Barca Kalah Penguasaan Bola, Ini Alasan Tata Martino

Kegagalan Barca menguasai penguasaan bola tak lepas dari perubahan gaya main yang diterapkan pelatih baru Gerardo Martino.

oleh thomas diperbarui 22 Sep 2013, 10:54 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2013, 10:54 WIB
tata-martino-130922b.jpg
Barcelona dinihari tadi berhasil menang 4-0 kala dijamu Rayo Vallecano. Yang jadi sorotan utama di laga tersebut bukanlah skor besar yang kembali dicatat Barca, melainkan kali pertama Los Azulgranas gagal memenangi penguasaan bola sejak tahun 2008 lalu.

Lionel Messi cs cuma menguasai bola 49 persen, sedangkan Vallecano 51. Terakhir kali Barca kalah dalam penguasaan bola saat dilumat Real Madrid 1-4 di Santiago Bernabeu pada Mei 2008. Saat itu Barca masih ditangani oleh Frank Rijkaard.

Kegagalan Barca menguasai penguasaan bola tak lepas dari perubahan gaya main yang diterapkan pelatih baru Gerardo Martino. Pria Argentina itu lebih menekankan pemain belakang dan kiper Victor Valdes melepaskan umpan jauh ketimbang memainkan tiki-taka.

Martino punya alasan tersendiri mengapa Barca kali ini kalah penguasaan bola. "Rayo banyak menekan kami dan kadangkala sulit untuk membangun permainan dari area pertahanan anda sendiri dan kami beralih dengan umpan jauh. Pada tipe pertandingan ini, ketika tekanan begitu kuat, itu perlu sehingga dapat memenangkan bola kedua," terang Tata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya