Diplomatic Course Membuka Rangkaian HIFest 2014

Tahun ini KOMAHI UMY mengadakan Hubungan Internasional Festival atau HIFest 2014

oleh Karmin Winarta diperbarui 19 Mei 2014, 09:35 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2014, 09:35 WIB
Diplomatic Course Membuka Rangkaian HIFest 2014
Tahun ini KOMAHI UMY mengadakan Hubungan Internasional Festival atau HIFest 2014

Citizen6, Yogyakarta Tahun ini Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) mengadakan Hubungan Internasional Festival atau HIFest 2014 yang berisi empat agenda besar dan sebagai agenda pembuka HIFest tahun ini adalah digelarnya Diplomatic Course and Table Manner (DCTM) dari tanggal 10-13 Mei 2014 di UMY dan Hotel Santika. DCTM ini diikuti oleh lebih dari seratus peserta yang berasal dari berbagai jurusan.

"Tahun ini KOMAHI UMY mengadakan HIFest yang berisi empat agenda besar dan DCTM ini sebagai agenda pembuka. Kemudian agenda berikutnya yakni International Relations Debate Tournament (IRDT) yang bisa diikuti oleh siswa SMA, kemudian ada UMY Scholarship Day 2014, dan sebagai acara penutup HIFest akan diadakan Music Concert yang pastinya akan mengguncang kampus kita ini.” kata Muhammad Soim, Ketua Panitia HIFest 2014 di Gedung AR Fachrudin B lantai lima, UMY Selasa, (13/5/14).

Untuk menyelenggarakan Diplomatic Course ini KOMAHI UMY kembeli bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada Model United Nations Community (UGM MUN Community) sebagai pemandu dan chair demi lancarnya kegiatan Diplomatic Course ini. Tujuan diadakannya Diplomatic Course ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa Hubungan Internasional khususnya dan mahasiswa lain pada umumnya bagaimana cara para pemimpin negara bersidang di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Merasa sangat terhormat bisa diundang ke acara Diplomatic Course UMY. Acara semacam ini sangat berguna untuk mahasiswa HI khususnya karena bisa belajar dan tahu bagaimana caranya pemerintah atau institusi global bekerja di United Nations. Dengan acara ini mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan dan mengimplementasi teknik-teknik diplomasi dan teknik persuasi dalam bernegosiasi memutuskan atau menciptakan sebuah kebijakan.” ujar Rezha Bayu Oktavian Arief, salah satu chair sidang Diplomatic Course UMY 2014 saat ditemui disela-sela acara.

Lanjut Bayu, diharapkan kepada UMY dan kepada KOMAHI khususnya kedepannya bisa membentuk sebuah komunitas MUN di UMY ini. Karena Bayu melihat banyak sekali potensi-potensi mahasiswa UMY yang sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Dengan dibentuknya komunitas MUN di UMY nantinya akan mempermudah dalam hal berkoordinasi dan mungkin jika dimasa depan komunitas MUN di UMY terbentuk bisa menggelar acara Diplomatic Course bersama.

Penulis :
Bryan Bimantoro
Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta
Twitter : @bryanbmntro

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID


Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya