Sering Salah, Begini Cara Mencuci Buah yang Tepat

Mencuci buah sebelum dikonsumsi penting agar terhindar dari sisa pestisida yang menempel. Tapi apakah kamu sudah benar mencuci buah dengan baik?

oleh Nur Aida Tifani diperbarui 25 Jun 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2018, 09:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi Buah
Alasan kamu nggak boleh mengonsumsi buah setelah makan. (Sumber Foto: PureWow)

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi buah memang menjadi salah satu cara diet bagi segelintir orang. Asupan vitamin dan nutrisi pada buah harus kita konsumsi karena diperlukan oleh tubuh.

Meski demikian, buah yang kerap kali kita konsumsi sering diperoleh dalam keadaan kotor, penuh dengan lilin yang digunakan agar kondisi buah tetap terlihat bagus, sampai dengan pestisida yang menempel.

Bukannya tubuh yang sehat setelah mengonsumsi buah, malahan sejumlah kimia serta penyakit justru masuk ke dalam tubuh yang menurunkan kesehatan. Hal tersebut memungkinkan terjadi apabila tak mencuci buah secara bersih.

Oleh sebab itu, buah penting untuk dibersihkan ataupun dicuci terlebih dahulu dengan air, sebelum dikonsumsi. Tapi apakah air saja cukup untuk membersihkan kotoran tersebut pada permukaan buah?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada 3 cara yang umumnya dilakukan

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

Ada 3 cara yang biasa digunakan sejumlah orang untuk mencuci buah. Cara pertama biasanya hanya dibilas dengan air. Namun, tak sedikit juga orang-orang membersihkan buah dengan sabun yang mengandung klorin.

Lalu, cara ketiga yakni menggunakan soda kue. Bedasarkan hal yang diwartakan oleh Brightside, dari ketiga cara membersihkan buah yang umum dilakukan ada satu di antaranya yang mampu membersihkan pestisida pada kulit buah secara optimal.

Cara yang mereka rekomendasikan yakni mencuci dengan menggunakan soda kue, karena mampu menghancurkan pestisida dan racun kimia berbahaya pada permukaan buah.


Begini cara yang baik mencuci buah

[Bintang] Nggak Ribet, Ini Cara Cuci Buah dan Sayuran dalam Sekejap
Nggak perlu buang waktu. Kamu bisa cuci buah dan sayuran dalam sekejap dengan cara ini. (Via: truthnhealth.com)

Untuk membersihkan buah dengan soda kue, cara yang biasa dilakukan yakni dengan meyiapkan satu sendok teh bubuk soda kue dan 1,5 liter air yang dituang dalam wadah besar. Campurkan bubuk soda kue ke dalam air, dan setelahnya masukan buah-buahan yang akan dicuci.

Rendam buah-buahan di dalam campuran air dan soda kue selama 12 menit. Sesudahnya bilas kembali hingga bersih. Akan tetapi, kamu juga penting mencuci tangan sebelum mengonsumsi buah. Bisa jadi pestisida dari buah yang belum dicuci menempel di tanganmu.

Itu dia cara mencuci buah dengan benar, mudah dan sehat, tidak sulit bukan?

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Bali dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya