Stray Kids, Grup K-Pop Baru yang Pecahkan Berbagai Rekor

Hampir sama seperti seniornya, Stray Kids juga ternyata tercipta dari acara kompetisi. Pada bulan Agustus 2017, pihak JYP mengumumkan acara yang nantinya akan membentuk grup tersebut.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 29 Mar 2018, 17:15 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2018, 17:15 WIB
Stray Kids. Credit: via kpoponfire.com
Stray Kids. Credit: via kpoponfire.com

Liputan6.com, Jakarta Keberhasilan dari para grup senior K-Pop seperti EXO, BTS, TWICE dan Blackpink membuat sederet agency dari kecil hingga besar berlomba untuk debut-kan boy & girl group versi mereka sendiri. Sama halnya dengan JYP Entertainment yang memang sudah sukses dengan grup fenomenal TWICE (debut tahun 2015). Sebagai pasangannya, tiga tahun kemudian, JYP pun memperkenalkan boy group Stray Kids kepada publik. Yuk kenalan dengan grup yang satu ini mulai dari perjuangan mereka hingga debut trending mereka!

 Awal Mula Terbentuknya Stray Kids

Sekarang ini dunia K-Pop memang sudah diwarnai dengan wajah-wajah baru. Setelah sukses dengan TWICE, JYP pun memutuskan untuk membentuk sebuah boy group. Hampir sama seperti seniornya, Stray Kids juga ternyata tercipta dari acara kompetisi. Pada bulan Agustus 2017, pihak JYP mengumumkan acara yang nantinya akan membentuk grup tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Stray Kids grup baru dari JYP Entertainment. Credit: via kprofiles.com
Stray Kids grup baru dari JYP Entertainment. Credit: via kprofiles.com

 

Acara tersebut rilis pada bulan Oktober 2017 dengan sebuah musik video bertajuk Hellevator yang juga dibawakan oleh para peserta. Uniknya, ajang kompetisi yang ditayangkan di Mnet juga memiliki judul 'Stray Kids'. Sembilan trainee yang berjuang demi debut sebagai idol adalah Bang Chan, Woojin, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N.

Meski acara tersebut merupakan sebuah kompetisi dan ada beberapa kontestan yang sempat tereliminasi, JYP memutuskan untuk debut-kan Stray Kids dengan 9 member. Dengan kata lain, semua trainee yang terlibat dalam perlombaan tersebut berhasil melangkah untuk debut sebagai seorang idol dalam grup tersebut.


Memiliki Impact yang Sama Dengan TWICE

Stray Kids terbentuk dari ajang kompetisi. Credit: via twitter.com/leefelix_sg
Stray Kids terbentuk dari ajang kompetisi. Credit: via twitter.com/leefelix_sg

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Stray Kids memang dihasilkan dari sebuah ajang kompetisi seperti TWICE (meski sedikit berbeda dari segi konsep dan berbagai hal) yang bertajuk SIXTEEN. Kedua acara ini memang berhasil menyita perhatian dari warga Korea Selatan hingga manca negara. Sama seperti dengan survival show lainnya yang kini memang tengah menjadi tren di sana.

Acara kompetisi seperti ini memang sukses membuat penonton jatuh cinta dengan setiap member yang terlihat. Karena itu pula, banyak dari mereka yang menjadi tahu perjuangan seorang trainee untuk bisa akhirnya debut menjadi seorang idol. Dari titik tersebut, debut dari TWICE dan Stray Kids sendiri memang sudah begitu dinantikan oleh penggemarnya.

Singkat kata, bisa dibilang kalau kedua grup ini memang sudah memiliki penggemar bahkan sebelum mereka debut resmi. Maka dari itu tak heran jika mereka langsung menuai prestasi yang tak biasa seperti grup pada umumnya. Setelah keberhasilan TWICE, kini giliran Stray Kids yang menunjukkan bakat dan pesona mereka memikat fans.


Pre-debut, Debut Resmi, & Genre Musik Berbeda

Single pre-debut Stray Kids yakni Hellevator. Credit: via kpopfans.ne
Single pre-debut Stray Kids yakni Hellevator. Credit: via kpopfans.ne

Penampilan perdana Stray Kids dalam musik video bertajuk Hellevator memang mengejutkan para fans dan penonton. Bagaimana tidak, Bang Chan cs menyuguhkan musik yang begitu berbeda dari genre yang biasanya dibuat oleh JYP Entertainment. Sedikit mengikuti alur pasar, mereka hadir dengan musik yang begitu up-beat dan gerakan tarian yang begitu enerjik.

Setelah acara 'Stray Kids' tersebut memasuki babak final, grup yang satu ini memang diumumkan akan debut dengan 9 member. Tak mau menunggu lama, pihak agency pun memutuskan untuk merilis album perdana mereka )yang bisa dibilang pre-debut) bertajuk Mixtape di bulan Januari 2018. Lagu Hellevator pun ikut masuk dalam album tersebut.

Tak selang waktu lama, pada tanggal 5 Maret 2018 kemarin, pihak JYP mengumumkan kalau Stray Kids akan menggelar debut showcase album mereka yang bertajuk I am Not. Acara yang digelar pada tanggal 25 Maret tersebut lantas diikuti dengan perilisan album dan debut resmi Stray Kids pada tanggal 26 Maret 2018. Selain itu, musik video untuk single mereka yakni District 9 juga ikut dirilis.


'District 9'

Dengan musik dan dance enerjik, Stray Kids debut lewat District 9. Credit: via soompi.com
Dengan musik dan dance enerjik, Stray Kids debut lewat District 9. Credit: via soompi.com

Semenjak musik video dari single District 9 dirilis, Stray Kids memang ramai menjadi perbincangan. Bang Chan cs memang mampu menunjukkan bakat mereka setelah melakukan masa pelatihan selama bertahun-tahun. Video dari lagu tersebut menghadirkan 9 member yang berada dalam sebuah tahanan dengan busana serba putih.

Musik video tersebut menggambarkan bagaimana para member Stray Kids berusaha keluar dari tahanan tersebut. Berhasil kabur, mereka pun lantas menikmati momen bebas mereka. Selain lagu yang begitu enerjik, deretan idol muda ini juga menunjukkan gerakan tarian rumit yang memang sebelumnya begitu jarang dilakukan oleh JYP Entertainment.

Untuk musiknya sendiri, District 9 begitu kental dengan lirik rap mereka. Dari situ pula, para member Stray Kids menunjukkan konsep grup yang menunjukkan sisi rookie monster. Banyak penggemar dari mereka yang sudah tak sabar menantikan penampilan Stray Kids di panggung berbagai acara musik.

Dari lirik lagu tersebut, ada kalimat jargon yang langsung melekat di hati penggemar yakni "Stray Kids everywhere all around the world". Hal ini juga dilakukan oleh grup Blackpink yang beberapa kali memasukkan kalimat ''Blackpink in your area" dalam beberapa lagu mereka.


Prestasi: Debut Trending - Kalahkan Rekor Wanna One!

Debutnya trending, Stray Kids kalahkan rekor Wanna One! Credit: via storysta.com
Debutnya trending, Stray Kids kalahkan rekor Wanna One! Credit: via storysta.com

Sebelum membahas tentang prestasi mereka, akan terasa adil bila berbicara soal bakat dari para member Stray Kids. Selain menyanyi, rap dan menari dengan baik, ada satu fakta unik yang begitu membekas dari grup yang satu ini. Yup, 3 member yakni Bang Chan, Han dan Changbin berkolaborasi dengan nama 3RACHA. Ketiganya bekerjasama ikut membantu menulis musik untuk album Mixtape dan juga I am Not.

Saat menggelar acara showcase di tanggal 25 Maret kemarin, nama Stray Kids memang begitu ramai diperbincangkan. Bahkan, mereka pun sempat menjadi trending topic di Twitter! Keesokan harinya dalam momen debut mereka, Stray Kids pun tetap berhasil mempertahankan nama mereka berada di list trending. Kehadiran grup yang satu ini memang sudah begitu dinanti-nanti. Jadi tak heran kalau reaksi publik seramai ini.

Bukan hanya debutnya menjadi trending di Twitter, musik video District 9 juga masuk list trending di berbagai negara. Selain itu, Stray Kids memecahkan rekor penonton terbanyak selama 24 jam yakni 4.274.649 views. Prestasi ini mengalahkan grup Wanna One yang meriah angka 4.034.795 views untuk debut mereka yakni Energetic.


Member Stray Kids

Sembilan member Stray Kids. Credit: via esamafa.blogspot.co.id
Sembilan member Stray Kids. Credit: via esamafa.blogspot.co.id

Sama dengan seniornya yakni TWICE, Stray Kids debut dengan 9 member. Lewat acara kompetisi yang disiarkan di televisi tersebut, penonton dan penggemar memang sudah bisa mengenal Bang Chan cs lebih jauh. Bahkan, mereka bisa melihat bagaimana sifat dari masing-masing member. Nah, berikut ini ada sedikit fakta mengenai 9 anggota dari Stray Kids!

Yang pertama tentunya ada Bang Chan (20) yang merupakan leader Stray Kids. Cowok ini bergabung di JYP sejak tahun 2010 sejak berhasil audisi di Australia. Berikutnya ada Kim Woojin (20) yang ternyata sempat menjadi trainee di SM Entertainment dan pernah berlatih dengan member grup NCT.

Lee Minho yang kini dikenal sebagai Lee Know (19) sudah berlatih menarik kurang lebih selama 4-5 tahun. Bahkan, cowok yang satu ini sempat jadi back-up dancer di salah satu tour grup BTS! Selanjutnya ada Seo Changbin (18) yang sudah menjadi trainee di JYP selama dua tahun.

Sama dengan Changbin, Hwang Hyunjin (18) juga ternyata sudah melewati masa trainee selama dua tahun sebelum akhirnya bisa debut bersama dengan member Stray Kids lainnya. Sedangkan, Han Ji-Sung atau Han (17) ternyata sempat tinggal dan sekolah di Malaysia, lho!

Stray Kids merupakan grup yang memang sudah dinantikan debutnya. Credit: via daebak.tokyo
Stray Kids merupakan grup yang memang sudah dinantikan debutnya. Credit: via daebak.tokyo

Member dari Stray Kids memang tak semuanya kelahiran Korea, sama seperti Felix (17) yang ternyata lahir di Australia. Berikutnya ada Kim Seungmin (17) yang berhasil gabung di JYP karena menjadi juara dua di ajang JYPE 13th Open Audition di tahun 2016.

Yang terakhir tentu saja ada sang maknae yakni Yang Jeong-in yang kini lebih dikenal sebagai I.N. Banyak hal unik yang bisa didapat dari member Stray Kids yang satu ini. Selain lahir di Busan, ternyata I.N juga memiliki kemampuan menyanyi lagu-lagu trot lho! So, siapa sih bias kalian di grup yang baru saja debut beberapa hari saja ini?

 

Reporter: Subi Akto

Sumber: Kapanlagi.com

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya