Sebelum Taruhan Kroasia atau Maroko yang Jadi Juara 3 Piala Dunia 2022, Simak Fakta Menarik Ini

Kira-kira Kroasia atau Maroko yang keluar sebagai Juara 3 Piala Dunia 2022?

oleh Shintya Tifanny Affifah diperbarui 17 Des 2022, 12:45 WIB
Diterbitkan 17 Des 2022, 12:44 WIB
Piala Dunia 2022 - Kroasia Vs Maroko
Piala Dunia 2022 - Kroasia Vs Maroko (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Liputan6.com, Jakarta - Laga perebutan juara 3 Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Pertandingan yang akan memertemukan Kroasia vs Maroko pada hari ini, Sabtu malam (17/12) akan menjadi tontonan menarik sekaligus sengit.

Lantaran Maroko dan Kroasia pernah bertemu di laga grup dengan hasil imbang, hal ini menjadikan keduanya saling mengetahui celah lawan untuk mengatur strategi baru agar bisa menembus pertahanan lawan. 

Melansir laman Sporting News pada Sabtu, 17 Desember 2022, ada tiga hal yang perlu Anda ketahui sebelum menebak siapa yang keluar sebagai juara piala dunia 2022 urutan ketiga. 

Pertama, Kroasia sepertinya tidak akan memainkan pemain unggulan di awal laga disebabkan cedera. Pemain yang mengalami cedera mungkin akan memprioritaskan karier klub mereka terlebih dahulu.

Luka Modric dan Ivan Perisic mungkin tidak akan menjadi kunci sebagai starter. Gelandang Marcelo Brozovic ditarik keluar pada menit ke-50 saat kalah dari Argentina di babak semifinal, dan tampaknya sedang berjuang melawan cedera.

Jadi, pemain Inter Milan ini juga bisa saja ditinggalkan di bangku cadangan saat pertandingan Kroasia vs Maroko nanti. 

Kedua, mencari pemain pengganti bagi pemain veteran Kroasia yang mengalami cedera. Seperti mencari pengganti bek Domagoj Vida yang mungkin menjadi penampilan terakhirnya di Piala Dunia. 

Mencari pengganti yang sepadan untuk bisa unggul di menit-menit pertama turnamen ini tidak mudah. 

Ketiga, Maroko pernah mengambil risiko menurunkan pemain yang sedang cedera, dan keputusan ini menjadi bumerang bagi sang pelatih, Walid Regragui. Di laga Kroasia vs Maroko, harus dipastikan ketiga pemain unggulan Singa Atlas yang cedera bisa fit melawan Vatreni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain Maroko yang Cedera

Grup F Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia
Pemain Timnas Maroko, Youssef En-Nesyri melepaskan sundulan ke gawang Timnas Kroasia dalam laga matchday pertama Grup F Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Qatar, Rabu (23/11/2022) sore WIB. (AP/Manu Fernandez)

Ketiga pemain unggulan Maroko yang cedera adalah Kapten Romain Saiss, gelandang Nayif Aguerd, dan bek sayap Noussair Mazraoui. Mereka cedera menjelang babak perempat fina Piala Dunia 2022 melawan Prancis, tapi sang pelatih mengambil risiko dan memasukkan ketiganya ke dalam starting line-up.

Hal ini menjadi bumerang yang mengerikan karena Aguerd ditarik pada menit terakhir sebelum kickoff, Saiss diganti setelah 21 menit, dan Mazraoui keluar saat jeda istirahat.

Ketiganya harus bisa dipastikan dalam keadaan fit untuk pertandingan perebutan tempat ketiga. Striker Walid Cheddira juga akan kembali setelah mendapat kartu merah yang dia dapatkan saat melawan Portugal, dan membuat dia absen saat melawan Prancis. 


Celah Maroko

Grup F Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia
Pemain Timnas Maroko, Hakim Ziyech (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Kroasia, Marcelo Brozovic dalam laga matchday pertama Grup F Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Qatar, Rabu (23/11/2022) sore WIB. (AP/Manu Fernandez)

Bagi Maroko, persiapan fisik akan sama sulitnya dengan persiapan mental karena berurusan dengan beberapa pemain yang cedera. Selain itu, Maroko juga memiliki waktu satu hari lebih sedikit dari Kroasia untuk mempersiapkan diri.

"Ini akan menjadi tantangan. Kami memiliki banyak pemain di kaki terakhir mereka," kata pelatih Maroko Walid Regragui dikutip dari Los Angeles Times. 


Celah Kroasia

Kroasia Ditahan Imbang Maroko di Piala Dunia 2022
Pemain Kroasia Luka Modric (tengah) berebut bola dengan pemain Maroko Selim Amallah pada pertandingan sepak bola Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Rabu (23/11/2022). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Menurut Pelatih Kroasia, mereka sadar kesalahan yang terjadi saat gawangnya dibobol oleh Messi dkk kekurangan penyerang  adalah kunci kegagalan saat melawan Argentina. 

"Kami kekurangan satu penyerang nyata untuk menerobos. Kami tidak melakukannya," kata Zlatko Dalić, dikutip dari laman Reuters. 

Celah-celah yang ada diantara Maroko dan Kroasia harus bisa dimanfaatkan baik oleh kedua tim untuk bisa membawa pulang gelar juara dunia ketiga piala dunia 2022. 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya