2 Video Jurnalis Warga Juara Kompetisi Indonesia Go Pertamina

Kreatif, Dua Siswa SD di Solo Ciptakan Kancing Baju untuk Difabel & Inspiratif, Ibu Rumah Tangga di Surakarta Membuat Gerakan Sedekah Nasi.

oleh Angga Utomo diperbarui 12 Des 2016, 09:20 WIB
Diterbitkan 12 Des 2016, 09:20 WIB
Campus CJ
Indonesia Go Pertamina

Liputan6.com, Jakarta Kreatif, Dua Siswa SD di Solo Ciptakan Kancing Baju untuk Difabel

Dibalik kesulitan selalu ada peluang apabila kita kreatif mengubah hambatan menjadi sebuah solusi. Seperti yang dilakukan oleh 2 siswa kelas 5 SD Widya Wacana 2 Jamsaren Solo ini. Adalah Yesaya Sandya Putra Prabaswara dan Josephine Meisya Candrakanti yang berhasil menciptakan kancing baju khusus difabel. Karya yang dikerjakan secara mandiri ini dibuat pada Maret 2016 dan masuk dalam 18 Karya Terbaik dari 917 Karya yang masuk dalam Lomba Kalbe Junior Scientist Award 2016.

Berikut liputan jurnalis warga karya Is Ariyanto dari Kratonan, Serengan, Solo yang menjadi Juara 1 Kompetisi Jurnalis Warga : Indonesia Go Pertamina yang diselenggarakan oleh Liputan6.com bekerjasama dengan PT. Pertamina (Persero) untuk menginspirasi Indonesia.

http://forum.liputan6.com/t/video-indonesia-go-pertamina-kancing-difabel-sederhana-tapi-bermanfaat/56473

Inspiratif, Ibu Rumah Tangga di Surakarta Membuat Gerakan Sedekah Nasi Untuk Pak Becak Melalui Social Media

Berawal rasa keprihatinan melihat seorang pak Becak yang meninggal di atas becaknya karena kelaparan, seorang ibu rumah tangga di Solo tergerak hatinya untuk berbuat sesuatu. Niken Setiawati, ibu 3 orang putri di Surakarta mencentukan idenya melalui facebook pada Feb 2016 memberikan sarapan untuk pak becak. Menurutnya, mayoritas tukang becak di daerahnya sudah lanjut usia dan banyak masyarakat pengguna jasa becak tidak mau naik becak kalo pak becaknya sudah tua namun di satu sisi kalo tidak ada yang naik becak mereka tidak mendapatkan penghasilan, minimal untuk makan selama mereka bekerja di jalanan.

Gerakan Sedekah Nasi Untuk Pak Becak dilakukan setiap hari kecuali Jumat dan Minggu oleh Niken Setiawati dan para relawan lainnya untuk para tukang becak di Solo dan sekitarnya. Dalam satu minggu rata-rata mereka membagikan 100-200 bungkus. Simak kisah semangat berbagi dari seorang ibu rumah di Surakarta melalui liputan jurnalis warga karya Awhan Satriyo, Sukoharjo yang menjadi Juara 2 Kompetisi Jurnalis Warga : Indonesia Go Pertamina yang diselenggarakan oleh Liputan6.com bekerjasama dengan PT. Pertamina (Persero) untuk menginspirasi Indonesia.

http://forum.liputan6.com/t/video-indonesia-go-pertamina-sedekah-untuk-pak-becak-awhan-satriyo-sukoharjo-awhan24-gmail-com/56303

 

Penulis :

Tim Komunitas Liputan6.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya