Cek Fakta: Tidak Benar Anies Batal Pasang Masker di Patung Jenderal Sudirman karena Dianggap Tak Waras

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman karena dianggap tidak waras.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 24 Agu 2020, 16:00 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2020, 16:00 WIB
Penelusuran klaim Anies Batal Pasang Masker di Patung Jenderal Sudirman karena Dianggap Tak Waras
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman karena dianggap tidak waras.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman karena dianggap tidak waras oleh warga Jakarta.

Klaim Anies batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman karena dianggap tidak waras oleh warga Jakarta diunggah akun Facebook Tokoh Nasional Indonesia, pada 22 Agustus 2020.

Akun tersebut mengunggah tangkapan layar sebuah artikel media online yang dimuat, pada 19 Agustus 2020 dengan judul sebagai berikut:

"Karena di anggap tidak waras oleh warga Jakarta Anies batal pasang masker di patung Jenderal Sudirman"

Unggahan tersebut kemudian diberi keterangan sebagai berikut:

"NO COMENT AH....."

Benarkah Anies batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman karena dianggap tidak waras oleh warga Jakarta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman karena dianggap tidak waras oleh warga Jakarta menggunakan Google Search dengan kata kunci 'anies batal pasang masker di patung jenderal sudirman'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Anies Batal Pasang Masker di Patung Pahlawan Jenderal Sudirman Hari Ini, Berikut Ini Penyebabnya" yang dimuat situs wartakota.tribunnews.com, pada 19 Agustus 2020.

Dalam artikel situs wartakota.tribunnews.com Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, rapat yang digelar di Biro KDH akan memutuskan jadi atau tidaknya Anies memasang masker di patung pahlawan Kemerdekaan RI tersebut.

Hal ini mempertimbangkan kepadatan lalu lintas yang biasa terjadi di Jalan Jendral Sudirman pada sore hari.

“Jadi rencananya sudah ada (pemasangan masker), tapi kami pelajari juga karena sore takutnya mengganggu lalu lintas juga,” ujar Satriadi.

Penelusuran dilanjutkan dengan mencocokan tangkapan layar klaim artikel, hasil penelusuran juga mengarah pada artikel "Anies Batal Pasang Masker di Patung Pahlawan Jenderal Sudirman Hari Ini, Berikut Ini Penyebabnya" yang dimuat situs wartakota.tribunnews.com.

Artikel tersebu memuat foto ilustrasi yang identik dengan klaim yaitu foto Anies yang disandingkan dengan patung Jenderal Sudirman, selain itu juga terdapat kesamaan pada waktu penayangan artikel. Namun, terdapat perbedaan pada judul dan jenis tulisan.

klaim Anies batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim Anies batal memasang masker di patung Jenderal Sudirman karena dianggap tidak waras oleh warga Jakarta tidak benar.

Kegiatan tersebut dibatalkan karena mempertimbangkan kepadatan lalu lintas di lokasi pemasangan masker.

Tangkapan layar klaim pun telah mengalami editan

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya