Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Saat Memakai Ponsel

Terkadang kita sering melakukan 5 hal ini namun ternyata membahayakan. Apa saja 5 hal tersebut?

oleh Liputan6dotcom diperbarui 16 Feb 2020, 10:00 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2020, 10:00 WIB
mengirim pesan
ilustrasi ponsel/Photo by Oleg Magni on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan smartphone bukan hal baru di era kemajuan teknologi ini. Bukan hanya kaum milenial melainkan juga usia lanjut. Smartphone sudah menjadi kebutuhan yang mendarah daging bagi semua kalangan. Penyebabnya karena banyak hal seperti tuntutan pekerjaan, pendidikan, kemajuan zaman, dan masih banyak lagi.

Smartphone yang canggih juga membuat kita menjadi kecanduan. Rasanya ingin terus melihat dan berada di dekat ponsel terus menerus. 

Berdasarkan informasi yang telah dilansir dari Brightside hasil penelitian menyatakan bahwa ada 5 hal yang salah dan sering kita lakukan saat menggunakan smartphone. Penasaran apa saja kelima hal tersebut? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Jangan Tidur Membawa Ponsel

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Smartphone sama seperti radio memiliki fungsi mengalirkan gelombang sinya atau elektromagnetik yang berpengaruh untuk mata. Meskipun belum terbukti, penelitian terus menunjukkan bagaimana gelombang dapat mempengaruhi otak kita setelah terpapar berjam-jam.

Selain itu Smartphone juga bisa membangunkan kita dengan notifikasi yang masuk saat tidur dan sangat mengganggu waktu tidur. Jika tidak mungkin bagi kita untuk mematikan sepenuhnya atau menyimpannya di ruangan lain saat tidur, cobalah untuk aktifkan mode pesawat.


2. Terkena Cahaya Biru Terlalu Lama

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Cahaya yang keluar dari layar itu akan menekan otak dan mampu mengatur siklus tidur. Hal ini yang menyebabkan kita tidak boleh di dekat smartphone saat tidur. Cahaya biru tersebut juga menyebabkan sakit kepala, masalah pada mata, hingga gangguan penglihatan. Cobalah mengatur resolusi cahaya pada smartphone.

 


3. Gunakan Sinyal Rendah

Cara Kuatkan Sinyal Ponsel di Daerah Terpencil
Cara Kuatkan Sinyal Ponsel di Daerah Terpencil

Ketika melihat sinyal lemah pada ponsel, itu harusnya kita segera mecari tempat yang lebih tinggi. Karena sinyal lemah berbahaya bagi kesehatan. Banyak ahli juga menyarankan menggunakan telepon rumah jika memang smartphone sedang mengalami sinyal lemah.


4. Kontak Langsung dengan Kulit

Ada beberapa penelitian yang berfokus pada hubungan antara ponsel dan kanker, khususnya sinyal transmisi mereka yang sekitar 900 MHz, yang membuat ponsel Anda menjadi panas. Kulit akan menyerap panas dengan mudah dalam potongan-potongan kecil setiap kali Anda tetap dekat dengan tubuh.

Meskipun tidak ada efek terbukti lainnya dari radiasi frekuensi radio pada tubuh manusia, kami tahu fakta bahwa rasio penyerapan menurun secara dramatis ketika Anda menjaga jarak antara Anda dan ponsel .

Coba gunakan headset atau speakerphone saat menelepon. Agar tidak menyentuh Anda dan jika tidak menggunakannya, taruh ponsel jauh dari kita untuk jumlah paparan yang paling sedikit


5. Melihat Layar Ponsel dengan Postur Tubuh yang salah

Waspada Pakai Ponsel
Penduduk Jepang menyebrang jalan sambil ramai-ramai melihat ponsel. (foto: japantimes.com)

Posisi menunduk adalah posisi yang salah saat menggunakan ponsel. Ini dapat mengganggu kesehatan leher Anda.

Seiring berjalannya waktu, berat yang dirasakan leher Anda mungkin 5 kali lebih banyak dari berat kepala kita yang sebenarnya. Ini menyebabkan nyeri leher dan kelainan postur. Pegang telepon setinggi mata, jaga leher Anda selurus mungkin.

Penulis:

Ayu Ester Simanjutak

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya