Bidik Tiket BWF World Tour Finals, Fajar Alfian Ingin Maksimalkan Sisa Turnamen 2024

Atlet ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian berharap ia dan tandemnya, Muhammad Rian Ardianto, mampu memaksimalkan sisa turnamen di kalender 2024 demi mewujudkan misi merebut tiket BWF World Tour Finals.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 26 Sep 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2024, 22:00 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto - China Open 2024 - Bulu Tangkis
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ingin memaksimalkan sisa pertandingan 2024 agar bisa lolos ke BWF World Tour Finals. (foto: PP PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Atlet ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian berharap ia dan tandemnya, Muhammad Rian Ardianto, mampu memaksimalkan sisa turnamen di kalender 2024 demi mewujudkan misi merebut tiket BWF World Tour Finals.

Hal itu lantaran pemuda berusia 29 tahun menyadari dia dan rekannya memang tak begitu menonjol dalam sejumlah turnamen terakhir. Tercatat, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto absen naik ke podium tertinggi sejak menjadi juara All England 2024 pada Maret lalu.

Setelahnya, Fajri hanya sempat mencapai babak final Singapore Open 2024, tetapi gagal menyabet gelar juara. Pebulu tangkis Indonesia harus puas dengan predikat runner-up usai kalah straight game 19-21 dan 14-21 dari wakil China He Ji Ting/Ren Xiang Yu di babak final.

Menanggapi situasi ini, Fajar Alfian menjelaskan ia dan Rian masih punya beberapa turnamen yang bisa dijadikan lahan poin di sisa tahun 2024. Mereka dalam waktu dekat dijadwalkan berangkat ke Finlandia dan Denmark untuk melakoni Arctick Open serta Denmark Open 2024.

Setelahnya, Fajar/Rian juga bakal ambil bagian dalam kejuaraan Korea Master, Kumamoto Masters, dan China Masters. Dia berharap agenda tersebut cukup untuk mengantar mereka tembus ke BWF World Tour Finals yang bakal digelar di China pada 11 sampai 15 Desember mendatang.

"Saya pribadi 2 minggu lagi akan berangkat ke Finlandia lalu Denmark. Di sisa akhir tahun ini, kemungkinan saya juga berangkat Korea Master, Kumamoto, dan China Masters di sisa pertandingan menuju World Tour Finals," ujar Fajar saat ditanyai dalam acara di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

"Semoga di sisa pertandingan itu, saya bisa mengumpulkan poin yang terbaik dan juara di seitap turnamen, dan semoga bisa lolos World Tour Finals di Desember nanti," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peringkat 6 Sektor Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto - China Open 2024 - Bulu Tangkis
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke perempat final setelaj menumbangkan Andreas Sondergaard/Jesper Toft dari Denmark. Fajar/Rian menang 21-15 dan 21-8 di Olympic Sports Center Gymnasium, Kamis (19/19/2024). (foto: PP PBSI)

Berdasarkan data yang di-update di situs resmi BWF per 24 September 2024, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kini menduduki peringkat 6 kategori tunggal putra dalam tabel peringkat road to BWF World Tour Finals 2024.

Angka tersebut turun satu tingkat dari yang sebelumnya, di mana Fajar/Rian menduduki peringkat 5. Tercatat, ganda putra Indonesia telah mengumpulkan total 62.920 poin dari berbagai pertandingan yang dilakoni sepanjang tahun ini.

Posisi tersebut masuk fluktuatif mengingat ada beberapa pertandingan yang masih akan masuk dalam perhitungan poin menuju BWF World Tour Finals 2024.


Wakil Indonesia Lain di BWF WTF 2024

Gregoria Mariska Tunjung - China Open 2024 - Bulu Tangkis
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung. (foto: PP PBSI)

Adapun selain Fajar/Rian, Indonesia punya beberapa wakil lain yang masih ada dalam persaingan menuju ajang BWF World Tour Finals 2024.

Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani berpeluang menyodok persaingan menyusul performa mereka yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir dan saat ini tengah duduk di peringkat 9 klasemen sementara.

Di nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung menduduki peringkat 8 setelah naik dua peringkat dengan perolehan poin 59.070. Sayangnya sektor tunggal putra terbilang cukup berat sebab Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie terlempar dari 10 besar.

Sementara itu nomor ganda putri masih bisa berharap pada Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi (peringkat 9), disusul Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (peringkat 4) untuk sektor ganda campuran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya