Mengintip Indahnya Matahari Terbenam di Candi Boko Yogyakarta

Berkunjung ke Yogyakarta, wajib rasanya untuk melihat keunikan sebuah Kraton kuno yang berada di Kabupaten Sleman

oleh Angga Utomo diperbarui 07 Okt 2016, 08:35 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2016, 08:35 WIB
Candi Boko
Mengintip Indahnya Matahari Terbenam di Candi Boko Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta Berkunjung ke Yogyakarta, wajib rasanya untuk melihat keunikan sebuah keraton kuno yang berada di Kabupaten Sleman, yang disebut dengan Keraton Ratu Boko. Banyak orang menyebut Keraton Ratu Boko ini dengan sebutan Candi Boko. Berdasarkan sejarah, Keraton Ratu Boko dibangun pada abad ke-9, dan baru ditemukan keberadaannya di abad ke-18.

Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian permaisuri, hingga pagar pelindung.

Candi Ratu Boko

Berbeda dengan keraton lain di Jawa yang umumnya didirikan di daerah yang relatif landai, situs Ratu Boko terletak di atas bukit dengan ketinggian 196 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke sini kita juga harus menaiki puluhan anak tangga terlebih dahulu. Karena berlokasi di atas bukit, hawa sejuk dengan suguhan pemandangan yang indah dapat kita nikmati di sini.

Candi Ratu Boko

Tak sedikit wisatawan yang menghabiskan waktu sore mereka untuk bersantai di Keraton Ratu Boko. Bahkan puluhan wartawan asing yang mengikuti Fam Trip 2016 sebagai rangkaian HUT Kota Yogyakarta ke-260 juga menghabiskan waktu mereka di sini untuk menikmati suasana terbenamnya matahari.

Jadi bagi Anda yang akan menghabiskan akhir pekan di Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mampir ke Keraton Ratu Boko sambil berfoto selfie.


Penulis:

Zulfikar Naghi

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya