6 Manfaat Menakjubkan Makan Nasi, Rahasia Awet Muda Orang Jepang

Nyatanya semangkuk nasi yang sehat bisa bermanfaat bagi tubuhmu dengan banyak cara yang mengejutkan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 24 Nov 2021, 10:02 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2021, 10:02 WIB
Makanan dengan Kandungan Karbohidrat yang Tinggi
Ilustrasi Nasi Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Di masa lalu, orang-orang biasa di Jepang tidak bisa makan banyak nasi, karena sebagian besar disediakan untuk bangsawan dan petani Jepang bahkan menggunakan beras untuk membayar pajak mereka. 

Namun kini, kita tidak bisa membayangkan masakan Jepang tanpa sushi, bihun atau ketan dengan telur goreng. Dan itu bukan hanya lauk untuk pendamping, nyatanya semangkuk nasi yang sehat bisa bermanfaat bagi tubuhmu dengan banyak cara yang mengejutkan. 

Berikut beberapa manfaat yang didapat jika Anda makan nasi, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (24/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Membantu menurunkan berat badan

Turunkan Berat Badan Jadi Ideal
Ilustrasi Tubuh Langsing Credit: pexels.com/Bill

Jika Anda telah berusaha untuk menurunkan berat badan selama beberapa waktu, sepiring nasi tepat seperti yang diperintahkan dokter. Karena nasi rendah lemak dan sodium serta tinggi serat, nasi bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan. 

Telah terbukti bahwa individu yang makan nasi merah memiliki peluang lebih rendah untuk mendapatkan berat badan ekstra. Namun, ini tidak berlaku bagi nasi putih yang kurang efektif untuk menurunkan berat badan.  

 


2. Membantu terlihat lebih muda

Menghambat Penuaan Dini
Ilustrasi Wajah Awet Muda Credit: pexels.com/Flory

Wanita Jepang menggunakan air beras untuk menjaga kulit mereka alus dan awet muda. Namun, makan nasi secara teratur nyatanya bisa membuatmu terlihat lebih muda. 

Beras mengandung banyak antioksidan yang melindungi sel-sel kulitmu dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan bisa menghaluskan kerutan yang ada.


3. Menjaga kesehatan jantung

Jantung
Ilustrasi Menjaga Kesehatan Jantung Credit: pexels.com/George

Makan nasi secara teratur menjadi cara alami untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan anti-inflamasi alami pada nasi bisa mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah dan menurunkan risiko untuk kondisi jantung tertentu, seperti serangan jantung atau stroke.


4. Membantu pencernaan

ilustrasi sistem pencernaan/pixabay
ilustrasi sistem pencernaan/pixabay

Kandungan serat yang tinggi dalam nasi bisa mengurangi sembelit dan membantu mengatur sistem pencernaan. 

Karena berfungsi sebagai diuretik alami, ia membersihkan tubuhmu dan membuang racun dari sistem yang juga bermanfaat bagi ginjalmu.


5. Meningkatkan kesehatan sistem saraf

Masalah Saraf Akibat Diabetes
Ilustrasi Masalah Saraf Credit: pexels.com/Niara

Jika Anda makan nasi secara teratur, sistem sarafmu akan mendapat manfaatnya. Sistem saraf tubuh kita membutuhkan vitamin B yang berbeda untuk tetap sehat, dank arena beras mengandung banyak jenis vitamin B, beras membantu mengatur proses biologisnya.


6. Membantu tingkatkan energi

Meningkatkan Sistem Imun
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/Chloe

Jika Anda terbiasa minum minuman energi untuk membuat dirimu lebih bugar, coba hentikan karena nasi adalah salah satu cara paling sehat untuk meningkatkan energi. 

Tubuh kita membutuhkan karbohidrat agar bisa diubah menjadi energi. Karena nasi kaya akan karbohidrat sehat, nasi bisa menjadi penyelamat saat Anda merasa lelah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya