Ramai Isu Perselingkuhan Syahnaz Sadiqah, Ini 9 Alasan Wanita Berselingkuh Menurut Pakar

Baru-baru ini ramai isu perselingkuhan Syahnaz Sadiqah, lantas mengapa wanita yang sudah menikah memilih untuk selingkuh? Berikut alasannya menurut pakar.

oleh Camelia diperbarui 22 Jun 2023, 16:37 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 16:35 WIB
Adanya Orang Ketiga
Ilustrasi Perselingkuhan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari belakangan dunia hiburan tanah air dihebohkan dengan kabar perselingkuhan yang dilakukan adik dari presenter ternama Raffi Ahmad, Syahnaz Sadiqah. 

Syahnaz diisukan berselingkuh dengan lawan mainnya, Rendy Kjaernett. Isu perselingkuhan keduanya diungkap oleh istri sah Rendi, Lady Veronica Nayoan lewat akun Instagram-nya. Tentunya isunya membuat warganet kaget, terlebih lagi Syahnaz Sadiqah telah menikah dan memiliki anak. Lantas apa alasan wanita yang sudah menikah justru memilih untuk selingkuh?

Beberapa ahli berpendapat bahwa motivasi pria dan wanita berbeda ketika salah satu dari mereka berselingkuh. Mereka mengatakan bahwa pria berselingkuh karena mencari perhatian, sementara wanita melakukannya karena kebutuhan untuk mengisi kekosongan emosional. Tetapi apakah ini benar?

Dilansir Mystical Raven, menurut sebuah studi oleh University of Guelph di Ontario, Kanada, seorang wanita lebih dari dua kali lebih mungkin untuk berselingkuh jika dia tidak bahagia dengan hubungannya saat ini. Data menunjukkan bahwa kurangnya kebahagiaan adalah penyebabnya, tetapi alasan mengapa seorang wanita tidak bahagia dapat dikaitkan dengan berbagai faktor.

Bukti ini didasarkan pada laporan individu dari orang-orang yang mengakui alasan mereka berselingkuh kepada peneliti. Tapi itu hanya sebagian kecil dari apa yang dipikirkan jutaan orang. Apakah alasannya sama? Atau apakah itu didasarkan pada faktor-faktor kecil yang hanya berputar di sekitar kehidupan pasangan tertentu?

“Sekitar 40% wanita berselingkuh dari pasangannya dalam suatu hubungan, sementara 60% dilakukan oleh pria”, kata psikolog dan terapis pasangan Dr. Lonnie Barbach.

Jadi baik pria maupun wanita sama-sama selingkuh. Tetapi mengapa pria lebih mudah dianggap sebagai penipu sementara wanita yang selingkuh mungkin luput dari perhatian?

Apakah wanita lebih banyak selingkuh daripada pria? Pertama, wanita lebih baik dalam selingkuh dan menyembunyikannya dari pasangan mereka. Laki-laki yang selingkuh cenderung ketahuan, sedangkan perempuan yang selingkuh jarang ditemukan. Tapi pertanyaan yang lebih penting adalah, 'Mengapa wanita selingkuh?' Dilansir dari Marriage.com, berikut deretan alasan mengapa wanita yang sudah menikah berselingkuh menurut pakar:


1. Dia rentan secara emosional

Mudah terjadi Perselingkuhan
Ilustrasi perselingkuhan. Credit: pexels.com/pixabay

Ketika wanita merasa rentan secara emosional, mereka mulai mati-matian mencari kekuatan dan kepastian yang dapat ditawarkan pasangan. Jika pasangan tak peduli dengan hal tersebut, dia tak segan mencari perhatian pria lain. Itu jawaban mengapa wanita selingkuh dari pasangannya.

Pastikan wanita Anda merasa aman dan terlindungi dengan Anda. Dengan cara ini, dia jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mencari kekuatan dan kepastian di tempat lain.

2. Uang sangat penting baginya

Menurut pakar uang penting bagi kebanyakan wanita. Mereka lebih peduli tentang uang yang Anda miliki dan hiburan yang dapat Anda berikan daripada dia peduli tentang Anda. Salah satu alasan paling umum wanita yang sudah menikah berselingkuh bisa jadi adalah kecenderungan keuangan mereka.

3. Wanita selingkuh karena mengalami krisis hubungan

Kenyataannya tidak setiap momen dalam hubungan tersebut akan penuh dengan percikan romantisme dan justru diisi dengan ketegangan seksual. Seringkali jika seorang wanita bosan secara seksual dalam suatu hubungan, dia lebih cenderung melakukan pelanggaran seksual. Tantangannya adalah untuk tetap bersatu dan menyelesaikan masalah.

Tapi baginya, dia mungkin mengambil jalan yang mudah dan mengatakan pada dirinya sendiri bahwa dia pantas mendapatkannya. Itulah salah satu alasan mengapa wanita berselingkuh saat hubungan mereka mulai goyah.


4. Dia bertemu pria lain yang membuatnya merasa nyaman

Memulai Perselingkuhan
Ilustrasi Pertengkaran Hubungan Credit: pexels.com/pixabay

Tak jarang wanita yang sudah menikah akhirnya berselingkuh usai bertemu pria-pria berpenampilan menarik dengan pesona dan pembawaan yang halus. Tidak jarang seorang wanita menikah yang tidak bahagia jatuh cinta pada pria-pria ini. Mereka jatuh cinta pada pujian dan perilaku genit pria-pria ini.

Beberapa wanita yang sudah menikah tidak mau menjalani hubungan serius dan akhirnya berselingkuh. Bagi mereka, terlibat dalam rayuan kecil yang tampaknya tidak berbahaya adalah pengalaman baru. Ini adalah perasaan gembira sesaat yang diberikan oleh momen rayuan dan wanita pun akan terhanyut dalam perselingkuhan. 

5. Dia merasa kebutuhan seksualnya tidak terpenuhi

Beberapa wanita merasa hal ini memberi mereka hak untuk menipu pasangannya. Mereka ingin hasrat seksual mereka terpenuhi, terlepas dari pasangan yang mereka cintai.

 


6. Dia bingung tentang perasaannya

Risiko Pasangan Berselingkuh Lebih Besar
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Rone

Terkadang dia tidak bisa berhenti berbicara tentang betapa baiknya pasangan mereka, sementara di lain waktu dia tidak bisa berhenti mengeluh tentang pasangan mereka. Ketika pria lain masuk pada saat yang tepat, dia dapat dengan cepat membuat sang wanita melawan pasangannya. 

7. Dia mendapat dukungan emosional darinya

Wanita ingin dimengerti. Mereka membutuhkan dukungan emosional. Dan jika pasangannya tidak bisa memberikan itu, dia akan menemukannya pada pria lain.

Karena itu, pria harus tersedia secara mental dan emosional untuknya. Agar kalian berdua bisa mendapatkan dukungan emosional satu sama lain, selain komunikasi, ini adalah salah satu landasan hubungan yang sehat.

 


8. Pasangannya tidak punya waktu untuknya

Gara-gara Menghabiskan Keripik, Wanita Ini Menyerang Pacarnya
Gara-gara keripik aja pacarnya diserang, gimana kalau selingkuh? (Foto: unsplash.com)

Wanita membutuhkan kasih sayang dan interaksi emosional non-seksual. Jika pasangan terlalu sibuk, dia mulai merasa diabaikan. Akibatnya, dia mungkin mencari interaksi emosional di tempat lain.

Merupakan kebiasaan yang baik untuk memiliki setidaknya satu malam dalam seminggu untuk satu sama lain, dan hanya satu sama lain. Lihat itu sebagai kencan, seperti yang biasa Anda lakukan ketika Anda masih berusaha memenangkan hatinya.

9. Kebutuhannya tidak terpenuhi

Ketika seorang wanita merasa ada sesuatu yang kurang dalam hubungannya dan dia tahu dia tidak bisa mendapatkannya pada hubungan itu, dia mungkin memutuskan untuk mencarinya di tempat lain. Itu biasa bagi kebanyakan wanita yang selingkuh.

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya