Tontowi/Natsir Akui Buat Kesalahan di Set Pertama

"Saat itu sebetulnya kami sudah unggul di game pertama, tapi kami banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri."

oleh Liputan6 diperbarui 11 Agu 2013, 07:06 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2013, 07:06 WIB
tantowi-liliana-buat-kesalahan-130811a.j
Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus susah payah meraih tiket final World Championships 2013. Juara All England 2012 dan 2013 ini harus bermain rubber game untuk mengalahkan unggulan kedua asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Tontowi/Liliyana menang 15-21, 21-18, serta 21-13 dalam pertandingan yang digelar di Tianhe Indoor Gymnasium, Guangzhou, Sabtu (10/8/13) malam WIB.

Kekalahan Tontowi/Liliyana di set pertama lebih disebabkan melakukan kesalahan sendiri. Padahal, merka sudah unggul 15-13. "Saat itu sebetulnya kami sudah unggul di game pertama, tapi kami banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri, jadi lawan bisa mengembangkan permainan," kata Liliyana usai pertandingan seperti dikutip Badminton Indonesia.

Di game kedua, Tontowi/Liliyana bermain lebih agresif dan mampu menang. "Dari awal kami sudah memimpin, kami tak mau terulang lagi kejadian di game pertama. Kami pun fokus satu demi satu poin. Akhirnya kami bisa menang dan di game ketiga pastinya lebih percaya diri," ucap Liliyana.

Pada game penentuan, Zhang/Zhao mulai balik tertekan. Saat skor 8-6 untuk Tontowi/Liliyana, Zhang memprotes keputusan hakim garis karena menganggap bola pengembalian Tontowi keluar lapangan. Namun, wasit tak mengindahkan protesnya.

Zhang yang kian kesal mencoba mengulur-ngulur waktu dan mengganti baju tanpa seizin wasit. Ia pun diganjar kartu kuning pada kedudukan 10-6 untuk keunggulan pasangan Indonesia. Tontowi/Liliyana tampaknya memanfaatkan situasi ini dan makin mengendalikan permainan hingga akhirnya meraih tiket ke final.

"Tontowi/Liliyana sebetulnya sudah bermain dengan benar, tapi sayang ada kesalahan-kesalahan tidak perlu di game pertama. Tontowi/Liliyana juga tidak bermain dalam tekanan," ujar Nova Widianto, Asisten Pelatih Ganda Campuran PBSI.

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1coKmqv">MU Coret Wayne Rooney</a>
* <a href="http://bit.ly/14j2GYg">Aksi Boikot Gareth Bale</a>
* <a href="http://bit.ly/14j2YOO">Jelang Community Shield Kondisi Dua Andalan MU Diragukan</a>
* <a href="http://bit.ly/16D5pyC">Hendra Setiawan Punyak Banyak Penggemar di China</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/1cSqtWA"&gt;Duh... Cantiknya Istri Ketiga Pemilik Liverpool&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya