6 Alasan Keren Kenapa Harus Belajar Banyak Bahasa

Mempelajari bahasa asing ternyata memiliki banyak keuntungan. Tak hanya menunjang karir juga menambah kemampuan kecerdasan otak.

oleh Mulyono Sri Hutomo diperbarui 28 Jun 2016, 04:00 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2016, 04:00 WIB
Enam Alasan Keren Kenapa Harus Belajar Bahasa Asing
Mempelajari bahasa asing ternyata memiliki banyak keuntungan. Tak hanya menunjang karir juga menambah kemampuan kecerdasan otak.

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang bahas asing, berapa bahasa yang anda kuasai? Bahasa Indonesia, bahasa daerah sebagai bahasa ibu dan bahasa Inggris yang dipelajari di sewaktu sekolah. Tiga bahasa itu mungkin menjadi jawaban dari pertanyaan tadi.

Baca Juga

Lalu mengapa sejak umur belasan tahun, kita dicekoki pelajaran bahasa asing? Entah di sekolah atau melalui bangku perkuliahan?

Ternyata mempelajari bahasa asing mempunyai banyak keuntungan. Tak hanya menunjang pendidikan dan karir, mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan pemahaman kebudayaan bangsa lain.

Berikut enam alasan keren kenapa harus mempelajari bahasa asing, yang dilansir dari laman media Deutsche Welle, Senin (27/6/2016) :

1. Meningkatkan Karir di Tempat Kerja

Kemampuan bahasa asing dapat meningkatkan karir di tempat kerja

Kerjasama ekonomi telah terjalin antar bangsa. Kesepakatan perdagangan bebas, jamak ditemukan dalam sebuah kantor terdiri dari berbagai kebangsaan.Hubungan antar negara mendorong terbentuknya pekerjaan yang perlu kemampuan multilingual, dan itu bisa di berbagai bidang.

Sehingga orang yang punya kemampuan bicara dalam beberapa bahasa punya kesempatan lebih baik untuk membangun karir. Di AS misalnya, orang yang bisa bahasa asing mendapat gaji 5% sampai 25% per jam lebih banyak daripada mereka yang tidak bisa bahasa asing.

2. Memperbaiki Kemampuan Kognitif Otak

Pelajar atau mahasiswa yang mampu berbicara dalam beberapa bahasa biasanya mendapat angka lebih bagus daripada rekan-rekannya yang hanya bisa berbicara satu bahasa. Menurut Dr. Thomas Bak dari Universitas Edinburgh,Jerman, kemampuan berbicara dalam beberapa bahasa mendorong perbaikan kemampuan kognitif.

Simak kelanjutan enam alasan keren kenapa harus mempelajari bahasa asing dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Awas, 6 Kebiasaanmu Ini Mengerikan Buat Otak 

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Lakukan Puasa Seks 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya