Wajib Diperhatikan, Ini Cara Tepat Mencuci Sepatu Sesuai Jenisnya

Berikut cara mencuci sepatu yang benar sesuai bahannya.

oleh Benedikta Ave Martevalenia diperbarui 13 Des 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi Sepatu Putih
Ilustrasi sepatu putih. (dok. Pixabay.com/mrwrightxx10)

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak kebutuhan pokok manusia yang wajib dipenuhi sehari-hari. Tak hanya makanan, kebutuhan pokok tersebut salah satunya ialah pakaian dan alas kaki baik sandal atau sepatu.

Sandal atau sepatu umum dikenakan banyak orang setiap harinya untuk melindungi kaki dari aspal yang panas dan juga kotoran. Namun seiring berkembangnya zaman, kini sepatu termasuk dalam bagian fashion. 

Pasalnya ada orang yang memandang sepatu merupakan ikon terpenting dalam gaya berbusananya. Hal tersebut juga sempat dikatakan oleh fashion stylist consultant, Khairiyyah Sari, saat dihubungi Citizen6-Liputan6.com. 

"Shoes (sepatu) ya yang paling penting itukan. Karena shoes itu makes the style. Ini ada standar style pakenya ya, Kalau shoes lo udah salah, seluruh penampilan lo jadi ikut salah," ungkap Sari.

Namun tidak asal pakai juga, tentunya sepatu yang kotor juga akan memperburuk penampilan loh. Hayooo siapa yang mencuci sepatu masih menggunakan sikat yang kasar? Takukah Anda bahwa sepatu tidak bisa diperlakukan sama saat mencucinya? 

Sepatu yang Anda pakai harus dicuci atau dibersihkan dengan cara yang berbeda pada setiap bahan sepatu yang berbeda juga. Alasannya supaya sepatu tersebut tidak cepat rusak dan tetap telihat baru.

Itu mengapa banyak orang yang malas atau bingung mencuci sepatu, tak heran jika saat ini sudah banyak orang yang membuka usaha jasa membersihkan sepatu. Namun ada baiknya Anda mencuci sepatu sendiri supaya tidak boros uang. Nah, jangan khawatir berikut cara mencuci sepatu yang benar sesuai bahannya, melansir The Spruce: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Kain

Sumber: freepik
Ilustrasi sepatu kain. Sumber: freepik

1. Bersihkan kotoran berlebihan

Mengelap atau menyeka kain sepatu dengan handuk kering untuk menghilangkan tanah, kotoran, atau serpihan di permukaan yang menempel.  

2. Buat larutan pembersih

Anda bisa membuat larutan pembersih sendiri dan membuatnya dalam mangkuk kecil. Ambil mangkuk kecil, campurkan satu sendok teh cairan pencuci piring, serta tambahkan dua cangkir air hangat. Aduk rata sampai tercampur.

3. Gosok sepatu

Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk alat menggosok sepatu. Celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun yang sudah Anda buat dan gosok kain sepatu dengan lembut. Jangan terlalu membasahi kain sepatu, supaya tidak meninggalkan bekas bercak. 

4. Menghilangkan sisa sabun setelah meggosok sepatu

Seka seluruh sepatu dengan handuk yang dibasahi air bersih. Anda perlu menyiapkan handuk satu lagi untuk membilas seluruh bagian sepatu.

5. Keringkan sepatu

Biarkan sepatu mengering di bawah panas sinar matahari langsung. Untuk membantu sepatu mempertahankan bentuknya, masukkan handuk kering ke sepatu sampai sepatu benar-benar kering.


Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Kulit

Ilustrasi sepatu kulit
Ilustrasi/Copyright unsplash/Ayrus Hill

Cara berikut bisa digunakan untuk semua jenis kulit sepatu baik kulit asli maupun kulit sintetis.

1. Bersihkan Kotoran yang membandel

Mulailah dengan menyikat bagian kotor dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam larutan air dingin yang sudah dicampur cuka putih dengan perbandingan yang sama. 

2. Poles lecet

Sepatu berbahan kulit sangat rawan lecet. Apabila sepatu lecet, makan akan sangat terlihat sehingga tidak enak dipandang. Untuk memoles sepatu yang lecet pada sepatu kulit asli, gunakan semir khusus sepatu kulit dan ikuti petunjuk kemasannya. 

Namun jika Anda tidak memiliki semir yang cocok dengan sepatu kulit, Anda bisa membasahi kain lembut dengan air dan celupkan ke dalam sedikit soda kue. Gosok area yang lecet dengan lembut dan bersihkan kotoran dengan kain bersih. Biarkan mengering lalu gosok lagi dengan kain bersih.

Sedangkan untuk lecet pada sepatu kulit sintetis atau kulit imitasi, gosok bekasnya dengan olesan petroleum jelly dan gosok dengan kain lembut. Untuk mengembalikan kilau mengkilapnya dengan semprotan pembersih kaca bebas amonia dan alkohol dan gosok dengan kain lembut.


Cara Membesihkan Sepatu Berbahan Suede

Sumber: freepik
Sumber: freepik

Sepatu berbahan suede adalah sepatu yang terbuat dari bagian dalam kulit hewan seperti domba, sapi, rusa, atau kambing. Berikut cara membersihkannya:

1. Bersihkan goresan

Jika sepatu suede Anda terkena goresan noda, Anda bisa menggunakan penghapus pensil, gosok perlahan bekas atau goresan apa pun sampai hilang, lalu sikat dengan sikat sepatu untuk mengembalikan sepatu Anda bersih.

2. Hilangkan noda minyak menempel

Taburi noda minyak dengan bedak bayi atau tepung maizena untuk menyerap minyak. Biarkan bedak di atas sepatu menutupi noda setidaknya selama satu jam, lalu cuci. Ulangi sampai semua minyak terserap kemudian sikat untuk mengangkat tumpukan bedak.

3. Hilangkan noda basah

Keringkan noda basah sesegera mungkin dengan handuk atau kain untuk menyerap kelembapan dari noda basah. Biarkan sepatu benar-benar kering dan jemur di bawah sinar matahari langsung. 


Cara Membesihkan Sepatu Berbahan Sol Rami atau Gabus

Sumber: The Spruce
Sumber: The Spruce

Sepatu yang terbuat dari serat alami seperti rami atau gabus membutuhkan cara membersihkan yang ekstra saat merawatnya, berikut yang bisa dilakukan:

1. Campur dan oleskan larutan pembersih

Anda bisa membuat larutan pembersih. Campurkan dua gelas air hangat, setengah cangkir cuka putih, dan lima tetes deterjen cair. Sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi ke bagian-bagian yang susah dijangkau. Serta gunakan lap untuk membersihkannya. 

2. Bersihkan larutan dan biarkan mengering

Setelah semuanya bersih, bersihkan dengan kain yang dicelupkan ke dalam air bersih untuk membilas sabun yang tersisa dan biarkan sepatu mengering.

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air.
Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya