5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Piala Dunia Qatar 2022

Para kiper tentunya berusaha keras untuk menyelamatkan gawang dan menjaga clean sheet untuk memenangkan hadiah seni yang didambakan ini di Piala Dunia Qatar 2022.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 01 Des 2022, 11:51 WIB
Diterbitkan 01 Des 2022, 11:51 WIB
Taklukkan Polandia, Argentina Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022
Penjaga gawang Polandia Wojciech Szczesny menyelamatkan tendangan penalti pemain Argentina Lionel Messi pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Qatar, 30 November 2022. Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup C usai mengalahkan Polandia 2-0. (AP Photo/Ariel Schalit)

Liputan6.com, Jakarta - Peran seorang kiper kerap dipandang sebelah mata. Sosoknya justru adalah bagian penting yang sangat krusial dari permainan sepak bola. Mereka adalah garis pertahanan terakhir untuk tim mana pun.

Seiring berjalannya waktu pertandingan, posisi penjaga gawang dalam sebuah pertandingan sepak bola menjadi semakin penting.

Sebab, kiper tidak hanya ada untuk menyelamatkan tembakan bola berkat taktik sweeper-keeper, tetapi juga dimainkan sebagai pemain kesebelas menjaga gawangnya tetap 'perawan' hingga laga berakhir atau clean sheet.

Pertandingan untuk memperebutkan Golden Glove di Piala Dunia 2022 sudah dimulai sejak 20 November 2022.

Para kiper tentunya berusaha keras untuk menyelamatkan gawang dan menjaga clean sheet untuk memenangkan hadiah seni yang didambakan ini di Piala Dunia Qatar 2022.

Ada sejumlah kiper yang tampil ciamik di turnamen antarnegara paling bergengsi di muka bumi ini. Sejumlah kiper mampu yang menjaga clean sheet alias nir bobol cukup mentereng hingga laga berakhir.

Salah satunya Jordan Lee Pickford, kiper Inggris. Inggris melaju ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 dan selangkah lebih dekat untuk membawa pulang piala.

Selain itu, berkat kerja keras salah satu pemainnya, Matthew Turner, kiper Amerika Serikat, tim tersebut berhasil memastikan tempat mereka di babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Iran 1-0.

Jadi, siapa saja mereka? Melansir Khel Now, Kamis (1/12/2022), berikut adalah 5 penjaga gawang dengan clean sheet terbanyak di Piala Dunia Qatar 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jordan Pickford dan Matthew Turner

Foto Piala Eropa: Belum Kebobolan di Euro 2020, Jordan Pickford Masih Sempurna
Ada catatan fantastis Timnas Inggris di sepanjang Euro 2020. Ternyata, gawang yang dikawal Jordan Pickford belum pernah kebobolan satu pun gol di turnamen ini. (Foto:AP/Matt Dunham,Pool)

1. Jordan Pickford - 2 Clean Sheet

Inggris melaju ke babak 16 besar dan selangkah lebih dekat untuk membawa pulang piala. Jordan Lee Pickford sebagai kiper Timnas Inggris telah berhasil menjaga clean sheet melawan Amerika Serikat dan Wales.

Setelah mengalahkan Wales dalam pertandingan penyisihan grup terakhir mereka, mereka memastikan tempat mereka di babak penyisihan.

Mereka nantinya akan bermain melawan juara Piala Afrika, Senegal, dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022.

 

2. Matthew Turner - 2 Clean Sheet 

Amerika Serikat telah memastikan tempat mereka di babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Iran 1-0. Matt Turner telah berhasil menjaga dua clean sheet dalam tiga pertandingan grup.

Yang pertama terjadi saat melawan Inggris dan yang lainnya melawan Iran. Mereka adalah salah satu skuad termuda, tepatnya termuda kedua, yang akan bermain di Piala Dunia Qatar 2022 ini. Mereka akan menghadapi Belanda di babak 16 besar nanti. 


3. Andries Noppert

Foto: Aksi Para Kiper Tangguh di Matchday Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022, Termasuk Shuichi Gonda Sang 'Wakabayashi' Jepang
Kemenangan 2-0 Belanda atas Senegal di matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 tak lepas dari peran kiper mereka, Andries Noppert. Kiper 28 tahun itu tercatat melakukan empat penyelamatan penting yang membuat gawang De Oranje tak terkoyak hingga akhir laga. (AP/Petr David Josek)

3. Andries Noppert - 2 Clean Sheet

Kiper Belanda ini telah berhasil mencatatkan dua clean sheet dalam tiga pertandingan babak penyisihan grup. Dia mencatatkan satu kali melawan Senegal dan satu kali melawan tuan rumah Qatar.

Noppert memiliki 12 penyelamatan atas namanya sejauh ini di turnamen. Belanda berada dalam performa yang baik dan para pemain mereka juga berada dalam tiga daftar, yaitu, assist terbanyak, gol terbanyak, dan clean sheet terbanyak.

Dengan pencetak gol seperti Gakpo, playmaker seperti De Jong dan Klaassen dan kiper Noppert, mereka benar-benar merupakan ancaman bagi lawan.

Mereka nantinya akan bertarung dengan Amerika Serikat di babak 16 besar untuk memperebutkan tempat pada perempat final Piala Dunia Qatar 2022.


Alisson Becker dan Wojciech Szczęsny

Foto: Alisson Becker dan Sederet Kiper dengan Koleksi Assist Terbanyak di Liga Inggris
Alisson Becker berperan penting untuk kemenangan Liverpool atas Manchester City pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Anfield, Minggu (16/10/2022) malam WIB. Selain berhasil menjaga gawangnya tanpa kebobolan, ia juga berhasil mencetak assist untuk Mohamed Salah yang berbuah menjadi satu-satunya gol kemenangan. Pemain asal Brasil itu sejauh ini tercatat telah membuat tiga assist di Liga Inggris. (AFP/Paul Ellis)

4. Alisson Becker - 2 Clean Sheet

Brazil berada dalam performa yang sangat baik sejak Piala Dunia Qatar 2022 dimulai. Mereka lolos ke babak penyisihan dan telah mencatatkan clean sheet di kedua pertandingan penyisihan grup mereka sejauh ini. Alisson Becker telah berhasil menjaga gawang dengan dukungan dari lini pertahanan Brasil.

Kiper Liverpool ini tidak menghadapi tembakan tepat sasaran dalam kedua pertandingan, yaitu saat melawan Serbia dan Swiss. Selanjutnya mereka akan menghadapi Kamerun dan Alisson akan kembali beraksi.

 

5. Wojciech Szczęsny - 2 Clean Sheet

Kiper internasional Polandia ini disebut-sebut diremehkan oleh para penggemar baru-baru ini setelah penampilannya dalam pertandingan melawan Arab Saudi. 

Penjaga gawang Juventus ini telah mencatatkan dua clean sheet, satu saat melawan Meksiko dan satu lagi saat melawan Arab Saudi. Dia telah mencatatkan delapan penyelamatan untuk tim Polandia.

Polandia akan menghadapi Argentina dalam pertandingan fase grup berikutnya, dan akan menjadi tantangan bagi Szczesny untuk menjaga clean sheet mengingat serangan kuat Argentina yang dipimpin oleh Lionel Messi.

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya