IFCN Sesalkan Serangan Terhadap Jurnalis Faktograf di Kroasia

Seorang jurnalis media Kroasia, Faktograf Melita Vrsaljko mengalami serangan fisik saat mengerjakan sebuah film dokumenter, IFCN mengutuk serangan tersebut.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 18 Jul 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 10:30 WIB
The International Fact-Checking Network (IFCN). (sumber: poynter.org)
The International Fact-Checking Network (IFCN). (sumber: poynter.org)

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan Pengecek Fakta Internasional (IFCN) menyesalkan serangan terhadap seorang jurnalis media Kroasia, Faktograf yakni Melita Vrsaljko. Faktograf merupakan salah satu media massa yang tergabung dalam jaringan IFCN.

Melita Vrsaljko mengalami serangan fisik saat mengerjakan sebuah film dokumenter, yang akan diproduksi bersama oleh Portal Iklim Faktograf. Motif serangan tersebut diduga untuk menghalangi Vrsaljko meliput investigasi pembuangan sampah ilegal dan kerusakan lingkungan. Liputan yang dibuat Vrsaljko masuk dalam finalis di GlobalFact Awards tahun ini.

Di Kroasia, Faktograf pernah menghadapi ancaman dan pelecehan serupa, meski tidak pernah mengalami kekerasan fisik.  Pendiri dan Direktur Eksekutif Faktograf, Ana Brakus mengaku, tim peliputannya beberapa kali mendapat ancaman dari orang yang tidak dikenal. Hal ini terkait dengan liputan invesitasi yang diproduksi timnya. 

"Dia (Melita Vrsjalko) adalah jurnalis dan pembuat film pemenang penghargaan, pekerja keras dan jujur, yang sepenuhnya berdedikasi untuk menyediakan jurnalisme berkualitas tinggi kepada publik," kata Brakus dikutip dari poynter.org, Kamis (18/7/2024).

"Faktograf akan memberikan dukungan sepenuh hati kepada Melita, dan kami meminta Anda untuk ikut mengutuk tindakan mengerikan ini," tambah Brakus.

IFCN turut mengutuk serangan tersebut melalui pernyataan Jaringan Standar Pengecek Fakta Eropa, yang mewakili pemeriksa fakta di Eropa. Faktograf telah menjadi bagian dari IFCN sejak 2017 dan anggota EFSCN yang terverifikasi sejak 2023.

IFCN berdedikasi untuk mendukung kebebasan pers dan pemeriksa fakta secara global. Faktograf adalah anggota komunitas pemeriksa fakta internasional punya reputasi yang baik, dan jurnalisnya harus bebas mempublikasikan investigasi dan pengecekan fakta mereka tanpa ancaman pembalasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya