Cek Fakta: Tidak Benar Instagram Ubah Algoritma Dengan Batasi Jangkauan Akun

Beredar di media sosial postingan terkait Instagram yang mengubah algoritmanya dengan membatasi jangkauan akun. Postingan ini kembali ramai dibagikan pada pekan ini.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 11 Mar 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2022, 15:00 WIB
Cek Fakta Instagram
Cek Fakta Instagram batasi jangkauan akun.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait Instagram yang mengubah algoritmanya dengan membatasi jangkauan akun. Postingan ini kembali ramai dibagikan pada pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Instagram. Akun itu mengunggahnya pada 28 Februari 2022/

Dalam postingannya terdapat tulisan sebagai berikut:

"Pengumuman! Instagram kembali mengubah algoritmanya, sekarang hanya 5% followers yang bisa melihat postingan kami.

Jika kamu melihat postingan ini, tulis komen "yes" dan like.

Dengan begitu diharapkan Instagram akan kembali menampilkan postingan kami di beranda Anda semuanya"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Instagram mengubah algoritmanya dengan membatasi jangkauan akun?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan klaim serupa telah beredar sejak 2019. Instagram sendiri telah membantah hal tersebut dengan mengunggah postingan di akun Twitter resminya pada 23 Januari 2019.

Berikut isi postingan Instagram:

"Kami melihat ada banyak postingan terkait Instagram yang membatasi jangkauan foto hanya menjadi tujuh persen dari followers Anda. Kami dengan senang hati akan menjelaskannya," bunyi pernyataan Instagram di Twitter.

"Apa yang muncul dalam feed pertama Anda tergantung dari postingan dan akun lain yang paling sering berinteraksi dengan Anda. Selain itu ada faktor kontribusi lain seperti ketepatan waktu postingan, seberapa sering Anda memakai Instagram, dan berapa orang yang Anda ikuti,"

"Kami belum membuat perubahan apa pun pada rating feed, dan kami tidak pernah menyembunyikan posting dari orang yang Anda ikuti, Jika Anda terus scroll ke bawah, Anda akan melihat semuanya. Sekali lagi, feed Anda dipersonalisasi untuk Anda dan berkembang seiring waktu berdasarkan cara Anda menggunakan Instagram."

Terkait perubahan terbaru pada Instagram pernah ditulis pada artikel berjudul "Tampilan Feed Instagram Sesuai Kronologi Bakal Diterapkan Awal 2022" yang tayang 13 Desember 2021 di Liputan6.com. Berikut isi artikel tersebut:

"Liputan6.com, Jakarta - Bos Instagram Adam Mosseri sebelumnya menjanjikan tampilan feed Instagram akan dikembalikan sesuai kronologi atau waktu unggah.

Ia pun mendapatkan banyak pertanyaan mengenai bagaimana Instagram akan menerapkan perubahan ini.

Melalui Stories, ia menjawab pertanyaan warganet. Mosseri mengatakan, perusahaan tengah menguji dua versi fitur tampilan feed. Ia menyebut, versi tampilan feed Instagram ditargetkan untuk segera dirilis awal 2022.

"Versi pertama feed kronologikal memungkinkan pengguna memilih konten favorit mereka untuk ditampilkan sesuai kronologi atau waktu unggah," kata Mosseri, dikutip dari The Verge, Senin (13/12/2021), .

Sementara versi kedua akan memungkinkan pengguna melihat unggahan dari semua akun yang diikuti sesuai kronologi atau waktu unggah.

Kendati demikian, Adam Mosseri tidak menyebutkan bagaimana rekomendasi unggahan bakal diselingi ke tampilan feed berbasis kronologi ini.

Mosseri juga memperjelas, perusahaan tidak akan membuang feed yang ditampilkan berdasarkan algoritma Instagram.

Penjelasan Mosseri ini memperjelas bahwa Instagram akan menerapkan metode tampilan feed yang sama dengan yang ditampilkan oleh Twitter. Di mana pengguna bisa memilih versi mana yang mereka sukai untuk menampilkan feed atau cuitan.

"Kami tidak beranjak dari pemeringkatan, kami akan memberi pengguna pilihan untuk menampilkan feed sesuai kronologis atau sesuai algoritma," kata Mosseri.

"Kami percaya, pemeringkat (algoritma berdasarkan preferensi konten pengguna) akan membantu kami menghubungkan orang-orang dengan konten yang paling penting untuk mereka," tuturnya."

Sumber:

https://www.liputan6.com/tekno/read/4737601/tampilan-feed-instagram-sesuai-kronologi-bakal-diterapkan-awal-2022

https://twitter.com/instagram/status/1087853297036275712?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1087853297036275712%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Fcek-fakta%2Fread%2F4461939%2Fcek-fakta-instagram-ubah-algoritma-postingan-foto-simak-fakta-sebenarnya


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan yang mengklaim Instagram mengubah algoritmanya dengan membatasi jangkauan akun adalah tidak benar.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya