Tanggal 6 Juli Memperingati Hari Ciuman Internasional, Ini 8 Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan yang Tak Kita Sadari

Tanggal 6 Juli diperingati sebagai hari ciuman internasional, berikut ini manfaat berciuman yang tak kita sadari

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Jul 2023, 17:03 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 17:03 WIB
tetap mesra HL
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@luru duc anh

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 6 Juli diperingati sebagai Hari Ciuman Internasional (International Kissing Day). Situs National Day Calender mengklaim bahwa Hari Ciuman Internasional bertujuan untuk mengingatkan akan nilai ciuman, baik antara sahabat, kekasih, hewan, atau malah peliharaan.

Ciuman adalah sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari manusia sebagai makhluk sosial. Sebab, ciuman sendiri dapat menjadi tindakan untuk menunjukkan rasa sayang atau berharganya sesuatu terhadap seseorang.

Di sisi spektrum yang enak dan penuh gairah, berciuman bisa menjadi latihan mikro yang menyehatkan jantung, pelepas hormon, dan penguat suasana hati. Ini juga menyenangkan – dan cara yang bagus untuk terhubung dengan orang yang Anda sayangi.

Menurut Andréa Demirjian, penulis 'Kissing: Segala Sesuatu yang Ingin Anda Ketahui tentang Salah Satu Kesenangan Termanis dalam Hidup': "berciuman itu intim: Anda berada tepat di ruang jiwa Anda. Itu sampai ke inti hati dan jiwa Anda karena itu adalah cara yang indah untuk mengekspresikan dan menerima cinta dan kasih sayang. Ciuman sehari benar-benar dapat menjauhkan dokter.”

Berikut ini beberapa manfaat berciuman bagi kesehatan seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Berciuman membantu menurunkan tekanan darah

Bercumbu tidak hanya baik untuk jantung emosional Anda, tetapi juga melatih anatomi Anda. “Berciuman dengan penuh gairah membuat detak jantung Anda pulih dengan cara yang sehat yang membantu menurunkan tekanan darah Anda,” kata Demirjian. "Ini melebarkan pembuluh darah Anda - darah mengalir dengan cara yang baik dan padat dan sampai ke semua organ vital Anda."

2. Berciuman dapat meredakan kram dan sakit kepala

“Berciuman bagus jika Anda sakit kepala atau kram menstruasi,” kata Demirjian. Anda mungkin cenderung mengabaikan hal ini ketika Anda meringkuk kesakitan, tetapi pelebaran pembuluh darah yang disebabkan oleh sesi berciuman yang lama dapat benar-benar membantu meringankan rasa sakit Anda.

Faktanya, Demirjian merekomendasikan untuk mengganti kalimat "Tidak malam ini, sayang - saya sakit kepala" dengan, "Sayang, saya sakit kepala. Ayo cium aku!”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Berciuman mencegah gigi berlubang

4 Bahasa Tubuh Ini Mengartikan Seorang Wanita Menyukai Anda
Ilustrasi pasangan mesra.

Berciuman membuat semua cairan mengalir - termasuk air liur Anda. “Saat Anda berciuman, Anda mengeluarkan lebih banyak air liur di mulut Anda,” kata Demirjian.

“Itulah mekanisme yang membersihkan plak di gigi Anda yang menyebabkan gigi berlubang.”

4. Berciuman meningkatkan hormon bahagia Anda

"Jika Anda merasa stres atau lelah, sedikit ciuman atau bercinta sebenarnya adalah obat mujarab yang Anda butuhkan untuk... merasa lebih baik," kata Demirjian.

“Itu akan membuat Anda rileks, memulihkan, dan merevitalisasi Anda…. Bahan kimia yang membuat perasaan nyaman di otak meresap: serotonin, dopamin, oksitosin - hal-hal yang bisa Anda dapatkan dari olahraga yang terburu-buru."

 


5. Berciuman membakar (beberapa) kalori

Mengulang Kembali Masa Pacaran
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Tentunya ini tidak sebanding dengan 30 menit bercinta, tetapi sesi bercumbu yang kuat dapat membakar 8 hingga 16 kalori per ciuman, kata Demirjian. “Berciuman dan bercinta bisa menjadi latihan yang kuat jika Anda benar-benar bertunangan,” katanya. “Anda harus melakukan ciuman yang penuh gairah [untuk membakar kalori], tetapi tidak harus sesi bercumbu selama 10 jam.”

6. Berciuman meningkatkan harga diri

Satu penelitian di Jerman menemukan bahwa pria yang mendapat ciuman manis dari istri mereka sebelum berangkat kerja menghasilkan lebih banyak uang. “Jika dia meninggalkan rumahnya dengan bahagia, dia lebih produktif di tempat kerja karena dia tidak merasa tertekan secara emosional, jadi dia akan menghasilkan lebih banyak uang,” jelas Demirjian.

"Berciuman sangat berkaitan dengan harga diri Anda dan perasaan dicintai dan terhubung."

 


7. Berciuman bisa membuat Anda awet muda

pasangan cinta
ilustrasi pasangan menikah/Image by Andry Richardson from Pixabay

Menurut Demirjian, ciuman yang dalam dapat membentuk leher dan garis rahang, yang seringkali menjadi titik masalah bagi mereka yang ingin terlihat lebih tua. "Mulutmu memiliki sejumlah otot wajah," katanya. "Saat mereka berciuman, Anda bisa mengencangkannya."

8. Berciuman adalah barometer kecocokan seksual

"Ini bisa menjadi cara terbaik untuk memeriksa pasangan potensial untuk kecocokan seksual sebelum telanjang dan terlibat secara emosional," kata Demirjian. Tetapi jika ciuman pertama Anda dengan pasangan baru adalah sesuatu yang tak menyenangkan, dia merekomendasikan untuk memberinya satu kesempatan lagi.

“Terkadang selama ciuman pertama, orang merasa canggung, gugup, atau malu,” katanya. "Itu mungkin bukan pengalaman yang paling menggoda dan seksi."

Ciuman kedua juga jelek? Itu isyarat Anda untuk membawa bibir Anda – dan Anda semua – ke tempat lain.

Infografis Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Aman untuk Ibu Menyusui. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Aman untuk Ibu Menyusui. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya