Berikut Cara Memilih Informasi yang Benar saat Pandemi Covid-19

Berikut cara memilih informasi yang pas di tengah pandemi Covid-19

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 04 Sep 2020, 12:00 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2020, 12:00 WIB
Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta- Informasi di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19) masih gencar beredar, namun belum diketahui kebenarannya. Sebab itu, khalayak harus jeli memilah agar tidak tersesar oleh informasi yang salah.

Berikut cara memilih informasi yang pas di tengah pandemi Covid-19 menurut Pegiat literasi media, Widiya Yutanti.

Pertama, bisa dilakukan dengan selalu mengecek sumber informasi terkait fakta peristiwa yang disampaikan media.

Kedua, jangan mudah percaya hoaks apalagi sampai ikut memproduksi dan menyebarkan hoaks.Serta, selalu berpikir positif dan optimis, karena dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

ketiga, tetap jaga hubungan baik dengan keluarga dan teman. Serta jalankan pola hidup sehat seperti jaga kebersihan diri dan lingkungan, makan makanan yang sehat, olah raga, dan lakukan hobi yang positif.

Keenam, menikuti anjuran pemerintah atau protokol pemerintah untuk tetap physical distancing atau jaga jarak. Ketujuh, saling menghargai, empati, jangan ada curiga dan stigmatisasi negatif. Terakhir, banyak beribadah dan berdoa.

Menurut Widiya, media juga memiliki peran strategis dalam menyampaikan fakta. Oleh karena itu,media harus tetap kritis dengan mengedepankan prinsip jurnalistik positivisme di tengah kondisi pandemi Corona Covid-19.

“Demikian pula pemerintah juga harus dapat membangun komunikasi publik yang baik sehingga muncul kepercayaan masyarakat dan tindakan irasional, apatis, serta kriminal bisa dicegah,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya