Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Kebakaran Kilang Pertamina Dumai

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 03 Apr 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2023, 15:00 WIB
Tangkapan layar klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai
Penelusuran klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.

Unggahan klaim foto kilang Pertamina Dumai kebakaran tersebut menampilkan kobaran api di sertai kepulan asap di antara pepohonan dan tiang listrik dan siluet seorang yang sedang mengangkat satu tangannya. Foto tersebut diambil dalam kondisi perncahayaan yang minim.

Selain foto, akun Facebook tersebut juga mengunggak tiga video.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sahabat Bang AS( Ashari )Turut berduka cita atas peristiwa di kilang pertamina RU II kota dumai, , smg menjadi pelajaran bagi RU & bagi pekerja di manapun berada untuk Tetap Safety, turut berduka cita kpd korban, kpd masyarakat yang dampak secara materi, dan yang terdampak Trauma, smg jadi peristiwa yg terakhir, berkah selalu kota bertuah.. 😇"

Benarkah klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai, dengan menangkap layar untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Tangkapan layar Google Image untuk menelusuri klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai</p>

Hasil penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya adalah artikel berjudul "Kebakaran Balongan, 5 Orang Luka Berat dan 23 Luka Ringan" yang dimuat situs cnnindonesia.com, pada 29 Maret 2021.

 

<p>Tangkapan layar artikel CNN Indonesia hasil penelusuran menggukan Google Image</p>

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Warga mengambil video kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3). (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)"

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Ini profil kilang Balongan Pertamina yang terbakar" yang dimuat situs sultra.antaranews.com, pada Senin, 29 Maret 2021.  

 

<p>Tangkapan layar situs sultra.antaranews hasil penelusuran menggunakan Google Image untuk klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai</p>

Foto yang dimuat situs sultra.antaranews.com diberi keterangan sebagai berikut.

"Warga mengambil video dengan gawai miliknya saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp."

 

 Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210329075033-20-623207/kebakaran-balongan-5-orang-luka-berat-dan-23-luka-ringan.

https://sultra.antaranews.com/berita/376390/ini-profil-kilang-balongan-pertamina-yang-terbakar


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto kilang Pertamina Dumai kebakaran tidak benar.

Perisitiwa dalam foto tersebut adalah kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya