga 2024 - Bola Voli
Pemain Jakarta Electric PLN Marina Markova melakukan smash keras saat menghadapi Jakarta BIN pada Grand Final PLN Mobile Proliga 2024 di Indonesia Arena, Jakarta pada Sabtu (20/7). (foto: istimewa)

Pada set pertama, Jakarta Electric PLN belum tampil lepas. Pelatih Jakarta Electric PLN Chamnan Dokmai terpaksa mengambil time out cepat saat timnya tertinggal dengan skor 2-5.

Hingga paruh babak pertama, Jakarta Electric PLN masih sering menerima bola pertama yang kurang bagus sehingga membuat serangan tidak efektif. Jakarta Electric PLN tertinggal dengan skor 9-16 dan mengakhiri set dengan skor 21-25.

Pada set kedua, permainan berjalan sengit dan kedua tim saling berbalas poin. Memasuki technical time out pertama, Jakarta BIN unggul dengan 7-8.

Pada paruh set kedua, Jakarta Electric PLN mampu bermain lebih rapi dan menekan, sehingga membuat mereka unggul dengan skor 16-12. Namun, Jakarta Electric PLN kembali kehilangan fokus dan tertinggal dengan skor 21-19. Smash keras pemain Jakarta BIN, Kara Bajema menutup skor set kedua dengan 20-25.

Pada awal set ketiga, permainan kembali berlangsung ketat. Memasuki technical time out pertama, Jakarta BIN unggul 7-8. Pemain Jakarta Electric PLN kembali kehilangan fokus jelang akhir set yang membuatnya tertinggal 16-19.

Di akhir set, block Jakarta Electric PLN mampu menahan serangan Jakarta BIN dan membuat kedudukan 22-21. Jakarta Electric PLN berhasil memenangkan set ketiga. Pukulan Yolla Yuliana menutup set ketiga dengan skor 25-23 dan pertandingan berlanjut ke set keempat.

Memulai set keempat, pertandingan berjalan alot. Kedua tim saling membalas serangan. Pada technical time out pertama, Jakarta BIN unggul tipis 7-8.

Pada paruh set keempat, Jakarta Electric PLN mampu mengurangi kesalahan sendiri dan tampil lebih efektif sehingga berbalik unggul menjadi 12-10. Memasuki akhir set, Jakarta Electric PLN semakin tampil solid serta berhasil memperlebar jarak dengan skor 22-16 dan menutup set dengan skor 25-21. Ini membuat kedua tim harus bermain full set untuk menentukan juara.

Pada set kelima, kedua tim bermain sama-sama solid. Smash keras Jakarta Electric PLN, Nurlaili tak mampu dihadang oleh pemain Jakarta BIN dan menutup paruh set kelima dengan skor 8-6.

Jakarta Electric PLN sempat meraih set point terlebih dahulu dengan skor 14-12, namun block rapat dari Jakarta BIN mampu membuat kedudukan menjadi 14-14. Kete/nangan menbuat Jakarta BIN akhirnya menutup pertandingan dengan skor 17-15.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya