6 Keuntungan yang Anda Dapat Jika Rutin Mandi di Malam Hari

Ternyata, mandi malam dapat bermanfaat bagi kesehatan dan penampilan Anda.

oleh Camelia diperbarui 03 Mar 2023, 09:03 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 09:03 WIB
Ilustrasi Mandi
Ilustrasi mandi (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Dermatologists merekomendasikan menghabiskan sekitar 5 sampai 10 menit sehari di kamar mandi. Sementara beberapa dari kita tidak dapat membayangkan menghadapi hari tanpa mandi pagi, yang lain lebih memilih untuk menghilangkan stres sehari-hari dengan mandi di malam hari. 

Dan meskipun waktu Anda mandi tergantung pada preferensi pribadi Anda, mereka yang memilih melakukannya di malam hari sebenarnya dapat memperoleh lebih banyak manfaat kecantikan dan kesehatan.

Rupanya ada beberapa alasan serius yang mempertimbangkan untuk mengubah beberapa kebiasaan mandi Anda setelah melakukan penelitian ini.

Ternyata, mandi malam dapat bermanfaat bagi kesehatan dan penampilan Anda. Berikut ulasannya dilansir dari Brightside, Kamis (2/3/2023).

1. Membantu Anda tertidur lebih cepat

Mandi sore membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan jika dilakukan pada waktu yang tepat, mandi malam juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya.

Ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Lebih baik untuk kulit Anda

Sabun mandi/dok. Unsplash Bruce
Sabun mandi/dok. Unsplash Bruce

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah jerawat. Rambut kita mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala menyentuh bantal, semua kotoran ini berpindah ke sarung bantal, lalu ke wajah Anda.

Karena kulit kita beregenerasi saat kita tidur, tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel kulit baru Anda akan sehat.

3. Dapat meredakan alergi musiman

Jika Anda mengalami alergi musiman, mandi malam dapat membantu meringankan gejalanya. Berada di luar berarti alergen, seperti serbuk sari dan debu, mengenai kulit dan pakaian Anda, dan kecuali Anda mandi sebelum tidur, alergen tersebut mungkin akan berakhir di tempat tidur Anda.

Jika Anda memiliki kebiasaan mandi di pagi hari, pertimbangkan untuk mengganti rutinitas dan mandi malam untuk menghindari gejala yang tidak menyenangkan.


4. Rambut Anda akan lebih sehat

Cegah Rambut Rontok, 5 Manfaat Baik Seledri Bagi Rambut
Ilustrasi rambut ternutrisi (unsplash.com/Element5 Digital)

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeringkannya secara alami. Ini, pada gilirannya akan membuat rambut Anda berkilau dan mengembang lebih lama, karena membantu mengunci kelembapannya.

Blow rambut Anda di pagi hari dapat merusak helai rambut Anda, membuatnya lemah dan kusam.

5. Membantu melawan keringat berlebih

Meskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu mencegah bau badan. Mandi air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat malam yang diderita banyak orang.


6. Mencegah Kram Otot

Perawatan kaki pecah-pecah
Perawatan kaki pecah-pecah (Foto: Unsplash)

Jika otot Anda terasa nyeri dan pegal setelah seharian bekerja, mandi air hangat dapat membantu meredakan sensasi yang tidak menyenangkan tersebut. Saat air hangat menyentuh tubuh Anda, ini membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kualitas tidur malam yang lebih baik.

Mandi air hangat juga dapat mencegah kram kaki di malam hari, kondisi umum yang memengaruhi hingga 60 persen orang.

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas
Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya