3RACHA, DANCERACHA dan VOCALRACHA, Yuk Mengenal Grup Sub-Unit Stray Kids

Tiga unit resmi Stray Kids di antaranya 3RACHA, DANCERACHA, dan VOCALRACHA.

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 09 Nov 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2022, 14:00 WIB
Stray Kids 'CASE 143' on JTBC K-909
Stray Kids 'CASE 143' on JTBC K-909 (Twitter: @jtbc_K909)

Liputan6.com, Jakarta - Untuk beberapa tahun terakhir, setiap boy group dan girl group K-Pop kerap membentuk sub-unit di dalam grupnya. Terlepas terdiri dari jumlah member yang ada di dalamnya, grup mini ini memungkinkan idol K-Pop untuk mengeksplorasi berbagai genre dan konsep yang berbeda dari apa yang telah mereka lakukan dalam grup utamanya.

Grup sub-unit K-Pop merupakan grup yang umumnya terdiri dari dua, tiga, atau lebih anggota dari sebuah grup yang sudah ada untuk membentuk grup yang lebih kecil. Grup ini nantinya akan memiliki rilisan musik terpisah dan tidak jarang akan berpromosi di bawah entitas baru.

SM Entertainment merupakan agensi pertama yang mempelopori grup sub-unit. Grup unit pertama yang mereka debutkan adalah dari Super Junior, bernama K.R.Y. Unit ini terdiri dari tiga vokalis utama Super Junior, yaitu Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Nama unitnya sendiri diambil dari inisial nama mereka dan debut pada November 2006 dengan mengisi soundtrack drama Hyena, berjudul "The One I Love".

Kini, para grup K-Pop generasi keempat juga mulai mengadopsi tren tersebut. NCT, misalnya, grup ini memayungi banyak grup sub-unit, seperti NCT U, NCT 127, NCT Dream, WayV. Grup-grup sub-unit seperti ini akan bertanggung jawab atas konsep yang berbeda.

Selain itu, sebagian besar grup K-Pop biasa memanggil grup sub-unit mereka dengan sebutan 'Rap Unit', 'Dance Line', atau 'Vocal Line'. Namun, berbeda dengan Stray Kids, subunit mereka memiliki sebutan tersendiri.

Berawal dari kata 3RACHA yang digunakan unit rapper Stray Kids yang sudah terbentuk lama sebelum Stray Kids debut, kata "Racha" menjadi kata yang selalu digunakan para penggemar Stray Kids dalam menyebut unit grup mereka. Tiga unit resmi di antaranya 3RACHA, DANCERACHA, dan VOCALRACHA.

Di samping itu, terdapat juga sebutan unit tidak resmi yang diberikan penggemar oleh duo atau trio di Stray Kids. Seperti Baboracha yang terdiri dari Hyunjin, HAN, dan Lee Know, juga Nyangnyang Racha untuk menyebut Felix dan Lee Know.

Masing-masing dari sub-unit Stray Kids telah diketahui kerap saling bekerja sama dalam menciptakan karya-karyanya. Untuk mengenal ketiga sub-unit grup resmi lebih lanjut, berikut perkenalannya dilansir dari All Kpop:

 

 


3RACHA (Bang Chan, Changbin, HAN)

Bang Chan, HAN, Changbin Stray Kids 3RACHA
Bang Chan, HAN, Changbin Stray Kids 3RACHA (Twitter)

Beranggotakan Bang Chan, Changbin, dan HAN Stray Kids, sub-unit 3RACHA sudah terbentuk jauh lebih lama dibandingkan dua grup sub-unit lainnya. Ketiganya berkolaborasi menciptakan trio rapper, yang memproduksi dan menyanyikan lagu mereka sendiri.

Di bawah naungan agensi JYP Entertainment, mereka termasuk sebagai idol yang produktif. Mengingat ketiganya sudah mulai menciptakan lagu bahkan sebelum memulai debut dengan Stray Kids di 2018.

Masing-masing dari ketiga anggota memiliki nama rapper-nya sendiri. Leader sekaligus member tertua, Bang Chan memiliki nama rapper CB97, sedangkan Changbin yang dikenal dengan konsep "dark rapper" mempunyai nama SpearB. Terakhir, member termuda dalam sub-unit, HAN tampil dengan nama rapper J.One.

Tidak hanya itu, ketiga member juga mendapatkan kredit lebih dari seratus judul lagu yang mereka ciptakan. Bang Chan dengan total kredit 137 menempatkannya di posisi kesebelas sebagai idol KPop dengan kredit terbanyak. Changbin yang memiliki total 122 dan HAN dengan angka 119 menyusul di posisi 17 dan 18 daftar KOMCA.

Tekad dari ketiga member yang keras dan jujur, mengembangkan keahlian mereka dalam memproduksi lagu-lagu Stray Kids. Musik yang mereka ciptakan pun menjadi identitas khas yang menempel pada boy group generasi keempat terpopuler ini.

Dalam mini album MAXIDENT, 3RACHA kembali dengan menyanyikan lagu unit mereka, yaitu "3RACHA", musik drill yang berisi lirik rap kuat dan mampu menciptakan atmosfer bersemangat di atas panggung.


DANCERACHA (Lee Know, Hyunjin, Felix)

Hyunjin, Lee Know, Felix Stray Kids in Show Champion
Hyunjin, Lee Know, Felix Stray Kids DANCERACHA in Show Champion (Twitter: @showchampion1)

Sesuai dengan namanya, grup unit ini terdiri dari barisan dancer Stray Kids. Terdiri dari Lee Know, Hyunjin, dan Felix Stray Kids, trio ini terkenal dengan kemampuan menari mereka yang bertenaga dan memiliki ciri khas masing-masing.

Menurut situs All KPop (09/11), sub-unit ini memulai debut mereka pada 26 Agustus 2018, melalui unggahan video dance pada akun YouTube Stray Kids. Dalam konten berjudul "[Stray Kids: SKZ-PLAYER] Lee Know X Hyunjin X Felix", ketiganya menampilkan koreografi yang mereka susun sendiri.

Penampilan DANCERACHA selanjutnya adalah saat mereka sedang melakukan konser tur dunia bernama "District 9: Unlock World Tour" di 2019. Mereka perform membawakan lagu "Wow", yang setahun kemudian dirilis dalam album IN LIFE.

Dalam proses produksi lagu unit tahun ini, mereka kembali terjun menciptakan lagu yang terkesan 'seksi'. Konsep ini jarang ditemukan pada lagu-lagu yang dinyanyikan Stray Kids. Oleh karena ini, "TASTE" menambah daftar lagu Stray Kids dengan konsep yang elegan.

 


VOCALRACHA (Seungmin & I.N)

Seungmin dan I.N Stray Kids VOCALRACHA
Seungmin dan I.N Stray Kids VOCALRACHA (Twitter)

Sub-unit terakhir ini terdiri dari dua member termuda, yaitu Seungmin dan I.N Stray Kids. Selain memegang posisi sebagai maknae dari grup, keduanya juga memiliki kemampuan vokal yang khas.

Melansir All KPop (09/11), subunit ini debut pada 2 September 2018 dan menyanyikan lagu Tomorrow, Today dari JJ Project. Video cover mereka diunggah lewat YouTube dengan konten berjudul "[Stray Kids : SKZ-PLAYER] Woojin X Seungmin X I.N".

Sama seperti DANCERACHA, duo maknae ini juga sempat melakukan penampilan di konser tur dunia Stray Kids di 2019 dan membawakan lagu "My Universe", bersama Changbin. Setelah itu, lagu tersebut pun dirilis di album IN LIFE.

Keduanya turut kembali membawakan lagu unit bertajuk "Can't Stop". Dalam lagu ini, keduanya menyanyikan tentang perasaan suka mereka dengan irama yang energik dan harmoni yang cerah. Seungmin dan I.N ingin mengungkapkan perasaan mereka dengan keras dan ingin orang lain tahu.

Melalui Papermag (09/11), Seungmin mengungkapkan bahwa MAXIDENT merupakan percobaan pertama Stray Kids menggunakan tema cinta sebagai konsep utama album mereka. Dirinya sudah lama berharap Stray Kids akan mengeksplorasi topik cinta dalam musik mereka dan comeback ini menjadi sesuatu yang sudah lama ia tunggu.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya